Membuat Logo Produk

Cara Membuat Logo Produk Dengan 3 Langkah Mudah

Membuat Logo Produk – Dunia usaha saat ini memang tumbuh dengan sangat pesat bahkan diakhir tahun ini saja, sudah ada sekitar 200 ribu usaha baru dari skala kecil hingga menengah.

Namun tidak banyak juga banyak usaha yang berguguran dikarenakan tidak mampu memberikan diferensiasi produk. Sehingga tidak mampu bersaing didunia bisnis yang memang sangat kompetitif.

Kegagalan sebuah usaha yang terletak karena tidak ada pembeda antara produk sendiri dengan produk pesaing menjadikan para pembisnis pemula harus lebih cerdas dalam menentukan strategi.

Salah satunya adalah dengan membuat Logo produk yang menarik dan mudah diingat. Logo merupakan sebuah identitas yang akan menjadi “pengingat” bagi konsumen.

Kekuatan sebuah logo menjadikan produk kita yang pada dasarnya sama dengan produk pesaing, akan tampak berbeda dimata konsumen.

Membuat Logo Produk Yang Menarik

Untuk membuat sebuah logo produk, sebenarnya tidak memerlukan kemampuan profesional dibidang editing gambar. Dunia teknologi yang semakin canggih akan membantu kamu membuat sebuah logo yang sangat mudah.

Bahkan saat ini sudah ada website yang menyediakan layanan pembuatan logo online secara gratis. Hanya dibutuhkan sedikit pengetahuan dibidang editing yang dapat kamu cari di Google.

Berikut cara membuat logo produk yang menarik untuk meningkatkan penjualan produk.

Loading...

Menentukan Ide Gambar

Membuat Logo Produk

Membuat logo produk dengan kemampuan terbatas memang sangat menghambat kita dalam berkreasi. Namun sebenarnya dalam membuat logo produk yang menarik hal utama yang diperlukan adalah ide. Sebuah ide akan menentukan seberapa menarik logo yang akan kamu buat.

Untuk menentukan ide sebuah logo, yang perlu kamu perhatikan adalah kesinambungan antara nama produk dengan jenis produk yang kamu jual. Misalnya saja produk yang akan kamu pasarkan adalah makanan ringan yang berbahan baku udang. Maka logo yang harus dibuat harus memiliki unsur dari bahan baku tersebut, yaitu udang.

Setelah itu kamu hanya perlu menentukan nama produk untuk diletakkan pada saat membuat logo produk. Seperti “Udang Pedas” ataupun “Sensasi Pedas Udang Jepang”. Keterkaitan antara gambar dan nama produk dengan bahan baku utama akan menentukan identitas produk yang kamu tawarkan.

Mengumpulkan Sumber Gambar

Seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya bahwa dalam membuat logo produk tidak memerlukan kemampuan khusus editing gambar.

Saat ini telah banyak tersedia situs yang menyediakan gambar yang dapat digunakan secara gratis tanpa takut terkena sanksi penyalahgunaan hak cipta.

Kamu dapat mengunjungi situs pixabay.com atau pixamola.com dan mengetikkan kata kunci gambar yang kamu cari. Ada banyak format gambar yang dapat kamu gunakan, tetapi sebaiknya kamu memilih format gambar berupa animasi.

Berikut langkah dalam mengumpulkan sumber gambar yang akan digunakan di situs pixabay.

  1. Silahkan kunjungi halaman situs www.pixabay.com dan masukkan kata kunci gambar yang dicari,
  2. Tuliskan kata kunci berbahasa Inggris dan klik Enter. Kamu dapat menggunakan Google Translate untuk menterjemahkan kata kunci),
  3. Setelah itu pilih “Vector Graphic” untuk mendapatkan gambar berupa animasi dan pilihlah beberapa gambar yang sesuai.
  4. Klik kanan menggunakan mouse dan pilih “View Image” dan klik kanan kembali dan pilih “Save Image” untuk menyimpan.

Membuat Logo Produk Melalui Photoshop

Setelah ide dan bahan gambar telah terkumpul saatnya mengedit menggunakan Photoshop. Kemampuan editing yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, kamu hanya perlu mengikuti panduan berikut ini.

Pastikan sebelumnya kamu sudah memiliki aplikasi Photoshop yah.

1. Buka aplikasi Photoshop dan setelah itu pilih Menu pada bagian kiri atas,

2. Pilih “New” dan masukkan ukuran sesuai dengan keinginan kamu. Sebagai saran, gunakan ukuran 1280 x 600 untuk membuat Logo produk kamu. Untuk mempermudah tahapan, kita sebut file ini sebagai “Layar 1”.

3. Setelah itu buka file gambar yang sudah kamu simpan dari situs pixabay.com. Gambar dengan jenis “Vector Graphic” akan mempermudah kamu dalam membuat logo produk

Gambar berjenis ini tidak memiliki background sehingga kamu tidak perlu mengedit apapun disini. Kita sebut file ini sebagai “Layar 2”.

4. Untuk memindahkan gambar tersebut ke “Layar 1” kamu cukup menggeserkan “Layar 2” menggunakan tool “Move Tool” seperti gambar dibawah ini.

5. Jika gambar terasa terlalu besar atau terlalu kecil, kamu cukup mengubah ukurannya dengan menekan tombol “Ctrl” + “T” pada keyboard.

Membuat logo produk
Move Tool Untuk Memindahkan Gambar

Setelah itu tuliskan nama untuk produk kamu di “Layar 1” dan sesuaikan letak sesuai dengan keinginan kamu. Untuk menuliskan nama, kamu cukup menekan logo “T” seperti gambar dibawah ini.

Membuat Logo Produk
Hasil Editing Gambar

Untuk memilih gaya tulisan, kamu bisa memilihnya di bagian atas dan pastikan terlebih dahulu menge-block tulisan kamu.

Untuk mengubah warna gambar “Layar 2” kamu bisa memanfaatkan fitur warna di bagian panel “image” dan pilih “adjustment”.

Tersedia berbagai pilihan editing warna yang akan membuat tampilan gambar kamu semakin menarik. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

Membuat logo produk
Cara Mengedit Warna Gambar

Kesimpulan

Membuat logo produk memang akan terasa sulit jika kita tidak memiliki ide, sumber bahan/ data, dan kemampuan editing.

Tetapi ternyata hanya dengan berbekal sedikit kemampuan dan kemauan, kamu sudah bisa membuat sebuah logo produk yang akan membuatnya tampil beda dipasaran.

Kamu hanya perlu sedikit mencoba dan berkreasi untuk menciptakan sebuah gambar yang sesuai dengan keinginan kamu. Semoga artikel ini berguna bagi kamu yang ingin memulai sebuah bisnis.


Loading...

Bagikan

etrosinaga

Penulis

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *