in

Cara Memulai Bisnis Kuliner Di Era Digital

Cara Memulai Bisnis Kuliner Di Era Digital

Dijaman sekarang ini, teknologi digital memiliki peranan penting untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh semua kalangan bisnis, termasuk bisnis kuliner yang semakin marak di Indonesia.

Layanan makanan atau food service menjadi peluang menjanjikan bagi pelaku bisnis yang jeli memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana untuk berpromosi, pemasaran dan menjalin pelanggan dengan jumlah yang tak terbatas.

Dan yang lebih menarik, bisnis food service juga tidak harus memiliki gerai atau tempat khusus untuk menjual hidangan kuliner, sebab semuanya dapat dipesan secara online.

Salah satu kemudahan dalam mengelola bisnis kuliner di era digital adalah dengan tersedianya aplikasi seperti Gojek/Grab. Aplikasi food service tersebut memungkinkan banyak orang membeli berbagai macam makanan atau minuman melalui smartphone, yang kemudian diantar sampai ke rumah.

Dapat disimpulkan, bahwa bisnis kuliner di era digital tidak memerlukan modal yang begitu besar, karena tidak harus menyediakan tempat bagi pembaili yang ingin menikmati hidangan ataupun minuman.

Cara Memulai Bisnis Kuliner untuk Pemula dengan Pemasaran Secara Online

Untuk memulai sebuah usaha atau bisnis diperlukan persiapan yang matang, mulai dari modal usaha, konsep bisnis ataupun jangkauan pemasarannya.

Sebagai pemula, wajib memahami cara memulai bisnis kuliner dengan tepat dan cermat agar usaha yang dijalankan dapat tetap eksis dan memperoleh keuntungan.

Selain modal usaha, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan apabila Anda ingin berkecimpung dan menggeluti usaha kuliner untuk sebuah bisnis yang menjanjikan.

1. Melakukan Survey Pasar dan Potensi Bisnis

Sebelum memulai usaha kuliner, ada baiknya untuk melakukan survey terlebih dahulu. Termasuk mengetahui harga ataupun banyaknya persaingan yang ada di pasar.

Dengan melakukan survey, Anda dapat mengetahui bagaimana perkiraan daya beli masyarakat terhadap usaha kuliner serta dapat mengetahui potensi bisnis yang akan Anda jalankan.

2. Menu Andalan

Tentukan menu kuliner yang belum banyak dijual di pasaran untuk mengurangi tingkat persaingan. Buat menu andalan dengan penyajian yang menarik untuk memikat pelanggan dengan harga yang disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

Banyak menu andalan yang dapat Anda buat, meskipun jenis minuman atau makanan tersebut sudah ada dipasaran, buat nama menu yang unik sehingga mengundang penasaran banyak orang.

3. Memiliki Ciri Khas

Ciri khas bukan hanya dari sajian kuliner saja, tetapi bisa dari rasa yang lebih kuat, warna yang lebih mencolok atau dari kemasan dari makanan atau minuman tersebut.

Ciri khas sangat penting sehingga menjadi pembeda dari kompetitor lain yang memasarkan jenis kuliner yang sama di pasaran. Konsumen juga akan mudah mengingat, apabila usaha kuliner Anda memiliki ciri khas tertentu.

4. Jenis Sajian kuliner dan Target Pemasaran

Cara memulai bisnis kuliner yang benar adalah memahami target pemasaran yang tepat, apakah sajian kuliner untuk sarapan pagi, makan siang atau makan malam.

Kebanyakan menu masakan Indonesia dapat dikategorikan untuk dapat dinikmati sebagai sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Tetapi Anda dapat lebih spesifik untuk menentukan sajian menu kuliner yang tepat sehingga dapat memenuhi target pemasaran di daerah Anda.

5. Promosi Secara Tepat

Bisnis Kuliner di era digital membutuhkan cara promosi yang tepat, sehingga dapat meningkatkan konsumen untuk bisnis kuliner Anda.

Anda dapat menggunakan berbagai media sosial yang populer untuk melakukan promosi, ikut bergabung dengan group yang memiliki banyak anggota yang membahas tentang kuliner.

Selain promosi secara gratis di media sosial, Anda juga dapat melakukan promosi berbayar di Google Ads, Facebook Ads ataupun di platform iklan sosial media berbayar lainnya dengan menentukan budget yang diinginkan.

6. Strategi Marketing Bisnis Kuliner secara Online

Manfaatkan aplikasi food delivery yang saat ini sudah banyak dikenal oleh banyak masyarakat seperti Go Food, Grab Food ataupun Shopee Food untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Selain itu Anda juga memasarkan bisnis kuliner dengan menggunakan website baik yang gratisan atau berbayar. Dengan memiliki website kuliner sendiri, maka akan lebih meningkatkan kepercayaan kepada konsumen.

Itulah beberapa tips dan cara memulai bisnis kuliner di era digital. Selain modal usaha, dibutuhkan keuletan dan kegigihan untuk tetap eksis ditengah banyaknya persaingan kuliner yang semakin hari semakin berkembang dengan pesat.

Author Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0