Peluang usahaUlasan Bisnis

Cara Paling Mudah Memulai Usaha Ternak Lele

Memulai Budidaya Ternak Lele – Ternak lele menjadi salah satu jenis usaha yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia saat ini. Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki banyak kelebihan.

Ikan lele tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Selain itu, ikan lele juga tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa dipanen. Harga jual ikan lele juga cukup menguntungkan bagi para peternak ikan.

Budidaya ikan lele menjadi salah satu tren karena dengan modal yang ringan bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Tak heran jika banyak orang yang memulai usaha ini.

Bahkan banyak juga anak muda yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan air tawar dan jenis ikan yang mereka pilih adalah ikan lele.

BacaMelirik Keuntungan Dengan Berbisnis Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Selain itu, beternak ikan lele saat ini juga mudah dilakukan karena medianya semakin mudah didapat. Anda tak harus membuat kolam permanen berukuran besar dari semen.

Saat ini Anda bisa menggunakan kolam dari terpal sebagai media untuk memelihara ikan lele. Kolam ini terbuat dari terpal namun memiliki kekuatan yang sangat baik dan bisa menampung banyak ikan lele.

Memulai Budidaya Lele

Membangun bisnis sendiri memang menjadi peluang yang sangat menguntungkan di zaman sekarang. Banyak orang memilih untuk membuka usaha sendiri daripada harus menggantungkan hidup untuk bekerja di kantor.

Loading...

Dari sekian banyak jenis usaha yang bisa dilakukan, budidaya ikan lele menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Banyak peternak lele di luar sana yang sudah membuktikan bahwa beternak lele bisa mendatangkan banyak keuntungan. Jika Anda juga tertarik untuk melakukan budidaya ikan lele, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha ternak ikan lele.

1. Menyiapkan Lahan dan Media

Hal pertama yang perlu dilakukan tentu saja adalah mempersiapkan lahan dan media yang tepat. Saat ini, Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk beternak ikan.

Anda bisa menggunakan kolam terpal dan memanfaatkan lahan yang sempit sekalipun. Kolam terpal bisa digunakan di lahan yang sempit jadi tidak masalah jika lahan Anda terbatas.

Cara Memulai Usaha Ternak Lele
Sumber : duniaterpal.com

2. Mempersiapkan Air

Anda perlu mempersiapkan air yang berkualitas sebagai tempat tumbuh ikan-ikan yang akan dibudidayakan. Setelah kolam disiapkan, segera isi dengan air.

Anda bisa mendiamkan air sampai beberapa hari kemudian mengganti dengan air yang baru lalu baru diisi bibit-bibit ikan. Perhatikan suhu dan pH air agar ikan bisa mendapat habitat hidup yang terbaik.

3. Memilih Bibit Ikan Berkualitas

Pilihlah bibit ikan yang berkualitas. Jika Anda ingin hasil panen berkualitas, maka Anda harus menggunakan bibit ikan yang juga berkualitas.

Pilih bibit ikan yang sehat dan normal. Bagaimana caranya memilih bibit ikan? Anda bisa melihat fisik atau kondisi bibit ikan selain itu Anda juga bisa langsung berkonsultasi pada penjual bibit ikan.

4. Memilih Pakan yang Berkualitas

Pilihlah jenis pakan yang berkualitas demi memenuhi kebutuhan nutrisi ikan yang dipelihara. Ada banyak jenis pakan yang beredar di pasaran, pilih pakan yang berkualitas baik dan sesuaikan jenis pakan dengan usia ikan.

5. Melakukan Kontrol secara Teratur

Lakukan kontrol ikan secara teratur. Jika bibit sudah disebar, Anda perlu memeriksa kondisi kolam dan air secara teratur untuk memastikan bahwa ikan-ikan Anda dalam keadaan baik dan sehat.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memulai budidaya ikan. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda ingin memulai usaha ternak lele atau ternak ikan air tawar lainnya.

Jangan lupa, pelajari dulu dasar-dasar budidaya ikan dengan cara membaca buku atau berkonsultasi pada mereka yang sudah berpengalaman.



Loading...

Baca selengkapnya

Hanya Blogger rajin menulis.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button