Cara Memunculkan Kembali Fitur View Image

Begini Lho Cara Memunculkan Kembali Fitur View Image di Google

Cara Memunculkan Kembali Fitur View Image di Google – Halo apa kabar sahabat pembaca setia Klik Mania, pastinya anda selalu update dengan artikel terbaru yang disajikan oleh tim Klik Mania ya. Dengan membaca, anda akan medapatkan pengetahuan yang sangat-sangat bermanfaat.

Siapa yang tidak pernah menggunakan layanan yang diberikan Google? Pastinya diantara kita selalu menggunakan layanan darinya.

Setiap hari setiap orang selalu menggunakan mesin pencari Google, menonton Youtube, kirim pesat lewat Gmail, sistem operasi Android yang dipakai oleh banyak orang dan lain sebagainya. Google merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan teknologi terbesar di dunia.

Selaku kontributor Klik Mania, saya akan membahas mengenai hilangnya fitur ‘View Image’ di mesin pencari Google yang sengaja dihilangkan oleh pihak Google beberapa waktu yang lalu.

Mengapa Fitur View Image di Google sengaja dihilangkan?

Cara Memunculkan Kembali Fitur View Image
Fitur View Image Google

Perusahaan yang bermarkas di California, Amerika Serikat  tersebut membuat keputusan yang dianggap merugikan penggunanya. Hal tersebut tidak lepas dari tindakan Google menghapus salah satu fitur layanan pada mesin pencariannya yaitu ‘View Image’.

Dengan adanya tindakan tersebut maka semua pengguna mesin pencari Google tidak lagi bisa melihat fitur View Image setiap gambar yang mereka buka. Sehingga para pengguna jika ingin mengklik sebuah gambar akan langsung diarahkan ke situsnya.

Adapun alasannya yaitu sebagai upaya untuk melindungi hak cipta fotografer serta sebagai tanggapan dari protes para fotografer hingga perusahaan penyedia foto seperti Getty Images.

Protes dari fotografer dan penerbit

gettyimages sebagai penerima gambar dari para fotografer via dpreview.com

Hal inilah yang menyebabkan Google mencabut fitur View Images di mesin pencarinya. Google mendapatkan kecaman dari Getty Images, karena gambar-gambar yang ditampilkan oleh Google tersebut dianggap banyak melanggar hak cipta.

Loading...

Karena perusahaan tersebut  merupakan penyedia perpustakaan foto yang menjual hasil karya fotografer maupun ilustrator ke perusahaan media cetak, media elektronik dan lain sebagainya.

Sebenarnya dengan adanya fitur tersebut  lebih memudahkan pengguna dalam mencari sebuah gambar tanpa harus menuju alamat websitenya dan langsung bisa disimpan gambarnya.

Dengan dihapusnya fitur View Image, pasti membuat para pengguna mesin pencari Google merasa sangat-sangat kecewa dengan keputusannya tersebut.

Protes dari Pengguna

Fitur view image hilang
Fitur view image yang dihilangkan

Dikutip dari inet.detik.inet, hanya beberapa saat saja perusahaan asal California itu mengumumkan mengenai penghapusan fitur View Image, sudah banyak penggunanya menyerangnya dengan protes melalui akun twiternya masing-masing.

Adapun mereka berpendapat bahwa ini adalah ide buruk karena dengan mencari foto di Google Images harus terlebih dahulu mengklik link situsnya untuk mendownload sebuah gambar.

Kemudian ada juga yang berpendapat bahwasanya langkah yang diambil oleh Google sangat merugikan penggunanya dan mereka menyukai Google Image Search dikarenakan adanya fitur View.

Apakah ini suatu tindakan ceroboh dari Google? Mungkin perusahaan penyedia layanan teknologi tersebut mengambil langkah yang tepat karena mereka tidak ingin di cap sebagai pihak yang tidak memperhatikan lisensi gambar.

Disamping keputusannya itu terselip kekecewaan dari pengguna layanannya. Pastinya Google sudah melakukan hal itu dengan memikirkannya secara matang-matang.

Cara Memunculkan Kembali Fitur View Image di Google

Sebenarnya tanpa Fitur View Image di pencarian gambar Google, pengguna masih bisa mengakalinya dengan klik kanan pada gambar kemudian klik open image in new tab.

Dengan begitu, pengguna akan langsung bisa melihat gambar tanpa harus menuju ke situsnya terlebih dulu.

Seperti contoh gambar dibawah ini

Fitur view image yang dihilangkan

Tapi, sekarang ada cara yang paling mudah untuk memunculkan Fitur view image yang sengaja dihilangkan oleh Google.

Pengguna bisa memanfaatkan View Image extention, yang bisa di unduh pada Chrome webstore. Setelah extention di instal dan browser Google Chrome di refresh, maka fitur view image yang hilang akan kembali lagi,

Seperti gambar dibawah ini:

Nah, sangat mudah sekali bukan untuk memunculkan fitur view image yang sudah dengan sengaja dihilangkan oleh pihak Google? Kamu bisa mencobanya. 😀


Loading...

Bagikan

Taufiq Qurahman

Penulis

Berbagi pengetahuan melalui sebuah tulisan

Komentar

    Kivanger

    Kivanger

    ( - 00:31)

    Baru sadar ternyata fitur View Image hilang, hehehe. Makasih infonya gan tetapi ada satu nich yang ane masih bingung tolong dijawab yah gan. Mengenai Image extention, setelah ane cari di webstore ternyata banyak rupa. Nah yang harus dipakai yang mana? soalnya ane malas harus instal dan unistal untuk dicoba satu persatunya gan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *