Internet

Cara Membatasi Penggunaan Data Windows 10 Saat Tethering

Membatasi penggunaan data windows 10 – Anda terkadang sering berbagi koneksi internet dengan teman-teman melalui handphone android. Tapi hal tersebut bisa menjadi salah satu keputusan terburuk ketika kita mengetahui bahwa teman kita yang “nebeng ” memakai tethering tersebut ternyata menggunakan windows 10.

Kita semua tahu bahwa windows 10 merupakan sistem operasi yang sangat boros kuota internet karena kekayaan fiturnya dan  dapat dengan mudah menghabiskan paket data Anda.

Baca : 10 Fitur Unggulan Terbaru Yang terdapat Di Windows 10

Solusinya adalah kita harus membatasi penggunaan data windows 10 di laptop sebelum kita benar-benar sadar bahwa kuota data kita habis padahal tidak disengaja. Membatasi kuota penggunaan tethering pada windows 10 terdengar sederhana, namun sebenarnya sama sekali tidak. Anda memerlukan beberapa prosedur yang tidak tersedia secara default di Windows. 10.

Untungnya, microsoft menyediakan  fitur firewall di Windows 10 sehingga kita bisa mengatur kuota penggunaan data internet sampai batas tertentu. Di artikel ini, kami telah menulis beberapa metode yang dengan metode ini Anda dapat mengatur batasan penggunaan data pada Windows 10 ketika terkoneksi dengan internet tethering.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui tentang metode tersebut maka bacalah keseluruhan informasi yang diberikan di bawah ini sampai akhir.

Membatasi Penggunaan Data Windows 10 saat Tethering

Metode-metode dibawah ini cukup sederhana dan mudah, anda hanya perlu mengikuti panduan langkah demi langkah sederhana untuk menerapkannya

Metode #1 Metered Connection

Metode yang paling sederhana dan tercepat untuk membatasi penggunaan data internet saat menggunakan tethering adalah mengaktifkan fitur metered connection. Cara ini bisa dilakukan dengan membuka opsi Settings> Network & Internet> Wi-Fi melalui pengaturan sistem di Windows 10.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, kita dapat dengan mudah mengetahui berapa kuota internet yang sudah dipakai dan membatasi penggunaan data. Fitur ini juga menyediakan log penggunaan data secara real time sehingga kita lebih hati-hati dalam menggunakan kuota.

Metode #2 Memblokir Windows Cloud Backup

Anda perlu memblokir semua fitur cloud backup Windows yang mungkin berjalan tanpa sepengatuhuan anda. Sebagai informasi windows cloud merupakan salah satu fitur di windows 10 yang memungkinkan data pengguna tetap aman karena disalin ke drive online tapi dengan resiko memakan banyak kuota.

Ketika backup tidak diperlukan, pastikan semua fitur tersebut dimatikan untuk menghemat data perangkat tethering anda.

Metode #3 Task Manager

Task manager punya banyak fitur penting, salah satunya untuk mengidentifikasi keseluruhan jumlah tugas atau aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memeriksa apakah ada aplikasi atau service yang menggunakan data internet tanpa sepengetahuan kita.

Apabila ada aplikasi yang tidak anda inginkan menggunakan data cukup dengan menghentikan aplikasi tersebut dengan tombol end task.

Sekian artikel mengenai cara membatasi penggunaan data windows 10. Silahkan berkomentar di bawah ini apabila anda memiliki saran atau metode lain untuk menghemat data di windows 10. Salam.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close