blog dummy

Cara Membuat Blog Dummy Dari Blog Zombie

Cara membuat blog dummy dari blog zombie membutuhkan persiapan dan waktu yang tidak sedikit, anda harus mempunyai kesabaran yang ekstra untuk melakukan hal ini, agar hasilnya memuaskan. Apa arti blog dummy? apa pula arti blog zombie? Apa pula manfaat keduanya? Jika anda berkenan mengikuti artikel ini, saya akan jelaskan satu persatu.
 
Pengertian dan manfaat blog dummy
Blog Dummy adalah blog yang sengaja kita buat untuk mendukung blog utama, peran blog dummy adalah mendongkrak SEO untuk blog utama dengan cara menautkan link pada sebuah artikel, atau link home page yang menuju pada halaman blog utama.
Selain bagus untuk SEO, blog dummy juga berperan meningkatkan SERP (Search Engine Results Page) pada sebuah artikel di halaman mesin pencari (searsh engine).Halaman atau artikel seolah di rekomendasikan oleh blog lain (blog dummy),dengan menempatkan sebuah link pada artikel blog dummy, artikel bisa di buat menyerupai artikel utama, anda bisa juga menempatkan link secara langsung atau membuat link di bawah artikel, sebagai contoh menulis link sumber artikel yang menuju pada artikel di blog utama.

Apakah kualitas blog dummy harus bagus?
Menurut pakar SEO, semakin bagus kualitas blog dummy maka akan semakin bagus pula hasilnya dan juga tidak terkesan asal asalan, jika kualiatas blog dummy bagus, berarti artikel yang di rekomendasikan (di tautkan link) dari blog dummy akan cepat di respon oleh robot google.
Dan kalau link itu cepat di respon maka kekuatan SERP dari blog utama akan semakin bertambah. Ini juga termasuk dalam kategori menerapkan SEO OFF PAGE pada blog anda. Yaitu mendapatkan Backlink secara langsung.Anda bisa bereksperimen mengenai SERP di  https://serps.com/tools/rank_checker
Berada di posisi mana artikel anda? Apakah sudah masuk 10 besar halaman utama google? Atau masih jauh pada halaman penelusuran berikutnya?

Semakin banyak blog yang merekomendasikan artikel anda, maka akan semakin kuat posisinya artikel itu di hasil pencarian search engine.

 

Bagaimana membuat blog dummy yang bagus?
Bagaimana cara membuat blog dummy yang bagus? sementara untuk mengurus blog utama saja masih terkesan amburadul, masih jauh dari yang di harapkan. Bagus yang di maksud di sini adalah blog yang sudah mempunyai reputasi di mata google, bisa di ukur dari usia domain serta nilai otoritas halaman, dan jumlah backlink.

Penilaian ini biasa di di sebut dengan nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) sebuah blog.
(Baca :  Pengertian DA dan PA pada sebuah blog)

Apa yang di maksud blog zombie?
Blog Zombie artinya blog yang sudah lama tidak ada (dihapus/ di nonaktifkan/ di tiadakan) oleh Google. Blog Zombie boleh di katakan Blog Mati karena ketika seseorang membuka alamat Blog ini maka tidak akan bisa di akses.

Banyak alasan mengapa blog ini di hapus atau di non aktifkan oleh google, salah satunya adalah blog ini sudah lama tidak di akses lagi oleh pemiliknya, jadi rata rata blog zombie adalah blog yang sudah memiliki banyak usia.

Blog zombie bisa di cari dan di daftarkan kembali, sehingga setelah di daftarkan ulang,blog ini menjadi aktif lagi,tentu saja masih membawa aura blog ketika semasa blog ini masih aktif. Banyak para blogger yang memburu blog zombie dengan beberapa alasan seperti di bawah ini yang bisa di ambil keuntungan dan manfaat dari blog zombie.

Apa keuntungan dari blog zombie?
Jika di lihat dari segi umur,blog zombie bagus, karena mempunyai nilai Domain authority yang bagus, di bandingkan ketika kita membuat blog yang baru. Keuntungan atau keunggulan dari blog zombie di antaranya adalah :
1. Memiliki jumlah backlink yang banyak.
2. Memiliki Pagerange yang bagus, kalau sekarang tergantikan dengan nilai DA dan PA
jadi rata rata blog zombie memiliki nilai DA dan PA yang bagus.
3. Rata rata blog zombie sudah sangat familiar dengan mesin pencari (google, bing, yahoo)
4. Artikel akan lebih cepat terindek di mesin pencari.
Dan masih banyak lagi keuntungan dari penggunaan blog zombie ini, para blogger menggunakan blog zombie untuk di jadikan blog dummy, tujuan utamanya adalah untuk lebih mendongkrak popularitas blog utama.

Cara mencari blog zombie 
Ini yang saya bilang harus memiliki kesabaran ekstra, sebab untuk mencari blog zombie bisa di katakan susah susah mudah (blog zombie yang berkualitas) untuk mencari blog zombie yang bagus,memerlukan waktu yang tidak sedikit, karena terdapat ribuan bahkan jutaan blog yang terdaftar, bagaimana cara yang mudah untuk mendapatkan blog zombie?

Loading...

Cara manual
Untuk kegiatan berburu blog zombie ini bisa di lakukan secara manual, sebelumnya harap keluar terlebih dahulu dari akun blogger anda, agar IP anda tidak terdeteksi melakukan traffik yang tidak wajar dalam waktu yang singkat.
– Jika anda menggunakan browser firefox bisa instal terlebih dahulu add on LinkChecker pada browser.
– Selanjutnya anda tinggal menuliskan yang di bawah ini di pencarian google
site:blogger.com/profile KEYWORD Blogs I follow
site:blogger.com/profile KEYWORD Location: NEGARA
site:blogger.com/profile KEYWORD On Blogger since {RANDOM-Bulan} {RANDOM-Tahun}
site:blogger.com/profile {KEYWORD} Gender: {RANDOM-Gender}

Setelah memasukkan alamat di atas,buka satu halaman dari hasil pencarian, klik kanan pada gambar profil blogger nya, setelah itu klik “Check page links”, jika terlihat warna merah pada link yang di cek, berarti itu blog yang sudah mati. Periksa apakah blog itu bisa di daftarkan atau tidak.

Menggunakan software
Cara yang kedua untuk mencari blog zombie adalah menggunakan software, cara ini di tempuh karena lebih efisien, menyingkat waktu, berbeda dengan cara yang manual, akan tetapi software yang menyediakan tentang layanan berburu blog zombie ini sangat sedikit, ada juga tetapi yang versi premium (berbayar)

Salah satunya adalah software buatan anak negri zombie checker v5.40, software ini terbukti sangat ampuh dan cepat dalam menemukan blog zombie. Di bawah ini adalah screenshot penggunaan zombie checker v5.40

Cara Membuat Blog Dummy Dari Blog Zombie

Jika anda belum berhasil mendapatkan blog zombie, di bawah ini saya bagikan gratis blog zombie untuk anda (bisa di daftarkan) yang ber-PR 0, walaupun ber PR 0 sangat sulit untuk mendapatkannya, di butuhkan waktu paling tidak 1 tahun hanya untuk PR 0, ini lebih bagus dari pada ber- PR N/A.

Silahkan di cek terlebih dahulu kualitas DA dan PA nya, serta back link yang tersedia, siapa cepat siapa dapat karena hanya tersedia 8 saja.
http://symptomsofbleedingbrain.blogspot.com

http://red-yeastrice.blogspot.com
http://condomsizechart.blogspot.com
http://all-wedding-poems.blogspot.com
http://all-friendship-poems.blogspot.com
http://funny-pet-names-forfish.blogspot.com
http://vitaminsforhypoglycemia.blogspot.com
http://blankfoodpyramid.blogspot.com

http://historyofrapmusic.blogspot.com

Jika ada yang berminat lagi, silahkan pesan di kolom komentar, dalam waktu dekat Insya Allah pasti saya sediakan.

Baiklah kita kembali ke pembahasan cara membuat blog dummy, untuk skema blog dummy kita bisa buat dengan yang paling sederhana, seperti gambar di bawah.

Cara Membuat Blog Dummy Dari Blog Zombie

Kita bisa membuat 4 blog dummy hasil dari blog zombie, tempatkan masing masing artikel yang berbeda pada setiap blog dummy, beri link pada setiap artikel tersebut menuju blog utama (Tengah) dengan catatan blog utama sudah membuat artikel tersebut sebelumnya.

Anda bisa buat artikel yang sejenis dengan artikel blog utama, bahkan bisa memperbanyak jumlah artikel sesuai dengan keinginan anda dan menautkan linknya ke blog utama. Jangan lupa optimasi juga blog dummy anda seperti layaknya blog utama, daftarkan blog dummy ke google webmaster tools

Demikian gambaran singkat mengenai skema pembuatan blog dummy untuk mendongkrak SEO dari blog utama, tujuan yang paling mendasar adalah meningkatkan SERP sebuah artikel, agar menjadi pemenang dalam hasil pencarian di mesin pencari seperti google, Anda bisa membuat skema blog dummy sendiri, dari blog zombie ataupun blog anda yang lainnya.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Rendi Febriandi

    ( - 10:55)

    Mas, saya mau dong blog zombie-nya, yang PA 20 ada ??

    Avatar

    putra

    ( - 06:30)

    Infonya bermanfaat min tapi msh bingung blog sy blm masuk page rank google yg bagus padahal sdh buat blog dummy lumayan banyak

    Avatar

    Priyoko

    ( - 06:59)

    info yang sangat berguna …Makasih bung infonya….

    Avatar

    Nonton Film

    ( - 14:14)

    Terima Kasih, sangat bermanfaat gan

    Avatar

    Arfhan

    ( - 04:27)

    Min.. Minta blog zombie ata sekalian toolsnya dong

    Avatar

    Gembell

    ( - 16:31)

    wah, bermanfaat sekali mas ilmunya.. ane baru paham tentang blog dummy, abis ini langsung buat dah

    Avatar

    Agera

    ( - 22:40)

    Mhon ijin tanya mas, kalo misalkan ada blog dummy 5 biji
    Apakah bisa atau bagus misalkan theme yang dipakai sama semua?

    Avatar

    Fadly

    ( - 11:41)

    Tampilan blognya semakin bagus mas gani. .hehe. .Apa mencari blog zombie dan menggunakannya untuk BL masih bisa work mas untuk sekarang?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:45)

      Algoritma Google selalu berubah mas, menurut saya BL memang masih diperhitungkan, tapi lebih akan bernilai apabila bersifat natural.

    Avatar

    Wow rame bangat, mau dong blog zombinya, kalau artikelnya harus topik yang sama ya gan, saya topiknya, tentang sewa proyektor dan sewa tv

    Avatar

    Yonik

    ( - 06:50)

    bermanfaat

    Avatar

    Yonik

    ( - 06:49)

    bermanfaat kang , makasih infonya

    Avatar

    Terimkasih min…

    Avatar

    Cak hadi

    ( - 17:53)

    Saya mencoba buat blog zombi gagal terus mas, katanya nggak bisa didaftarkan lagi, padahal pesan sebelumnya bisa didaftarkan lagi
    Itu kenapa mas yaa?

    Avatar

    Cak hadi

    ( - 03:33)

    Jossss Mas
    Makasih
    Langsung TKP

    Avatar

    brosisman

    ( - 11:33)

    mantap gan bisa dipratekkan nanti kalau udah maju blog ane tekunin sekarang. thanka infonya dan salam kenal

    Avatar

    Aida

    ( - 11:55)

    Makasih banyak info nya,,,
    jadi ingin cari blog zombie juga nch..

    Avatar

    indra chandra

    ( - 13:57)

    mau tanya mas, saya kan beli blog zombie, nah didalam nya kan tittle dan meta dekription nya kan kosong apakah itu harus di isi?

    terus di isi dengan kata2 yang sesuai dengan target kw seo kita atau gimana mas?

    kemudian blog zombie yang saya beli seperti nya blog bule saya isikan dengan bahasa indonesia apakah pengaruh mas?

    maaf newbie yang ingin belajar
    mohon petunjuk nya mas

    Avatar

    Mau nanya gan,,cara menautkan situs A ke situs B gimana gan soalnya masih bingung
    Apakah pake <a hreff atau cuma artikel situs A di blogg terus di sispkan link ke ditus B aja…
    Di tunggu jawabannya

    Avatar

    mebel jati

    ( - 22:16)

    Mau nanya gan,,cara menautkan situs A ke situs B gimana gan soalnya masih bingung
    Apakah pake <a hreff atau cuma artikel situs A di blogg terus di sispkan link ke ditus B aja…
    Di tunggu jawabannya

    Avatar

    Masss, ane pengen dong blog zombie nya, ane butuh banget 😀

    Avatar

    lumayan sulit juga ya. terutama bagi saya yang nubi banget..
    tapi thx banget infonya mas

    sangat membantu

    Avatar

    Sugeng Wibowo

    ( - 21:32)

    berbicara seo itu erat kaitannya dengan namanya baclink dan blog dummy salah satu faktornya dengan menambatkan anchor text. Mantap ulasannya @Klikmania.net, salam kenal dan sukses selalu

    Avatar

    Sangat bermanfaat,
    kebetulan udah punnya 60 blog zombie nih 😀 harus dimanfaatin dulu, terima kasih banyak kang…

    Avatar

    Adya Razan

    ( - 04:20)

    bermanfaat mas, penjelasannya lengkap banget nih

    Avatar

    gojek ngesot

    ( - 12:54)

    Penjelasan mengenai blog dummy ny mudah di cerna untuk nubi seperti saya :).
    Ty dan slalu sukses untuk anda

    Avatar

    Nursidik

    ( - 10:24)

    Terima kasih bos.
    Ini yang saya cari cari cara membuat blog zombie

    Avatar

    Setiawan

    ( - 19:59)

    Mas, mengenai blog dummy dari blog zombie. Apakah ada batasan jumlah backlink dalam satu blog dummy? Dan berapa maksimal backlink yang kita bangun dari beberapa blog dummy itu dalam sehari? terimakasih…

    Avatar

    Andi

    ( - 19:38)

    Saya juga mulai belajar membuat blog dummy. Namun masih bingung dalam penerapannya yang benar. Artikel ini cukup menambah pengetahuan saya. Moga bisa diterapkan sesuai dengan yang disampaikan. terimakasih ya…

    Avatar

    abiew

    ( - 17:01)

    Informasi yang sangat lengkap dan bermanfaat..
    Tapi gmana mau bkin blog dummy kalo blog utama saja masih kewalahan.
    Kasih juga contoh cara bikin blog dummy ny juga dong admin biar saya tau perbedaann blog dummy dan blog utama.
    Terimakasih

    Avatar

    blog zombie banyak dijual di forum web market..murah meriah

    Avatar

    amin

    ( - 18:33)

    Makasih sangat membantu

    Avatar

    mas cara menggunkan blog dumie ini kira2 susah ngga

    Avatar

    Mantap banget mas informasinya di tunggu informasinya berikutnya

    Avatar

    panjul

    ( - 06:50)

    Mas gani berapa minimal kata-kata dalam 1 artikel untuk blog zombie?

    Avatar

    Hobikami

    ( - 17:31)

    Mas gani…ini zombie2an masih work mas?..kalau iya.. mau saya terapka .. ouh iya mas 1 akun gmail kan bisa tuh untuk beberaoa blog..nah. bisa ndak itu mas?..dummynya jadikan 1 email login aja..biar nda bolak balik..

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:50)

      Saya nggak tau masih work apa nggak mas. 😀 soale sudah lama sih.
      Kalau dari akun Gmail sendiri bukan blog ZOmbie namanya 😀 bisa buat sampaia puluhan.
      Link Blog lebih natural bisa berasal dari flatform yang berbeda dan email yang berbeda pula.

    Avatar

    saya udah beli blog zombie, katanya PA nya 28 setelah dibeli dan dicek kok PA nya 1 ya, kenapa ya?makasih sebelumnya

    Avatar

    Rianda

    ( - 10:18)

    Mas gani, apa boleh blog zombie gabung di satu akun dengan moneysite? atau harus bikin gmail baru, trus ganti ip?

    Avatar

    Rianda

    ( - 10:17)

    Mas gani, blog zombie nya apa boleh di gabungin di satu akun dengan moneysite? atau bikin gmail lain, trus ganti ip?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:59)

      Asalkan blog tidak melanggar pedoman komunitas bisa dipasang iklan Adsense.
      Sebaiknya blog zonmbie beda flatform dan beda alamat emailnya agar tidak terdeteksi Spam.

    Avatar

    Stafamp3

    ( - 17:52)

    Sangat membantu gan

    Avatar

    Stafaband2017

    ( - 17:49)

    Nice post gan

    Avatar

    Stafaband2017

    ( - 17:48)

    nice post gan lanjutkan

    Avatar

    Ahmad Alfan T

    ( - 04:22)

    Kang, ane udah nemuin blog zombie, aktivinnya gimna? daftar ke blogger lagi gt ya? Kaya daftar blog baru tapi dengan domain blog mati tersebut?

    Avatar

    Thank’s gan infonya sangat membantu

    Avatar

    Tips Menang

    ( - 10:54)

    mas kl blog dummy terditeksi duplikat konten pengaruh ga ke blog utama yang ditanam linknya?

    Avatar

    wilman

    ( - 17:41)

    sebelumnya terimakasih mas artikelnya bermanfaat,
    saya mau bertanya, blog zombie bagusnya ditanami backlink blog utama pada umur brp ?
    apakah saat baru bikin blog zombie bisa ditanami blog utama ?
    minimal berapa artikel supaya blog zombie bisa medongkrak blog utama?

    maaf jika banyak bertanya.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:25)

      Biasanya blog zombie adalah blog yang sudah berumur, dan paling tidak memiliki 30 an artikel pendukung

        Avatar

        wilman

        ( - 19:18)

        berarti jika saya sudah menemukan blog zombie, dan kemudian saya aktifkan lagi untuk menjadi backlink blog utama, harus menunggu blog zombienya sampai berumur yah mas ?

        Bolehkah blog zombie diisi artikel dan artikelnya dicopas lagi untuk blog zombie yang lain mas ?

        maaf banyak tanya, saya tertarik dengan pembahasan ini mas

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 07:16)

          1. Blog zombie itu sendiri sudah lama mati, jadi sudah memiliki umur mas.
          2. kalau dicopy lagi, berarti akan terjadi duplikat konten dan itu tidak bagus. Arahkan linknya saja menuju blog utama.
          3. Sudah dimaafkan mas 😀

            Avatar

            wilman

            ( - 08:58)

            terimakasih atas pencerahannya mas, semoga sukses selalu

    Avatar

    Sangat membantu, ditunggu update selanjutnya gan
    Terimakasih

    Avatar

    sangat bermanfaat bagi kami.

    ()

    Avatar

    wah di tunggu lagi nih blog zombinya gan hehehe

    Avatar

    hafidz341

    ( - 10:44)

    Tuilsannya bermanfaat. Kebetulan lagi belajar bikin blog dummy untuk dongkrak seo. terima kasih.

    Avatar

    terima kasih infonya mas

    Avatar

    KontenXyz

    ( - 15:48)

    boleh saya minta blog zombie nya mas ? hehe

    Avatar

    Memo Internet

    ( - 23:57)

    saya masih bingung cara bikin blog dummy,, apakah boleh copas dari artikel yang ada ??

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:05)

      Bisa saja mas, tapi nantinya akan terdeteksi duplikat konten 😀

    Avatar

    Memo Internet

    ( - 23:55)

    wah.. kapan lagi nih bagi bagi blog zombienya ?? hehe

    Avatar

    Budi

    ( - 08:50)

    Kang gany kapan bagi – bagi blog zombienya…hehehehe

    Avatar

    opix08

    ( - 06:55)

    terimakasih kang atas informasinya sangat bermanfaat sekali. semoga apa yang di sampaikan menjadi pahala amin….

    Avatar

    Isrofi Achmad

    ( - 16:45)

    Mas ijin pakai blog zombie nya yang no 7, coba tak daftarin masih bisa tuh. Makasih.

      Ganisebastian

      Ganisebastian

      ( - 16:48)

      Monggo mas,..
      Ya syukurlah kalau masih bisa.. soalnya saya harang update lagi 😀

        Avatar

        Isrofi Achmad

        ( - 17:07)

        Kalau ada blog zombie yang khusus foto mas, ha…ha.. jadi ngelunjak yah 🙂

    Avatar

    Oramarama

    ( - 13:16)

    blog zombie ini bagusnya untuk tier berapa yah mas gan, dan diatas td menurut mas gan blog dummy sebaiknya didaftarkan ke webmaster tools, tp saya pernah baca dummy tidak usah didaftarkan , mohon pencerahannya yah mas,, triimmss

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:48)

      Mau dijadikan tier 1atau2 itu pilihan yang menggunakan mas, hanya tergantung jumlah blog dummy-nya.

      Ada baiknya didaftarkan ke webmaster tool agar tidak terkesan blog abal-abal.

    Avatar

    usman

    ( - 09:07)

    manfa’at infonya makasih gan,kini saya tahu fungsi dari blog dummy

    Avatar

    Anwariz

    ( - 01:10)

    Wah boleh juga nih mas.. Bermanfaat sekali buat meningkatkan performa blog. Thanks for sharing!

    Avatar

    Game APK Data

    ( - 23:08)

    terimakasih mas. saya juga punya beberapa koleksi blog zombie. hasilnya memang benar benar jos untuk perkembangan blog. mantap dah.

    ganisebastian

    ganisebastian

    ( - 02:57)

    Untuk sementara Persediaan/ Stok blog zombie Habis, admin belum bisa menyediakan dalam waktu dekat.
    Terimakasih.

    Avatar

    Mas saya mau ya blog zombie nya…

    Avatar

    terimah kasih ilmunya

    Avatar

    Istana Loker

    ( - 01:24)

    Trima kasih pembahasannya gan, jadi paham saya tentang topik ini..

    Avatar

    ahmad

    ( - 12:51)

    cara mengaktifkan blog zombienya itu gmna gan….????

    dan trimakasih article nya bisa mnambh pengetahuan buat pembaca

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:48)

      Tinggal buka dashboard blogger, buat blog baru. Setelah itu beri nama sesuai dengan blog zombie yang sudah didapatkan.

    Avatar

    Lucy Teresia

    ( - 09:05)

    sangat bermanfaat untuk saya yang baru mau belajar membuat blog dummy.. terima kasih gan 🙂

    Avatar

    Indra Saputra

    ( - 15:44)

    Selamat malam, setelah mencari saya telah menemukan blog zombie, saya mau mendaftarkan nya lagi tidak bisa ?? bagaimana yaa

    Master Wallpaper Desktop

    Avatar

    Harus dicoba nih, tapi mesti meluangkan banyak waktu saya rasa hmm

    Avatar

    saya buat ratusan blog zombie gan, tapi saya urus ko hehe, mlahaan saya buat artikel ratusan juga didaftarkan di search engine

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 06:00)

      Wah itu manteb mas @esa tanjung. kalau saya sekarang sudah nggak sempat gituan. Sudah fokus membuat artikel saja . 😀

    Avatar

    jadi blog dummy di rawat juga layaknya blog utama gitu gan? pantesan blog saya gak berkembang, padahal udah banyak bikin dummy blog. hmm..

    Avatar

    Mas ganisebastian….kalu boleh minta saya juga mau kok mas di bagi hehehehehehe penuh harap

    Avatar

    Noval

    ( - 05:43)

    gan minta zombienya dong, kalo bisa kirim ke email aja yak :v thx

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:53)

      Saat ini stok blog zombie belum bisa menyediakan lagi mas noval.

    Avatar

    sangat bermanfaat buat kami 🙂

    Avatar

    Ari bastiyan

    ( - 08:22)

    Mas kalo blog dummy dari blog baru, bagus gak buat seo. Trus kalo satu akun, maksimal berapa blog dummy ? Makasih

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 23:07)

      Bagus juga, tapi dari flatform yang berbeda..semisal wordpress (kita bisa buat wordpress self hosting gratis kok plus domain gratis pula). Maksimal menurut kemampuan kita saja, kan repot juga kalau harus mengelola beberapa blog.

    Avatar

    Silahkan…Thank kunjungannya

    Avatar

    Ya..selama masih ada stok

    Avatar

    nice info gan
    perlu dicoba nih

    Avatar

    Hengky Irawan

    ( - 13:01)

    saya pesen blog zombi nya ya..makasih banyak….

    Avatar

    Bolehh…di ambil,silahkan

    Avatar

    Muiz dodef

    ( - 06:56)

    Maz saya mau dong blog zombienya…

      Avatar

      Mas saya juga ya jika masih ada blog zombi tolong kabari via email, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *