mempromosikan blog toko online

Cara Mempromosikan Blog Toko Online Gratis di Facebook

Mempromosikan Blog – “Ah saya sudah tau caranya”, cukup salin url (copy) alamat blog toko onlinenya, lalu tempelkan (paste) pada box status facebook beres deh!. Ya, betul sekali itu adalah salah satu cara mempromosikan blog toko online gratis di facebook yang paling simple dan mudah yang bisa dilakukan oleh semua pemilik toko online.

Tapi, artikel ini dibuat khusus untuk anda semua pemilik online shop yang membutuhkan cara lainnya untuk dapat mempromosikan dan membuat brand blog toko online anda terlihat lebih profesional dan populer di Facebook. Bagaimana caranya ? silahkan baca postingan ini hingga selesai.

cara-mempromosikan-blog

Setelah blog toko online baru anda selesai dirancang, dimana intalasi template blog toko online yang super cepat dengan navigasi blog yang ramah pengguna telah selesai dilakukan. Semua produk telah diposting dengan fotografi terbaik dan elegan lengkap dengan deskripsi produk yang sangat detail.

Kategori produk juga sudah tersusun rapih, dan halaman pembelian dan kontak sudah dapat diakses oleh semua calon konsumen anda. Maka langkah selanjutnya adalah anda perlu mempopulerkan blog toko online tersebut.

Facebook menjadi salah satu tempat terbaik yang biasa dipilih untuk mempromosikan blog toko online. Mengenalkan produk dan blog toko online yang sudah sudah mereka rancang dengan profesional dan siap dikunjungi.

Nah, para pemilik toko online besar yang berpengalaman biasanya lebih memilih untuk membuat sebuah fanspage facebook untuk mempromosikan produk dan blog toko online mereka. Mengapa ? Karena, cara membuat fanspage facebook sangat mudah tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Apa Itu Fanspage Facebook ?

Fanspage Facebook atau Halaman Facebook adalah salah satu fasilitas atau layanan gratis yang disediakan Facebook dalam 6 klasifikasi halaman.

Loading...
  • Yang pertama, tempat atau bisnis lokal.
  • Kedua perusahaan, organisasi atau institusi.
  • Ketiga, merek atau produk,
  • Keempat artis, grup, atau tokoh masyarakat,
  • Kelima, hiburan, dan yang terakhir adalah perjuangan atau komunitas, untuk semua pengguna Facebook, termasuk anda sebagai pemilik toko online.

Fungsi Utama Fanspage Facebook

Facebook memberitahukan bahwa halaman Facebook atau fanspage Facebook yang dapat dibuat secara gratis oleh semua pengguna facebook. Termasuk anda pemilik toko online ini memiliki fungsi sebagai media dalam membangun atau menjalin hubungan yang lebih dekat dengan seluruh pengguna facebook, dan semua pelanggan anda.

3 Keunggulan Fanspage Facebook

1. Mudah, Cepat, & Gratis

Fanspage Facebook baru dapat dibuat dengan mudah tanpa persyaratan yang berbelit-belit. Bagi anda yang belum memiliki akun Facebook, syarat utamanya adalah anda cukup membuat akun Facebook baru terlebih dahulu.

Sementara bagi anda yang sudah memiliki akun Facebook, anda dapat memulai proses pembuatan dengan cepat dalam 5 langkah praktis. Untuk dapat memiliki sebuah fanspage atau halaman, facebook tidak mengharuskan anda membayar biaya bulanan.

2. Fitur Halaman Lengkap

Halaman atau fanspage di Facebook memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari fitur messaging, map, video, fitur shop, call now dan masih banyak lagi.

3. Jangkauan Luas

Sangat mungkin fanspage Facebook yang anda buat dikunjungi, diakses dan di like (disukai) oleh pengguna facebook dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan di luar wilayah Indonesia.

Tahap-tahap Mempromosikan Blog Toko Online

TAHAP 1 

1. Buat atau ciptakan fanspage facebook toko online anda terlebih dahulu. Berikut ini panduan dan gambar contoh pembuatan fanspage blog toko online firniture :

  • Silahkan login ke facebook terlebih dahulu
  • Pilih menu bergambar gembok di bagian atas akun facebook anda di sebelah kanan

menu-settings-facebook-untuk-memilih-menu-create-page

  • Klik ikon tersebut lalu pilih menu “create pages”

menu-create-page-untuk-membuat-halaman-fanspage-toko-online

  • Pilih salah satu klasifikasi yang paling sesuai menurut anda untuk mempromosikan blog toko online bisa masuk pada 2 klasifikasi utama yaitu pada klasifikasi tempat atau bisnis lokal dan merek atau produk. Perbedaan kedua klasifikasi ini adalah pada cara pengisian data halaman saja.
  • Jika anda memilih klasifikasi tempat atau lokal bisnis, anda terlebih dahulu menentukan kategori lalu selanjutnya mengisi nama bisnis atau tempat bisnis, jalan, kota, kode pos dan nomor telpon bisnis anda.
  • Sementara jika anda memilih klasifikasi merek atau produk, anda cukup memilih kategori yang sesuai dengan toko online anda dan memasukan nama brand atau merek toko online anda.

2-pilihan-klasifikasi-fanspage-facebook-untuk-blog-toko-online

  • Setelah menentukan klasifikasi dan mengisi semua informasi yang dibutuhkan pada klasifikasi fanspage yang akan anda buat. Lalu lanjutkan dengan pembuatan fanspage dengan cara klik tombol “Get Started”(memulai).

memilih-kategori-dan-memasukan-nama-brand-atau-produk-untuk-memulai-pembuatan-fanspage-facebook

  • Selanjutnya anda akan masuk pada tahap pengaturan halaman. Ada empat tahap :

  1. Pertama mengisi deskripsi halaman atau fanspage dan alamat web atau blog toko online anda.
  2. Lalu dilanjutkan mengupload gambar profil.
  3. Menambahkan halaman ke kolom favorit.
  4. Mengatur target audiens yang anda inginkan. Berikut contoh langsung ke empat tahap tersebut melalui gambar :
halaman-pengaturan-fanspage-facebook-blog-toko-online
Tahap 1 Isi kolom about dengan deskripsi toko online anda, dan isi alamat web anda, lalu klik save info.
Tahap 2
Tahap 2, pilih upload form komputer 
upload-gambar-profile
Tahap 2.1, pilih gambar profil yang ada pada disk drive komputer anda, lalu klik open untuk mulai mengupload. 
klik-next
Tahap 2.2, Foto profile berhasil terupload, selanjutnya klik next. 
Tahap 3
Tahap 3, menambahkan fanspage toko online anda ke kolom favorites, Klik Add to Favorites
klik-next-2
Tahap 3.1, selanjutnya klik next, untuk memulai pengaturan target audiens.
mengatur-target-audiens
Tahap 4, Tentukan target lokasi, umur, gender, interest, dan bahasa audiens pengunjung blog toko online anda. Lalu klik save.

Selanjutnya anda perlu menambahkan cover halaman facebook anda agar lebih menarik dan terlihat profesional.

Caranya seperti gambar berikut :

menambahkan-cover-halaman-facebook
Tahap 1
menambahkan-cover-halaman-facebook-pilih-upload-foto
Tahap 2, pilih “Upload Foto”
upload
Tahap 3, Pilih foto pada disk drive komputer anda, lalu klik “Open” untuk memulai proses upload cover.

Setelah cover diupload, maka proses pembuatan fanspage untuk mempromosikan blog toko online anda sudah benar-benar selesai. Berikut hasilnya :

halaman-selesai-dibuat

Agar fanspage facebook toko online anda tampil profesional saat dipromosikan, maka sebaiknya anda perlu memperhatikan kualitas gambar foto profile, dan cover. Foto profile sebaiknya cukup menggunakan logo bisnis atau blog toko online anda, sementara cover gunakan gambar yang menarik sesuai dengan bisnis anda.

Untuk pemrosesan pembuatan foto profil dan cover seperti editing dan lainnya, saya menyarankan anda menggunakan beberapa software pendukung seperti PhotoScape, Software AAA Logo, atau yang lebih mudah membuat foto profile dan cover blog toko online anda secara gratis melalui website Canva.

Tahap 2 

2. Memulai proses promosi blog toko online ke seluruh teman yang ada pada akun facebook anda untuk mendapatkan 50 sampai dengan 100 likers pertama.

Klik menu “Invite Friends to Like This Page”

invite-friends-akun-facebook-anda

Pilih saja “Select All Friends,” lalu invite semua teman yang ada pada akun facebook anda untuk menyukai blog toko online.

promosikan-blog-toko-online-anda-ke-seluruh-teman-akun-facebook-anda

Semua teman pada akun facebook anda nantinya akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan undangan yang anda kirim. Tindakan ini memberikan peluang besar bagi fanspage blog toko online yang sudah anda buat untuk dipromosikan, dikunjungi oleh seluruh teman yang sudah mendapatkan undangan.

Ketika mereka berkunjung, dan mereka tertarik, maka anda akan mendapatkan like gratis dari teman yang telah anda undang tadi.

Setiap teman yang sudah meberikan like fanspage blog toko online anda (Likers), maka segala aktifitas yang anda lakukan seperti upload foto produk terbaru, update harga, upload resi pengiriman client, serta promo diskon akan otomatis muncul pada timline mereka.

Jika anda ingin likers terus bertambah maka anda bisa mengangkat karyawan toko online anda sebagai admin, dan menyarankan mereka juga untuk mempromosikan blog toko online anda kepada semua teman di akun facebook mereka. Minta mereka melakukan cara yang sama yaitu dengan cara Invite Friends.

Berikut ini cara menambahkan admin pada fanspage blog toko online untuk mendapatkan likers lebih banyak :

  • Pilih menu settings fanspage blog toko online anda

pilih-settings

  • Pilih page roles dan pilih admin baru dengan mengetikan nama pemilik akun facebook yang akan dijadikan admin.

pilih-page-role

  • Setelah admin baru terpilih, maka klik enter.

 

pilih-admin

Admin memiliki tingkat akses tertinggi, mulai dari melakukan upload foto, update status fanspage. Bahkan melakukan semua kegiatan promosi dan pengelolaan fanspage facebook toko online anda.

Lakukan invite friends secara teratur minimal sebulan 2 tiga kali, dan minta karyawan toko online anda juga melakukan hal yang sama. Likers fanspage blog toko online anda pasti akan bertambah terus menerus. Semakin banyak likers maka kepopuleran blog toko online anda semakin meningkat.

Dan peluang  pengguna facebook atau calon konsumen yang akan mengunjungi blog online shop anda pun semakin besar.

Jangan lupa meletakan facebook like box pada widget blog toko online. Hal ini memungkinkan anda mendapatkan likers lebih banyak dari pengunjung yang datang tidak dari facebook melainkan pengunjung yang mungkin saja datang ke toko online anda melalui mesin pencari.

Tahap Akhir

Selanjutnya adalah mempromosikan blog toko online dengan konten produk di Facebook Fanspage. Setelah likers anda bertambah banyak, maka lanjutkan promosi dengan membagi atau share konten blog dan konten produk secara berkelanjutan (continue) dan terjadwal.

Tidak ada aturan wajib dalam melakukan share konten blog dan konten produk pada fanspage anda,  hanya saja agar fanspage anda disukai banyak pengguna akun facebook (populer), maka sebaiknya jalankan promosi dengan baik dan kreatif. Berikut tips dan caranya :

  • 2 Tips Promo Konten Blog Gratis di Fanspage Facebook

Pilih jadwal atau waktu yang tepat

Agar promosi konten blog di facebook page anda berjalan sukses dan dilihat oleh seluruh likers dan pengguna facebook lainnya, maka anda perlu mengetahui kapan jadwal atau waktu yang tepat untuk melakukan share konten blog.

Samantha Muphy, salah satu penulis di situs Mashable, dalam tulisanya yang berjudul “The Best and Worst Times to Share on Facebook, Twitter” menjelaskan bahwa konten post yang dibagikan pada jam 1 siang hingga jam 4 sore terbukti mendapatkan banyak perhatian dari seluruh pengguna facebook, dan hari rabu jam 3 sore adalah waktu terbaik untuk membagikan konten post blog.

Foto : PanduanIM
Foto : PanduanIM

Gunakan jenis gambar atau foto yang menarik dan ukuran foto yang tepat 

Foto yang menampilkan wajah merupakan salah satu jenis foto atau gambar yang cukup efektif untuk mendapatkan perhatian para pengguna akun facebook. Sementara ukuran foto untuk konten facebook berukuran 1200 x 630 untuk jenis foto saja. Sementara jenis foto bercampur link ukuran yang tepat adalah 1200 x 627.

Contoh konten post facebook dengan jenis gambar yang menampilkan wajah :

contoh-konten-post-facebook-untuk-promosi

Panduan ukuran foto facebook 2016 :

Sumber Foto : makeawebsitehub
Sumber Foto : makeawebsitehub
  • Tips promo konten produk blog toko online di fanspage facebook 

Sama halnya dengan melakukan mempromosikan blog toko online, hanya saja promosi konten produk ditujukan lebih dari sekedar mendapatkan like, melainkan pemesanan atau order.

Nah, agar promosi konten produk anda dapat berjalan dengan baik dan terjadi order maka sangat penting untuk memperhatikan kualitas foto produk dan perlengkapannya. Berikut beberapa contoh promosi konten produk sebagai inspirasi anda :

contoh-konten-post-facebook-untuk-promosi-2

contoh-konten-post-facebook-untuk-promosi-3

contoh-konten-produk-promosi-untuk-facebook-fanspage

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan konten produk adalah foto harus berkualitas dan fokus ke produknya, lalu sisipkan juga beberapa informasi menarik seperti promo, diskon, atau program cicilan serta mekanisme pengiriman produk toko online anda.

Nah dua dari contoh konten blog tersebut adalah buatan saya pribadi, dan ternyata itu sangat efektif untuk promosi dan berhasil menarik perhatian para likers.

Nah, itulah beberapa cara mempromosikan blog toko online gratis di facebook, dan saya berharap anda bisa menerapkan cara ini pada blog toko online yang baru saja anda rancang, agar blog anda segera populer dan dikunjungi oleh banyak konsumen.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *