Cara Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Optimisasi Blog

Artikel SEO( Search Engine Optimization) dapat dikatakan sebagai elemen penting yang sangat dibutuhkan untuk dapat mengoptimisasi visibilitas blog di mata mesin pencari” dalam hal ini adalah Google”. Artikel SEO sendiri merupakan artikel original yang telah diedit agar dapat memenuhi konsep SEO friendly untuk sebuah konten. Sehingga mempermudah Google untuk melakukan crawling terhadap halaman artikel atau blog terkait.

Bicara mengenai artikel SEO, dapat dikatakan masih cukup banyak blogger ataupun content writer yang kurang memahami cara menulis artikel SEO yang benar. Berkaitan dengan hal ini, kali ini pembahasan akan tertuju pada menguraikan cara menulis atau membuat artikel berstandar SEO untuk blog. Berikut pembahasan lengkapnya.

Mulai dengan riset keyword untuk artikel SEO

artikel SEO

Untuk menulis artikel SEO, salah satu hal yang dibutuhkan adalah keyword atau kata kunci. Keyword ini akan dimasukan ke dalam artikel yang anda tulis nantinya. Untuk melakukan riset keyword sendiri, anda dapat menggunakan beberapa tools atau situs online seperti Google Keyword Planner ataupun Ubersuggest.

Pilihlah keyword tertarget sesuai dengan niche atau judul artikel yang ingin anda buat dan perhatikan angka persaingan keyword anda. Keyword dengan angka persaingan tinggi ,memang menandakan bahwa keyword tersebut populer, namun hal tersebut menegaskan bahwa artikel anda bersaing dengan jumlah artikel sesuai angka persaingan tersebut.

Banyak blogger atau content writer yang lebih memilih keyword dengan angka persaingan sedang sebagai pilihan, namun hal tersebut kembali lagi pada keputusan anda.

Masukan keyword ke dalam artikel

artikel SEO

Setelah anda menemukan keyword yang akan anda gunakan untuk artikel SEO anda, selanjutnya adalah memasukan keyword ke dalam artikel anda. Untuk memasukan keyword ke dalam artikel, penempatan adalah hal yang harus anda perhatikan. Anda tidak dapat secara sembarangan menempatkan keyword dan juga menggunakannya secara berlebihan.

Untuk jumlah pengulangan keyword dalam artikel, disarankan kepada anda untuk menggunakannya sebanyak maksimal 8 kali untuk artikel SEO dengan panjang 400 kata atau dapat dengan standar density maksimal 2 % dari jumlah kata. Beralih ke penempatan keyword di dalam artikel, penempatan keyword dalam artikel yang benar adalah pada 100 kata awal paragraf pertama dan juga 100 kata kata paragraf akhir. Sedangkan sisa keywordnya disebar merata di dalam artikel.

Sebagai contoh: apabila anda membuat artikel 400 kata, maka jumlah keyword anda adalah maksimal 8 kali pengulangan dalam artikel. Tempatkan keyword ini pada 100 kata awal paragraf 1 dan 100 kata paragraf akhir, sedangkan 6 sisanya disebarkan merata di tengah artikel.

Selain di dalam artikel, anda juga disarankan untuk memasukan keyword di dalam judul artikel anda. Contohnya: jika keyword anda adalah artikel SEO, maka judul keyword dapat menjadi ” Cara Membuat Artikel SEO yang Benar”.

Menggunakan anchor text

artikel SEO

Jika anda ingin membangun backlink menggunakan artikel SEO yang anda tulis, maka menggunakan anchor text adalah poin yang disarankan untuk anda. Anchor text sendiri pada dasarnya adalah link yang ditanam kedalam kata yang digunakan dalam artikel anda.

Biasanya anchor text ini juga diriset dengan cara yang sama dengan keyword, atau dapat dikatakan sama keyword. Penggunaan keyword pada artikel SEO umumnya hanya digunakan satu kali saja, yakni pada paragraf awal. Sebelum diposting, anda harus melampirkan link terlebih dahulu pada anchor text artikel anda.

Menggunakan gambar ilustrasi

artikel SEO

Gambar juga adalah hal penting dalam SEO, dimana gambar juga dapat dijadikan media sebagai mengoptimisasi postingan atau artikel anda. Caranya adalah dengan mengisi alternative tag(alt tag) dan juga title text. Umumnya, untuk blog WP, hal ini dapat dilakukan dengan mudah apabila menggunakan plugin images SEO tertentu yang dapat diinstall.

Referensi lain : Tips Membuat Tag Video Youtube Agar Maksimal Dihasil Pencarian

Hal ini cukup penting dilakukan, terutama untuk anda yang mengambil gambar dari Google untuk mencegah adanya link asing ke dalam artikel anda.

Namun anda juga dapat mengambil pilihan lain untuk artikel SEO anda yakni dengan menggambil gambar berlisensi gratis di situs Pixabay.

Bagikan

Related Posts

About The Author

5 Comments

    • endarjulian

Add Comment

shares