Traveling

Cara Memilih Sepeda Lipat

Seperti yang kita ketahui bahwa bersepeda sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Tubuh kita akan menjadi lebih segar, sehat, dan kuat. Jadi sebagian orang lebih memilih bersepeda karena dapat menyenangkan dan tidak akan terasa capek. Sepeda yang diminati banyak orang karena praktisnya yaitu sepeda lipat.

Sepeda lipat atau dapat disebut folding bike merupakan sepeda yang dapat dilipat dan disimpan dalam bentuk yang ringkas dan simpel. Banyak produsen sepeda lipat terkenal, seperti polygon, united bike, hingga dahon yang meluncurkan bermacam model sepeda lipat.

Masing-masing sepeda yang diproduksi memiliki karakter yang berbeda-beda. Berikut di bawah ini cara memilih sepeda lipat yang cocok untuk kamu gunakan.

1. Pilih secara ukuran dan spesifikasinya

Supaya sepeda mudah dibawa saat terlipat, pilih sepeda yang memiliki berat sekitar 10 kg. Umumnya, semakin ringan sepedanya, semakin kukuh rangkanya. Tidak aneh, harga sepeda akan lebih tinggi juga.

Harga sepeda memang berbeda tergantung pada ukuran roda dan berat rangkanya.Sepeda lipat yang dapat dilipat dengan ringkas tentu praktis. Agar fungsinya lebih maksimal, pilih ukuran sepeda lipat berdasarkan tujuan penggunaan.

Kamu dapat memastikan sepeda lipat dapat dilipat dengan mudah atau tidak, dengan mengetahui komponen apa saja yang harus dilipat dan bagaimana cara melipatnya. Semakin sedikit bagian yang harus dilipat, maka semakin mudah penggunaannya.

2. Cari sepeda yang nyaman digunakan

Sepeda yang cocok dan nyaman digunakan yaitu dengan ban ukuran 14 inci sampai 16 inci. Semakin kecil bannya, semakin ringan juga saat dikayuh. Tetapi perlu diingat, ban kecil membuat sepeda sulit melaju kencang.

Namun sebaliknya, ban yang besar akan memudahkan sepeda melaju cepat. Walaupun begitu, usaha yang akan dikeluarkan untuk mengayuh sepeda menjadi lebih besar.Gear ratio menunjukkan berapa kali putaran roda belakang ketika pedal dikayuh satu kali.

Semakin tinggi gear ratio-nya, semakin jauh jangkauan roda belakang berputar. Dengan gear ratio yang tinggi, kamu dapat melaju cepat dengan lebih mudah.

Gear ratio merupakan perbandingan jumlah gigi roda depan dengan jumlah gigi roda belakang. Gear ratio untuk sepeda wanita biasanya 2,28. Kalau kamu ingin melaju lebih lancar, pilih gear ratio sekitar 4,2.

3. Pilih sepeda yang memiliki shifter

Sepeda dengan shifter akan nyaman digunakan untuk bersepeda keliling kota dan berolahraga. Karena adanya shifter ini, kamu dapat mengatur kecepatan yang dibutuhkan dengan merubah gigi sepeda. Sangat berguna jika kamu bersepeda di jalan yang menanjak.

Shifter sepeda dapat berupa lever shifter ataupun grip shifter. Lever shifter cocok untuk kamu yang ingin membeli sepeda dengan harga yang lebih murah. Tetapi, walaupun cara pengoperasiannya mudah, jari kamu akan mudah lelah karena sering mengubah gigi.

Tapi sisi lain, grip shifter cocok untuk kamu yang belum terbiasa naik sepeda. Hal ini karenakamu dapat mengoperasikannya tidak perlu memindahkan jari.

4. Periksa aksesoris pendukung

Mungki beberapa sepeda lipat tidak dilengkapi dengan keranjang depan, lampu, stkamur, dan pelindung lumpur. Ini biasanya bertujuan supaya sepeda mudah dilipat dan tidak terlalu berat juga.

Pilih sepeda dengan aksesori yang kamu butuhkan. Khususnya untuk tipe sepeda tanpa standar yang tidak dapat disandarkan sendiri. Pasti sangat merepotkan jika kamu harus mencari sandaran ketika akan parkir. Oleh karena itu, periksa aksesoris pendukung yang dapat dipasang.


Loading...

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close