Internet

Cara Membatasi WhatsApp Agar tak Sembarangan di Masukkan ke Grup

Pasti Anda pernah mengalami tiba-tiba dimasukkan ke dalam sebuah grup WhatsApp oleh teman dalam kontak Anda tanpa ada pemberitahuan atau persetujuan sebelumnya, pasti menjengkelkan bukan? Apalagi Anda sendiri tak ingin masuk ke dalam grup WhatsApp tersebut.

Sebenarnya, hal ini merupakan masalah privasi yang ada di aplikasi WhatsApp sejak lama. Beberapa orang bahkan dibuat jengkel dengan notifikasi yang terus menerus dari sebuah grup tersebut.

Namun, sekarang WhatsApp akan segera mengatasi masalah tersebut dengan memberikan solusi, yaitu membatasi siapa saja yang bisa mengundang pengguna ke dalam sebuah grup.

Bahkan, admin grup juga tidak bisa lagi sembarangan menambah pengguna ke sebuah grup.

BacaCara Mencegah Memori Handphone Dipenuhi File WhatsApp

Membatasi WhatsApp Agar tidak bisa di Masukkan ke Grup

Cara Membatasi WhatsApp
Image : Venture Beat

Cara membatasi WhatsApp ini bisa dilakukan di dalam pengaturan grup WhatsApp.

Buka, Settings > Account > Privacy > Groups.

Ada tiga pilihan yang tersedia mengenai siapa saja yang bisa langsung mengundang pengguna ke dalam sebuah grup, yaitu :

Loading...
  • Everyone = Semua orang tanpa pembatasan,
  • My contacts = Hanya mereka yang ada di daftar kontak,
  • Nobody = Tak ada sama sekali.

Apabila ingin mengundang pengguna WhatsApp yang membatasi invitation, admin grup WhatsApp diharuskan mengirim tautan yang berisi link undangan untuk masuk grup melalui pesan (japri) kepada pengguna terkait.

Selanjutnya, pengguna yang diundang masuk ke grup tersebut bisa mempertimbangkan, apakah akan ikut bergabung dengan grup atau tidak .

Caranya adalah dengan mengklik tautan undangan tersebut. Invitation berupa link ini akan berlaku selama 72 jam.

Sebelumnya, tidak ada fitur membatasi WhatsApp ini bagi admin grup untuk menambah orang lain ke dalam grup. Dengan tidak adanya fitur tersebut, disinyalir sering digunakan sebagai penyebaran hoaks atau spam.

Dilangsir dari Venture Beat, Kamis (4/4/2019), pihak WhatsApp akan merilis fitur pembatasan undangan grup secara bertahap mulai hari ini.

Sebelumnya, fitur pembatasan group invite ini sudah mulai diuji coba di aplikasi WhatsApp iOS dan Android sejak versi beta 2.19.55.

Namun apabila fitur ini belum tersedia, pengguna masih harus sabar menunggu terlebih dulu.

Silahkan update WhatsApp ke versi terbary melalui Google Play Store atau Apple App Store agar bisa menikmati fitur pembatasan grup WhatsApp ini.



Loading...

Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button