Bisnis Online

3 Cara Mempromosikan Toko Online Secara Efektif

Cara mempromosikan toko online – Jika bicara mengenai bisnis jual beli online, maka bisa membangun website e-commerce. Atau yang juga lebih dikenal dengan istilah toko online yang dapat dikatakan sebagai salah satu langkah yang paling efektif untuk mengembangkannya.

Toko online dapat menjadi sebuah media yang sangat efisien untuk menjangkau audience secara lebih luas. Dan juga menjadi database informasi dari produk yang ditawarkan oleh toko online tersebut.

Namun memiliki toko online saja belumlah cukup untuk mengembangkan bisnis jual beli online. Pemilik atau pengelolah toko online juga dituntut untuk memberikan action agar penjualan toko online dapat meningkat. Action yang dimaksudkan sebelumnya tidak lain adalah mempromosikan toko online.

Untuk meningkatkan omset penjualan toko online, tidaklah cukup hanya bermodalkan update produk di toko online secara teratur. Mempromosikan toko online adalah action lanjutan yang diperlukan agar keuntungan dari toko online dapat lebih maksimal.

Berkaitan dengan hal yang satu ini, klikmania telah merangkumkan 3 cara mempromosikan toko online yang dapat dilakukan agar penjualan toko online dapat meningkat.

Berikut 3 cara yang dimaksudkan sebelumnya:

Memberikan special offer

cara mempromosikan toko online

Untuk dapat mempromosikan toko online, memberikan special offer terkait produk yang dijualkan di toko online. Terkait adalah salah satu langkah yang dapat diambil. Memberikan penawaran special akan dapat menarik audience/ calon pembeli untuk mengunjungi toko online.

Loading...

Penawaran special/ special offers yang dimaksud sebelumnya dapat berupa diskon untuk beberapa item produk. Yang dijualkan pada momen-momen tertentu seperti momen hari raya( natal dan lebaran) atau momen spesial( valentine, Halloween dll).

Menerapkan email marketing

cara mempromosikan toko online

Langkah lainnya yang dapat diterapkan sebagai cara mempromosikan toko online adalah dengan menerapkan email marketing. Email marketing adalah teknik promosi online yang memanfaatkan email sebagai media promosinya.

Cara kerja dari email marketing ini terbilang sederhana , dimana pihak marketer atau owner toko online mengirimkan email yang memuat pesan promosi (newsletter) ke sejumlah alamat email yang dijadikan target promosi. Atau alamat email dari pelanggan yang sebelumnya pernah berbelanja di toko online terkait.

Menerapkan email marketing ini akan membuat audience mendapatkan informas update mengenai produk atau penawaran terbaru dari toko online terkait. Selain itu, keuntungan lainnya yang didapat dari penerapan email marketing ini adalah membuat pelanggan yang sebelumnya pernah melakukan transaksi tetap terhubung dengan toko online.

Referensi lain : Cara Mudah Membangun Email List Untuk Email Marketing

Memanfaatkan blog

cara mempromosikan toko online

Pilihan cara mempromosikan toko online yang  lainnya yang juga dapat dicoba adalah dengan menggunakan blog. Toko online pada dasarnya merupakan sebuah website, setiap website atau blog tentunya akan membutuhkan backlink berkualitas untuk menunjang eksistensinya di SERP Google.

Membuat blog dummy/ bayangan yang mengarah pada toko online sebagai blog/ website utama merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas. Penerapannya dapat dilakukan dengan secara rutin memposting artikel pada blog dummy dan menyisipkan URL homepage atau produk toko online terkait di dalam setiap postingan artikel.

Referensi lain : 3 Cara Mudah Membangun Backlink Berkualitas Untuk Blog

Poin yang lebih penting adalah pastikan bahwa artikel memiliki nilai informatif dan relevan dengan URL yang dicantumkan. Contohnya, URL ke halaman produk tas dapat dicantumkan pada artikel yang berkaitan dengan tas(contohnya: cara memilih tas berkualitas).

Dengan menerapkan cara mempromosikan toko online yang satu ini, peringkat toko online di SERP akan semakin baik dan pastinya akan dapat mendatangkan audience/ customer.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer.Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button