Cara membeli barang di Aliexpress

Panduan dan Cara Membeli Barang di Aliexpress untuk Import ke Indonesia

Artikel ini akan membahas tentang cara membeli barang di Aliexpress dan sebagai panduan mendetail tentang langkah-langkah yang paling disarankan sebelum membeli produk di Aliexpress.

Saya akan membahas topik seperti bagaimana menemukan produk bermerek di Aliexpress untuk anda yang ingin menjadi importir, terutama produk yang berasal dari China.

Panduan membeli barang di Aliexpress ini akan menjelaskan tentang cara mengidentifikasi penjual yang baik, jenis pembayaran yang diizinkan oleh platform dinegara China, cara menghubungi penjual, dll.

Apa itu Aliexpress?

membeli barang di Aliexpress

Aliexpress adalah bagian dari Alibaba Group yang di dirikan oleh Jack Ma. Saat ini, Aliexpress telah menyumbang tiga kali lipat Amazon dan eBay bersama-sama dan membangun sebagai platform belanja pertama di banyak negara.

Aliexpress sebenarnya bukan toko online, tetapi platform marketplace yang bertindak sebagai perantara dan menghubungkan ribuan penjual dengan jutaan pembeli.

Di antara banyak fungsi dari toko makro ini yang sangat penting adalah untuk memantau bahwa penjual mematuhi aturan yang ditetapkan.

Aliexpress juga melindungi pembeli jika ada masalah yang terjadi, Aliexpress tidak terlalu toleran dengan penjual yang tidak menghormati aturan dan menghukum mereka dengan menutup toko mereka dan membuangnya dari platform.

Loading...

Bagaimana kualitas barang di Aliexpress?

Meskipun banyak penjual di Aliexpress memilikireputasi yang sangat baik, mereka tidak berhenti menjadi salinan produk terdaftar yang tepat

Sehingga penjual menggunakan akronim sebagai ganti nama merek, untuk menghindari kemungkinan masalah dengan hukum dan dengan Aliexpress sendiri.

Misalnya, jika anda mencari merek Nike, Anda  bisa mengetik di kotak pencarian dan akan menemukan produk Nike secara keseluruhan.

Maka mereka akan memberi anda tautan yang akan membawa anda langsung ke produk kata kunci anda untuk membeli barang di Aliexpress.

Anda akan menemukan daftar merek sesuai yang akan anda gunakan untuk menemukan apa yang anda cari.

Membeli barang di Aliexpress: Identifikasi penjual yang terpercaya

Setelah anda memahami cara menemukan barang, sangat penting untuk mengetahui siapa penjualnya.

Kita harus mengenali penjual mana yang menawarkan produk terbaik dengan reputasi terbaik, perhatikan beberapa hal dibawah ini

Perhatikan skor yang diberikan Aliexpress kepada penjual

membeli barang di Aliexpress

Ini terletak di bagian atas di sebelah kanan halaman. Akan ada medali (reputasi baik), berlian (reputasi sangat baik) atau mahkota (reputasi yang sangat baik).

Dengan mengklik skor ini, anda akan melihat peringkat rata-rata penjual pada komunikasi dengan pelanggan, produk seperti dalam deskripsi dan kecepatan pengiriman.

Jika peringkat berwarna hijau itu berarti bahwa mereka berada di atas rata-rata Aliexpress, namun sebaliknya jika mereka berwarna merah.

Memeriksa peringkat dan komentar pengguna

Ini akan memberi kita ide bagus tentang kualitas produk dan kepuasan umum pembeli.

Selain itu juga akan memberi anda informasi tentang waktu pengiriman dan jika produk itu seperti itu dan sebagai deskripsi penjual.

Melihat berapa banyak orang telah membeli produk tersebut

Jika ada penjualan yang cukup dan peringkat pembeli bintang dan persentasenya tinggi berarti penjual yang dapat diandalkan.

Hubungi penjual

Apabila ada keraguan, hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah menghubungi penjual secara langsung agar lebih jelas.

Anda dapat meminta originalitas produk, bahkan mereka bisa mengirimi anda beberapa foto produk secara pribadi.

Sangat penting untuk selalu menanyakan agar produk yang anda beli sesuai yang tercantum di gambar.

Bedakan produk asli dan imitasi

membeli barang di Aliexpress

Ketika anda membeli, dalam banyak kasus, mengidentifikasi produk asli dan imitasi sangat sulit karena salinan yang ditawarkan memiliki kualitas yang hampir mirip.

Jika anda mencari produk asli 100%, ada beberapa trik yang akan membantu anda menemukannya.

Yang pertama adalah harga

Jika kita melihat bahwa suatu produk tidak jauh lebih murah daripada toko resmi, kita dapat menyimpulkan bahwa barang tersebut memang asli.

Jangan tergiur dengan harga murah, kecuali memang ada kupon diskon dari Aliexpress.

Perlu diketahui bahwa barang asli tidak mungkin dilabeli dengan harga yang sangat murah.

Yang kedua:

Perhatikan jika nama produk termasuk asli maka penjual berkomitmen untuk mengirimkan gambar produk asli kepada anda.

Perhatikan juga produk dengan Watermark yang terjamin keasliannya.

Produk yang diautentikasi terjamin

Jika anda membeli barang di Aliexpress dan ternyata produk tersebut tidak asli, satu-satunya hal yang dapat anda lakukan adalah menghubungi Aliexpress untuk mengklarifikasinya.

Segera setelah anda membuktikan bahwa produk anda palsu, anda dapat meminta pengembalian uang.

Cara membeli – Metode pembayaran – Perlindungan pembeli

membeli barang di Aliexpress

Dua metode yang akan saya jelaskan berkaitan dengan perlindungan pembeli, di sini semuanya dijelaskan secara terperinci dalam bahasa Inggris.

Anda juga dilindungi oleh Aliexpress jika terjadi sesuatu dengan pembelian.

Ketika anda melakukan pembelian dan melakukan pembayaran, AliExpress menahan uang sampai pengiriman produk sampai di rumah dengan konfirmasi anda.

Hanya ketika anda memberi OK Aliexpress, maka uang anda akan dibayarkan kepada penjual.

Metode pembayaran Escrow / AliPay

Metode Escrow / Alipay sangat mirip dengan metode pembayaran Paypal. Jadi sangat aman.

Escrow adalah metode yang cukup populer di Aliexpress dan juga melakukan transaksi online secara umum karena melindungi penjual dan pembeli.

Satu-satunya hal yang perlu anda lakukan adalah membuka akun AliPay dan mengisi ulang dengan jumlah uang yang anda butuhkan.

Seperti yang dijelaskan, metode pembayaran ini sangat aman yang disetujui oleh Aliexpress sendiri, sehingga Anda akan memiliki banyak jaminan.

Kartu Kredit

Sistem pembayaran kartu kredit berfungsi dalam praktik sebagai Escrow, karena Aliexpress akan bertindak sebagai perantara dan akan menyimpan uang anda sampai anda menyetujui produk tersebut.

Transfer bank

Dengan transfer bank, penjual akan menerima pembayaran sebelum produk tiba di rumah. Jadi jika ada yang salah dalam proses tidak ada jaminan yang cukup bahwa penjual akan mengembalikan uang itu.

Ini bukan metode yang direkomendasikan. Dengan transfer bank langsung ke penjual, pembeli tidak mendapatkan perlindungan pelanggan dari Aliexpress.

Aliexpress hanya melindungi sistem pembayaran jika anda melakukan transfer melalui Alipay.

Dispute dan keluhan pelanggan

Seringkali terjadi bahwa produk yang kita beli rusak, dalam hal ini kita dapat melakukan dua hal.

Yang pertama adalah membuka perselisihan dengan penjual, dalam hal ini Aliexpress tidak akan campur tangan dan masalah akan diselesaikan langsung dengan penjual.

Sebagai aturan, dalam 95% kasus, masalah ini diselesaikan karena penjual tidak ingin Aliexpress mengintervensi dan menghukumnya.

Yang kedua adalah penembalian barang, namun ongkos kirim dibebankan pada pembeli.

Sejauh ini panduan lengkap tentang cara membeli barang di Aliexpress ini hampir sama dengan metode belanja online seperti di Tokopedia ataupun Bukalapak.

Aliexpress adalah toko yang luar biasa di mana anda dapat menemukan semua jenis produk dengan harga yang sangat menguntungkan.

Tentu saja, seperti halnya bisnis online, kita harus melakukan tindakan pencegahan sebelum melakukan pembelian.

Tetapi jika kita mengikuti langkah-langkah panduan ini, akan meminimalkan risiko mengalami masalah disaat bertransaksi.


Loading...

Bagikan

Penulis

Syarif Sabirin
Syarif Sabirin
Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.

Article Seo Highquality & UX

Profil; https://bit.ly/2tRplRX
Syarif Sabirin

Penulis

Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.Article Seo Highquality & UXProfil; https://bit.ly/2tRplRX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *