Categories: Tekno

Cara Melacak Nomor Telepon Penipu

Di balik manfaat positif perkembangan teknologi, terkadang juga mendatangkan beberapa dampak negatif. Salah satunya yaitu modus penipuan yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut.

Modus penipuan itu bisa terjadi dalam berbagai bentuk. Misalnya seperti panggilan telepon yang meminta dikirimkan sejumlah uang. Mereka memanfaatkan informasi bohong tentang keluarga yang sedang terkena musibah, SMS memenangkan lomba, dll.

Hal ini tentu sangat menyebalkan. Apalagi jika kamu sampai kehilangan sejumlah uang akibat modus penipuan tersebut. Pasti bakal bikin kesel banget dong ya.

Dulu (sebelum teknologi secanggih sekarang), kamu belum bisa melacak nomor telepon si penipu itu. Namun sekarang kamu sudah bisa melacak keberadaannya.

Jika kamu penasaran, yuk simak cara melacak nomor telepon penipu tersebut.

Melacak Nomor Telpon Penipu

Cara melacak nomor telepon penipu ini cukup penting untuk diketahui. Karena secara umum, sistem transaksi digital masih belum memungkinkan kita untuk mengetahui kredibilitas orang lain. Kecuali jika kamu melakukan transaksi di e-commerce atau marketplace. Maka itu masih bisa dilacak pelakunya.

Mungkin saat ini informasi seputar cara melacak nomor telepon penipu ini belum begitu berguna buat kamu. Namun tak ada salahnya untuk mengetahuinya, karena kita tak pernah tahu kapan kita akan menjadi korban. Ibarat pepatah: “Lebih baik siapkan payung sebelum hujan”.

Menggunakan WA WEB

Selama ini kita mungkin hanya mengetahui fungsi WhatsApp web hanya untuk mempermudah penggunanya. Yaitu agar tetap bisa berkomunikasi menggunakan Wa lewat laptop. Namun ternyata fungsinya sebatas itu saja. WA web juga bisa membantu kamu dalam melacak nomor telepon penipu.

Caranya pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk dulu ke akun Wa Web kamu di laptop. Kemudian silakan buka chat kamu yang terakhir dengan nomor si penipu tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencari tahu dimana lokasinya.

Nah, jika kalian bertukar pesan sudah agak lama, cobalah untuk memancingnya agar bisa membalas pesan kamu. Tujuannya agar kita bisa melacak nomor teleponnya dengan memanfaatkan chattingan terakhir.

Apabila sudah dibalas, buka riwayat chattingan terakhir, lalu masuk ke Task Manager dengan menekan ctrl+alt+del. Apabila task managernya sudah terbuka, kamu bisa menekan Windows dan R sekaligus. Kemudian ketik Cmd, Enter, dan ketik Netstat, Enter.

Maka nanti kamu akan menemukan informasi penting terkait keberadaan si penipu itu. Silahkan catat alamat IP yang ada di Command Prompt tadi, kemudian lacak lokasinya dengan menggunakan website pelacak alamat IP.

Cara melacak nomor telepon penipu yang kedua adalah dengan tanpa menggunakan aplikasi.

Jadi jika kamu malas menggunakan aplikasi untuk melacak keberadaan nomor telepon si penipu itu, maka kamu bisa melacaknya melalui tiga provider berikut.

Telkomsel

Cara melacak nomor telepon penipu yang menggunakan provider Telkomsel adalah dengan membuka papan ketik panggilan, kemudian ketik 250#. Nanti kamu akan diberikan beberapa pilihan, maka pilihlah Lihat atau Edit Daftar Teman. Kemudian masukkan nomor telepon yang akan kamu lacak keberadaannya.

Selain dengan kode Dial up, kamu juga bisa menggunakan cara ini dengan mengirimkan pesan. Caranya adalah dengan mengirim pesan ke 5200, lalu masukkan SMS yang formatnya ‘Teman Nama Nomor’. Contoh; Teman Lala 09999999999.

XL

Caranya hampir sama dengan provider Telkomsel diatas. Silahkan buka Papan Panggilan, lalu ketikkan *123*573*1#, kemudian pilihlah Keberadaan atau Lokasi Keluarga. Jika ingin menggunakan SMS, maka kamu bisa mengetik pesan ‘Cari nomor hp’. Contoh; Cari 0999999 kemudian kirim langsung ke 9111.

Indosat

Provider terakhir adalah Indosat. Caranya juga tidak berbeda jauh dengan XL. Karena perbedaan paling dasarnya hanya pada kode Dial up-nya. Silahkan buka langsung papan ketik panggilan kamu, ketik *777*6*6# lalu pilih Lokasi Keluarga. Apabila menggunakan SMS, kirim ke 9111 dengan format ‘Cari nomor HP’.

ISharing

Cara melacak nomor telepon penipu yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi iSharing.

Kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu di Play Store ya. Perlu kamu ketahui, bahwa aplikasi ini sudah bisa diunduh ke sistem android dan juga iOS. Sehingga bisa digunakan oleh semua perangkat.

Aplikasi kece satu ini terbukti sudah banyak membantu orang-orang dalam melacak dan menemukan nomor telpon penipu. Maka, kini saatnya kamu juga bisa melacak nomor telpon penipu menggunakan aplikasi ini ya.

Nah setelah proses download selesai, kamu bisa langsung membuka aplikasinya, dan di tampilannya, pilihlah email, kemudian masukkan email kamu dan nomor hp, lengkap dengan kode negaranya.

Jika kamu ingin melacak keberadaan ponsel kamu yang hilang, maka kamu bisa memanfaatkan fitur cari saya, sementara jika ingin melacak nomor telpon yang lain, penipu misalnya, kamu bisa memilih untuk mengundang teman kamu yang memiliki aplikasi ini ya.

Jika penipu tadi sudah menerima undangan kamu, maka kamu bisa langsung melacak keberadaannya dengan menggunakan aplikasi kece ini.

Demikian cara melacak nomor telepon penipu yang bisa kamu coba. Beberapa cara melacak nomor telepon penipu di atas itu cukup mudah, sehingga kamu bisa menyesuaikan cara yang kamu anggap paling mudah. Semoga bermanfaat.

Share
Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Cek Harga Smartphone Terbaru