Tekno

Cara Memilih Laptop Apple Baru Secara Tepat Sesuai Kebutuhan & Budget

Cara Memilih Laptop Apple Baru – Melakukan seleksi produk dan perbandingan, menjadi dua agenda penting yang biasa dilakukan oleh konsumen terbaik berpengalaman. Tindakan ini dilakukan agar mereka dapat menentukan pilihan terbaik yang sesuai kebutuhan dengan mudah, dan mengambil keputusan untuk melakukan pembelian secara tepat sesuai budget.

Namun, tidak semua konsumen menyandang predikat terbaik dan berpengalaman. Misalnya, mereka yang ingin membeli sebuah produk baru, dimana mereka belum pernah memiliki produk tersebut sebelumnya. Jika tidak dilakukan secara tepat, kemungkinan memilih produk yang tidak tepat dengan harga yang tidak sesuai, sangat mungkin dialami oleh konsumen pemula tersebut.

Postingan ini memiliki kaitan erat dengan topik bagaimana memilih sebuah produk baru yang ingin dibeli oleh calon konsumen baru, khususnya produk laptop. Membeli dan memiliki sebuah laptop baru, ibarat membeli sebuah mobil. Kesalahan dalam menentukan laptop baru yang tepat yang ingin dibeli, dapat membuat konsumen tersebut mengalami banyak kerugian, salah satunya adalah kerguian secara finansial.

Jika Anda saat ini ingin membeli laptop baru, sementara Anda tidak berpengalaman memiliki dan menggunakan laptop sebelumnya. Maka Anda perlu membaca panduan cara memilih laptop baru yang ada dalam postingan ini agar tidak mengalami kerugian, khususnya kerugian finansial.

Postigan ini disajikan untuk Anda yang mungkin saat ini bingung dalam menentukan laptop Apple baru mana yang harus dipilih yang sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki saat ini. Jadi pastikan Anda tetap bersama saya untuk membaca seluruh postingan cara memilih laptopĀ ini hingga akhir.

cara memilih laptop

Apa itu Laptop ?

Laptop adalah salah satu komputer portable berteknologi canggih dengan bobot dan ukuran lebih berat dan lebih besar dari netbook dan notebook, lebih kecil dan praktis dibandingkan komputer atau PC.

Banyaknya pilihan brand laptop dengan beragam spesifikasi hardware dan software yang dijual di pasar saat ini. Serta varian harga laptop mulai dari yang murah hingga yang mahal. Membuat seluruh konsumen terbaik, termasuk Anda dapat membeli dan memiliki laptop baru dengan mudah dan cepat.

Anda dapat menjadikan laptop Apple sebagai salah satu brand laptop terbaik, dan memasukannya ke dalam salah satu pilihan daftar merek laptop baru perdana yang ingin Anda miliki saat ini.

Meski harga laptop Apple cukup fantastis, dan tergolong mahal bila dibandingkan dengan beberapa brand laptop terbaik yang ada di pasaran saat ini. Beberapa konsumen terbaik berpengalaman sering memilih laptop Apple sebagai brand laptop yang paling direkomendasikan untuk dibeli, bahkan oleh konsumen pemula sekalipun.

Dua Pilihan Jenis Laptop Populer

Dipasaran saat ini ada beberapa jenis laptop yang bisa dipilih, dan dua jenis laptop populer yang bisa dipilih adalah :

#1. Laptop Konvensional

Laptop konvensional adalah laptop yang saat ini banyak digunakan oleh sebagian besar orang pada umumnya. Dari segi harga laptop konvensional cinderung lebih murah bila dibandingkan dengan laptop jenis Hybrid. Laptop konvensional tidak dapat difungsikan sebagai tablet.

#2. Laptop Hybrid

Laptop hybrid atau Laptop 2 in 1 adalah jenis laptop terbaru yang berbeda dengan laptop konvensional. Perbedaan yang mencolok terdapat dari sisi teknologi dan kegunaan.

Perangkat keyboard pada laptop konvensional umumnya terintegrasi dengan layar laptop dan tidak dapat dilepas. Berbeda dengan laptop hybrid, kyeboard laptop yang juga dikenal sebagai laptop convertible ini dapat dibongkar dan dipasang kembali dengan mudah dan cepat. Teknologi ini memungkinkan laptop juga dapat difungsikan sebagai perangkat tablet.

Fungsi atau Kegunaan Laptop

Dalam kehidupan sehari-hari laptop sering difungsikan atau digunakan untuk berbagai macam keperluan, baik untuk keperluan dalam dunia kerja, pendidikan, bisnis dan hiburan.

Fungsi Laptop Dalam Dunia Kerja

Dalam dunia kerja baik itu disektor pemerintahan maupun swasta, laptop sering digunakan pemiliknya untuk berbagai macam pengolahan dokumen. Mulai dari pengetikan, pengarsipan, pencetakan, dan lain-lain.

Fungsi Laptop Dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis, khususnya bisnis online. Laptop dapat digunakan untuk membuat website bisnis,membangun start up, membuat aplikasi, mobile, memproduksi konten bisnis, sebagai alat untuk melakukan transaksi online, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fungsi Laptop Dalam Dunia Hiburan

Selain dapat berfungsi sebagai media pemutar musik dan video, proses produksi musik dan video seperti mixing, mastering dan editing juga dapat dilakukan menggunakan laptop.

Saat ini tidak sedikit para gamers, yang juga memilih laptop dan menggunakan laptop sebagai media terbaik untuk hiburan bermain game. Mulai dari game ringan, hingga game berat sekalipun.

Fungsi Laptop Dalam Dunia Pendidikan

Laptop juga memiliki peran penting dalam memgembangkan dunia pendidikan. Saat ini, dalam dunia pendidikan, laptop tidak lagi hanya digunakan oleh kalangan Mahasiswa dan Mahasiswi saja. Siswa SMP dan SMA saat ini juga sudah menggunakan laptop sebagai sarana belajar mereka.

Bagi kalangan cendikiawan, laptop dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas penting, seperti pembuatan makalah, menulis materi-materi dalam suatu mata kukiah atau pelajaran, membuat slideshow persentasi kelas, membaca buku elektronik (ebook), dan lainnya.

Manfaat Menggunakan Laptop yang Berkualitas

Ketika Anda dapat dengan tepat memilih laptopĀ berkualitas handal dan menggunakan laptop berkualitas sesuai dengan buku petunjuk pemakaian, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat, diantaranya adalah :

Laptop Lebih Tahan Lama

Kualitas sebuah laptop diukur berdasarkan spesifikasi hardware dan software yang tarkit dan terinstal di dalam perangkat tersebut. Paduan hardware handal buatan merek ternama dan software modern garapan perusahaan tercanggih, dapat membuat laptop memiliki ketahanan hidup lebih lama.

Sebagai contoh dari segi baterai. Sebuah laptop dengan baterai berkualitas akan memberikan manfaat bagi pemilikinya untuk dapat menggunakan laptop dalam waktu lebih lama tanpa harus terhubung dengan konektor pengisian baterai.

Laptop Lebih Ringan dan Cepat

Spesifikasi hardware dan software terbaik, juga berbanding lurus terhadap kinerja dan performa laptop. Laptop berkualitas tidak mudah panas, tidak bising dan lebih ringan dalam mengeksekusi perintah, memproses atau menjalankan program baik ringan maupun berat. Alhasil pengguna dapat menyelesaikan segala macam jenis pekerjaan lebih mudah dan cepat.

Laptop Tidak Mudah Rusak

Karena laptop berkualitas dirancang dengan dukungan hardware dan software berkualitas. Kemungkinan melakukan servis akibat adanya kerusakan hardware dan software akan sangat jarang terjadi. Hal ini tentu akan menghemat uang Anda tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk keperluan servis.

Kriteria Laptop Baru Berkualitas Handal yang Tahan Lama

Diproduksi Oleh Brand Ternama Berpengalaman

Ada banyak brand laptop yang beredar di pasar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri ada lebih dari lima brand laptop terbaik, dan Apple mungkin salah satu brand populer yang cukup dekat dengan konsumen di tanah air.

Setiap brand laptop ternama berpengalaman dipastikan memiliki standar kualitas yang sangat ketat dalam meproduksi sebuah laptop yang akan mereka pasarkan. Brand ternama juga biasanya terbukti mampu menghadirkan ragam pilihan laptop yang benar-benar dirancang sesuai kebutuhan calon pemiliknya.

Selain itu, brand ternama biasanya juga membuka galeri khusus untuk keperluan pelayanan permasalahan pelanggan dan untuk claim garansi, hingga bahkan servis. Suku cadang atau hardware pengganti orisinil dari laptop brand ternama juga banyak tersedia dan dapat dengan mudah dibeli.

Dilengkapi Spesifikasi Terbaik

Seperti yang sudah ketahui melalui beberapa manfaat dari menggunakan laptop berkualitas yang sudah dijelaskan sebelumnya. Untuk memilih laptop kriteria laptop yang bagus adalah laptop yang dilengkapi dengan spesifikasi tinggi atau terbaik. Spesifikasi hardware seperti, prosesor, ram, mainboard, dan VGA pada laptop yang berkualitas umumnya dirancang oleh perusahaan teknologi berpengalaman yang juga populer. Seperti, intel, AMD, NVIDIA

Kapasitas Hardisk Besar

Selain spefikasi tertinggi guna menopang performa dan kinerja, laptop dengan keriteria berkualitas juga umumnya didukung dengan hardisk merek ternama dengan kapasitas besar. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file-file tanpa batas, dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli sebuah hardisk eskternal tambahan.

OS Terbaru Orisinil

Sistem operasi adalah salah satu pelengkap vital yang membuat sebuah laptop dapat bekerja dan difungsikan untuk segala macam keperluan dari pemiliknya. Laptop berkualitas biasanya sudah dibundle dengan sistem operasi orisinil dengan versi tertinggi atau terbaru. Selain memberikan kenyaman bagi pengguna selama mengoperasikan laptop, OS orisinil versi terbaru juga memiliki tingkat security yang lebih baik.

Dijamin Oleh Garansi

Setiap produk elektronik tentu dilindungi dengan jaminan garansi. Begitu juga laptop, laptop berkualitas selalu dijamin oleh garansi resmi yang dapat diperpanjang tiap tahunnya.

Fitur Konektifitas Lengkap

Laptop berkualitas selalu dilengkapi dengan fitur untuk keperluan konektifitas dalam jumlah yang lengkap dan sudah didukung fitur WiFi. Menariknya, selain fitur konektifitas yang lengkap, laptop apple terbaru, saat ini sudah dilengkapi dengan fitur modern yang disebut Touch Bar dan Touch ID. Lokasi fitur ini berada tepat diatas papan ketik (keyboard).

Foto via AppleInsider

Siapa Saja yang Cocok Menggunakan Laptop ?

  • Pelajar dan Mahasiswa
  • Pegawai
  • Karyawan Profesional
  • Pengusaha

7 Pilihan Merek Laptop Terpopuler untuk Mahasiswa, Karyawan & Pengusaha

  1. Apple
  2. Asus
  3. Acer
  4. Dell
  5. Hp
  6. Lenovo
  7. Thosiba

Apa itu Laptop Apple ?

Laptop Apple adalah laptop yang diproduksi oleh Apple Inc. perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California. Laptop Apple sendiri bisa dikatakan laptop spesial. Karena, berbeda dengan laptop pada umumnya, Apple merancang laptop mereka dengan dukungan hardware dan software yang sudah dipatenkan Apple.

Di Indonesia ada beberapa pilihan laptop yang ditawarkan oleh Apple, berikut tiga pilihan laptop Apple terbaru yang sudah tersedia di iBox Indonesia :

MacBook

Dianggap sebagai komputer jinjing Machintosh paling diminati pembeli dalam sejarah. MacBook pertama, adalah laptop Apple yang dirancang oleh Apple Inc dalam kurun waktu lima tahun. Menjadi generasi penerus dua produk Apple lainnya yaitu, iBook G4 dan PowerBook 12-inci, juga penanda migrasi Apple dari prosesor PowerPC ke Intel. MacBook mulai dirilis secara resmi pada 16 Mei 2006.

Sepanjang sejarah produksi MacBook dirancang oleh Apple dalam tiga pilihan model. Perbedaan masing-masing model dapat diketahui dari bahan yang digunakan Apple untuk membuat kerangka MacBook.

Model pertama, menggunakan kerangka bahan polikarbonat dan kaca serat. Model kedua, menggunakan alumunium unibodi. Model ketiga, menggunakan kerangka berbahan polikarbonat unibodi.

MacBook adalah salah satu laptop dengan desain bodi yang mengesankan. Laptop Apple ini memiliki ketebalan kurang dari 14 mm, dengan total berat bodi keseluruhan kurang dari 1 Kg.

Berbicara urusan performa, dengan dukungan prosesor intel generasi keenam, MacBook memiliki keunggulan yang mumpuni dari segi kinerja grafis, penyimpanan flash dan daya tahan baterai.

Saat ini, di Indonesia MacBook tersedia dalam empat pilihan warna terbaik, yaitu perak, abu-abu, gold, dan rose gold.

MacBook Air

Apple pertama kali menjual MacBook Air ke konsumen pada tahun 2008 dengan harga sekitar $1799. MacBook Air adalah jajaran keluarga MacBook yang dirancang dengan sedikit perbedaan. MacBook Air didukung dengan prosesor intel core i5 generasi kelima dengan paduan Intel HD Graphics 6000.

MacBook Air memiliki ketebalan 1,72 cm dengan total bobot 1,35 Kg. Desain bodi MacBook Air masih menjadi salah satu yang elegan dan ringan dikelasnya. Tidak hanya tipis dan ringan, MacBook Air juga sangat bendel dan tahan lama. MacBook Air dapat digunakan oleh penggunanya dalam waktu lebih dari 10 jam tanpa harus terhubung kabel pengisian.

MacBook Pro

MacBook Pro adalah generasi ketiga dalam jajaran MacBook, dan bisa dikatakan paling baru. Apple menawarkan MacBook Pro dengan dua pilihan dimensi layar yaitu 13 dan 15 inci dengan retina display maupun non retina. MacBook Pro didukung dengan prosesor intel core i5 dengan paduan turbo boost untuk peningkatan kecepatan ke angka yang lebih tinggi. MacBook Pro 13 inci memiliki berat total 1,3 Kg dengan tebal 14,9 mm, sementara model 15 inci berbobot 1,8 Kg dengan ketebalan 15,5 mm.

5 Cara Memilih Laptop Apple Baru yang Ingin Dibeli

Setelah membaca hampir seluruh postingan ini, saat ini saya sedikit yakin Anda tidak akan mengalami kebingungan lagi dalam menentukan laptop Apple mana yang seharusnya Anda beli. Namun, agar laptop Apple baru yang ingin dibeli nantinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan budget. Sebagai penutup, berikut beberapa cara memilih laptop Apple, yang menarik untuk diketahui :

#1 Pahami Kebutuhan

Hampir sama seperti biasa sebagian besar konsumen berpengalaman lakukan ketika memilih laptop baru yang ingin mereka beli. Dalam menentukan laptop Apple baru mana yang paling Anda butuhkan. Anda harus tentu harus mengetahui kebutuhan utama Anda, misalnya untuk keperluan apa laptop Apple tersebut nantinya akan digunakan.

Jika Anda lebih banyak melakukan aktifitas membaca dan melakukan pengolahan dokumen, serta sekedar mendengarkan musik atau menonton video, MacBook sangan cocok untuk Anda. Namun, jika Anda ukuran layar yang lebih besar untuk keperluan komputasi sehari-hari maka Anda dapat memilih MacBook Air. Bagi profesional yang membutuhkan laptop untuk keperluan kelas berat maka sangat disarankan untuk memilih MacBook Pro.

#2 Pilih Model Atau Seri Terbaru

Karena Anda ingin membeli laptop Apple baru, pastikan juga Anda memilih laptop Apple dengan nomor model. Masing-masing nomor model dibedakan berdasarkan tahun peluncurannya. Sebelum melakukan pembelian, jangan lupa cek terlebih dahulu nomor model laptop Apple yang telah dipilih.

Cara mengidentifikasi nomor model MacBook, MacBook Pro dan Air dapat dilakukan dengan beberapa langkah, dengan cara melihat informasi yang tertera di bagian bawah laptop Apple, melihat informasi model melalui bagian kemasan, dan yang terakhir dengan cara bertanya langsung pada support iBox yang Anda kunjungi.

#3 Pertimbangkan Daya Tahan Baterai

Meski sama-sama diproduksi oleh Apple, namun faktanya baterai pada masing-masing laptop Apple yang tersedia di jual melalui iBox memiliki daya tahan baterai dalam waktu yang berbeda. MacBook didukung dengan baterai berkualitas yang dapat bertahan hingga 10 jam, MacBook Air hingga 12 jam, sementara MacBook Pro mendapatkan kekuatan tambahan 1 jam dibandingkan MacBook Air.

#4 Lakukan Perbandingan

Meski tidak banyak yang bisa dilakukan, karena hampir semua laptop Apple didukung dengan spesifikasi yang handal, namun Anda tetap dapat menemukan sedikit perbedaan. Misalnya dengan adanya pilihan dukungan layar retina, hadirnya fitur touch bar dan touch ID. Anda dapat melakukan perbandingan pada dua hal tersebut, dan mengetahui pilihan mana yang benar-benar mewakili diri Anda dan memberikan manfaat juga kenyamanan bagi Anda.

#5 Cash atau Credit

Meski harga laptop Apple tergolong fantastis, namun kemudahan cara pembelian yang ditawarkan oleh Apple tentu dapat membuat Anda tetap dapat membeli laptop yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Bagi Anda yang sudah mengalokasikan budget khusus untuk membeli laptop Apple baru, Anda dapat melakukan pembelian laptop Apple dengan cara cash. Namun, jika Anda ingin mengalokasikan sebagian budget untuk kebutuhan lain, maka Anda dapat memilih membeli laptop Apple yang sudah ditentukan dengan cara sistem kredit. Melalui iBox Indonesia memungkinkan konsumen melakukan pembelian dengan program cicilan bunga 0% bekerja sama dengan lebih dari 2 pilihan bank.

Penutup

Setelah membaca postingan ini hingga selesai, maka memilih laptop Apple baru yang sesuai kebutuhan dan budget tentu tidak lagi menjadi kendala bagi Anda, meskipun mungkin Anda tidak memiliki pengalaman memiliki laptop Apple sebelumnya.

Dari postingan ini dapat kita ketahui bersama, bahwa Apple menyediakan pilihan laptop berkualitas memang dengan target pasar yang sangat jelas. Masing-masing pilihan disajikan untuk konsumen dengan tingkat kebutuhan yang berbeda satu sama lain.


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close