Tekno

4 Cara Memperbaiki SD Card Rusak dan Tak Terbaca

Kartu SD card atau memori eksternal menjadi bagian yang terpenting dalam urusan penyimpanan data di smartphone. Hal yang paling ditakutkan adalah ketika SD card mengalami kerusakan atau bahkan tidak terbaca sama sekali. Celakanya, sebagian orang sangat awam dengan cara memperbaiki SD Card rusak dan tidak terbaca.

Penyebab kartu SD card mudah rusak dan tidak terbaca

Sebenarnya kartu SD card atau dalam bentuk micro jarang terjadi kerusakan secara fisik, sehingga banyak perusahaan kartu memori micro SD berani memberi garansi seumur hidup. Akan tetapi secara software kartu SD card akan lebih mudah rusak.

Salah satu penyebabnya adalah ulah virus, biasanya  kartu SD card terjangkit virus ketika menyambungkan ke PC atau dekstop. Ada baiknya gunakan anti virus terbaik yang mumpuni untuk mencegah hal ini terjadi.

Penyebab kartu SD card rusak atau tidak terbaca (damage) juga bisa disebabkan beberapa hal lain. Diantaranya adalah sering memindahkan memori ke perangkat atau smartphone lain.

Apabila anda punya hoby memindahkan kartu SD card dari smartphone satu ke smartphone lain hanya sekedar untuk memindahkan file, sebaiknya hentikan kebiasaan itu.

Kartu SD card yang sering dipindahkan akan lebih rentan mengalami kerusakan, karena harus menyesuaikan dengan tempat dan sistem operasi baru.

Kerusakan kartu SD card lain yang mungkin bisa terjadi adalah karena terkena minyak, debu yang melekat atau pengaruh magnet.

Kasus lain juga pernah terjadi, kartu SD card rusak karena tidak pernah digunakan hingga akhirnya timbul semacam karat sehingga tidak bisa terbaca.

Loading...

4 Cara untuk memperbaiki SD card rusak atau tak terbaca

Cara Memperbaiki SD Card Rusak

1. Bersihkann Kartu Memori

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk memperbaiki SD Card rusak atau tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari smartphone.

Selanjutnya, bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan dengan penghapus pensil warna putih dan gosok perlahan sampai bersih.

Kemudian, masukkan kembali SD Card ke dalam slot memori. Selanjutnya periksa apakah kartu memori sudah bisa terbaca atau belum.

2. Format dari perangkat smartphone

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membuat SD Card kembali terbaca adalah dengan melakukan format dari perangkat smartphone.

Perlu diketahui, langkah ini akan menyebabkan semua data yang telah tersimpan sebelumnya akan terhapus. Jangan kaget apabila semua data yang tersimpan sebelumnya akan terhapus.

Baca solusinya disiniCara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di Komputer (Hardisk exsternal, Flasdisk, Micro SD)

Tahap pertama, masuk ke menu Setting, pilih opsi Storage. Pada menu tersebut, terdapat pilihan Erase (hapus) SD card.

Dengan melakukan format SD card akan membuat SD Card lebih bersih seperti baru dan bisa dibaca kembali.

3. Cek Error melalui PC

Cara Memperbaiki SD Card Rusak bisa dilakukan dengan mengecek error yang mungkin terjadi melalui PC atau komputer.

Hubungkan smartphone secara langsung ke laptop atau PC melalui kabel data. Pastikan smartphone kamu terhubung dalam mode Mass Storage (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP).

Langkah selanjutnya, buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih properties, Tools, kemudian Error Checking. Tunggu sampai semua proses selesai.

4. Format dari PC

Apabila SD Card terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer namun tidak terbaca di perangkat smartphone, kamu bisa membuka folder baru pada HardDisk untuk mem-backup isi SD Card yang mengalami kerusakan.

Langkah berikutnya, copy seluruh isi SD Card kemudian paste ke dalam folder tersebut. Apabila sudah tercopy semua, format SD Card. Selanjutnya, kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam SD Card yang telah diformat.

Mudah – mudahan cara memperbaiki SD Card rusak dan tidak terbaca ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang kamu hadapi.



Loading...

Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button