Cara Menaikkan Omset Dari Toko Online

Toko Onlinemu Sepi? Nih Cobain Cara Menaikkan Omset Dari Toko Online

Cara Menaikkan Omset Dari Toko Online – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kita mungkin sudah tau bahwa yang namanya toko online merupakan sebuah media atau sebuah teknologi yang menurut saya sangat bagus untuk para pedagang. Karena dengan mempunyai toko online membuat dagangan kita menjadi terkenal di seluruh dunia bahwa memungkinkan kita dapat memiliki pelanggan setia dari luar negeri.

Untuk membuat toko online sendiri kamu dapat membuatnya menggunakan website sendiri atau hasil join dari perusahaan teknolog yang lain, namun dari yang saya lihat kebanyakan menggunakan website sendiri ketimbang join dari perusahaan lain.

Sedangkan biaya untuk membuat toko online sendiri menurut saya relatif tergantung kebutuhan hosting atau server yang kamu punya. Namun menurut pengetahuan yang saya tau, apabila toko online kamu masih baru, maka sebaiknya gunakan hosting yang spesifikasinnya rendah dulu saja, nanti saat toko online kamu sudah mulai ramai baru kamu bisa upgrade hosting ke spesifikasi yang lebih besar.

“Namun kalau toko online saya masih sepi terus?” Nah itulah kenapa saya membuat artikel ini. Di artikel ini akan mengulas tentang berbagai macam Cara Menaikkan Omset Dari Toko Online. Cara yang saya paparkan di postingan ini mungkin tidak terlalu banyak, namun mungkin apabila kamu praktekkan dengan sungguh-sungguh, maka kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan, Insya Allah.

Lalu Bagaimana Cara Menaikkan Omset Dari Toko Online Dengan Mudah?

Cara Menaikkan Omset Dari Toko Online

Seperti yang saya katakan tadi, mungkin ada banyak cara yang bisa ditempuh, namun ingat gunakan cara yang halal saja atau cara yang legal (yang mematuhi aturan agama Islam dan negara), sehingga nanti rejekinya berkah, Insya Allah. Nah ada beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk membuat toko online milik kamu menjadi laris manis, Insya Allah.

1. Menggunakan Template atau Tampilan yang Cepat dan Enak Di Mata

Cara menaikkan omset dari toko online yang pertama adalah dengan menggunakan template atau tampilan yang enak dipandang serta juga cepat untuk di load di browser.

Dan Alhamdulilah sekarang sudah banyak kok penyedia template atau theme yang bisa kamu pakai secara gratis maupun berbayar. Namun ingat, setidaknya kamu lihat dulu lisensi dari template atau theme yang hendak kamu download tersebut, jangan sampai lisensi tersebut tidak memperbolehkan kamu untuk menggunakannya secara komersial malah kamu menggunakannya untuk komersial. Maka dari itu setidaknya kamu perlu berhati-hati dalam urusan internet, yang namanya hak cipta mungkin takkan bisa lepas dari hal-hal yang berkaitan dengan internet.

Loading...

Kemudian kenapa sih toko online perlu menggunakan template atau theme yang fast load? Ada beberapa alasan mengapa saya menganggap theme atau template yang fast load perlu untuk digunakan di setiap toko online, yakni sebagai berikut:

  1. Untuk menunjang kepuasan dari para user yang mengunjungi website kamu, karena bayangkan saja apabila kamu mengunjungi suatu situs, padahal internet kamu cepetnya minta ampun tapi untuk membuka website tersebut saja butuh waktu 1 jam, maka dari itu diperlukan template atau theme yang fast load.
  2. Agar disukai oleh Google. Dari yang saya tau, dengan menggunakan template atau theme yang fast load membuat Google semakin suka dengan situs tersebut, jadi ini merupakan faktor penunjang SEO.
  3. Mendapatkan feedback positif dari para pelanggan sehingga dapat membuat toko online milik kamu menjadi terpercaya.

Kemudian ada juga beberapa alasan mengapa saya menganggap template atau theme yang fast load itu diperlukan untuk setiap toko online. Yakni sebagai berikut.

  1. Membuat toko online menjadi profesional,
  2. membuat para pengunjung betah di website tersebut,
  3. menjadikan toko online mendapatkan feedback positif dari para pelanggan.

Namun begitulah, untuk mendapatkan theme yang mungkin super mantap, kamu mungkin perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. “Lalu dimana membelinya?” Tenang, kamu bisa cari-cari di internet tentang berbagai macam template atau theme yang mantap dengna harga yang murah. Namun salah satu penyedia template yang menurut saya bagus adalah Themelate, kamu bisa coba membeli template di sana dan melihat fitur-fitur template yang ditawarkan olehnya.

2. Menyediakan Fitur Testimonial

Cara Menaikkan Omset Dari Toko Online bisa melalui melalui testimonial. Kepercayaan merupakan suatu hal yang mungkin harus diperjuangkan. Nah salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan adalah testimonial.

“Apa itu testimonial?”

Testimonial menurut saya adalah suatu catatan atau pengalaman para pelanggan setelah membeli suatu produk pada suatu penjual. Contoh:

Kamu mempunyai toko batik dengan pembeli yang sangat banyak. Pembeli tersebut selalu mengatakan hal-hal positif kepada orang lain selepas membeli di toko kamu, maka apa yang terjadi setelah itu? Mungkin orang-orang yang mendengar perkataan para pelanggan kamu tersebut akan merasa aman dan nyaman saat membeli batik di toko kamu.

Nah maka dari itu kamu membutuhkan testimonial. Cara untuk mendapatkan testimonial yang positif dari para pembeli sendiri menurut saya cukup mudah, yakni mungkin ada dua cara, yaitu:

  1. Memberikan layanan yang bagus,
  2. menyediakan formulir untuk mengisi testimonial.

Apabila pelanggan sudah merasakan bagaimana aman dan nyamannya berbelanja di toko online kamu kemudian kamu menyuruh atau meminta tolong kepada pelanggan tersebut untuk mengisi testimonial, maka kemungkinan besar pelanggan tersebut dengan senang hati untuk memberikan testimonial positif kepada toko online kamu.

Nah maka dari itu pada bagian ini masih ada kaitannya dengan bagian yang ke satu dimana kamu juga harus mencari template atau theme yang menyediakan fitur testimonial tersebut.

3. Promosi

Cara Menaikkan Omset Dari Toko Online

Cara menaikkan omset dari toko online dengan melakukan promosi. Promosi merupakan faktor yang juga penting untuk kemajuan toko online kamu. Dengan melakukan promosi, toko online kamu memungkinkan dikenal oleh banyak orang di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Lalu bagaimana cara promosi? Ada beberapa cara promosi yang saya rekomendasikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Beriklan di website yang sudah terkenal,
  2. berikan di media sosial,
  3. share ke media sosial,
  4. mengadakan lomba untuk mempromosikan toko online kamu,
  5. membuat produk-produk gratis yang dibagikan kepada pelanggan untuk mempromosikan toko online kamu.

Baca : Jasa Review Produk Online Terpercaya Berkualitas Dan Pasti Laris

Dan mungkin ada cara yang lebih banyak lagi selain 5 cara diatas, intinya gunakan cara yang legal dan sah ya kawan. Namun ada juga beberapa cara promosi yang tidak saya rekomendasikan, yakni adalah spam.

Anda tau spam itu apa? Spam yang saya tau merupakan sebuah cara licik dimana pelaku spam biasanya melakukan semacam bom kepada si target. Baik mungkin masih kurang paham, saya berikan contohnya saja.

Kamu mempunyai sebuah website yang memiliki kualitas tinggi. Suatu hari ada orang tak dikenal berkomentar di website kamu tersebut (di salah satu artikel yang ada di websitemu), namun anehnya orang tersebut berkomentar bukan hanya satu kali, namun dia berkomentar dengan berkali-kali di website kamu dengan teks komentar yang sama persis dan komentar tersebut seakan-akan sedang melakukan promosi terhadap toko onlinenya, maka orang tersebut mungkin bisa dikategorikan sebagai pelaku spam.

Nah sekarang coba kamu hindar teknik semacam itu agar nantinya toko online kamu tidak menjadi buruk dimata orang-orang.

4. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Cara menaikkan omset dari toko online dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan toko online kamu. Karena dengan menaikkan kualitas pelayanan juga dapat memungkinakn toko online kamu mendapatkan feedback positif dari para pembeli. Lalu seperti apa sih cara meningkatkan pelayanan tersebut? Menurut saya ada beberapa cara, yaitu:

  1. Meningkatkan fitur website, yakni seperti fitur live chat, dan yang lain,
  2. memberikan navigasi yang bagus di website, sehingga para calon pembeli dapat dengan mudah memilih produk kamu,
  3. meningkatkan kecepatan respon untuk para calon pembeli, kamu bisa memperkerjakan orang-orang disekitar kamu untuk menjadi customer support,
  4. menggunakan bahasa yang ramah dan santun saat melayani para customer entah itu di email atau pun di live chat.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu live chat? Baik, saya asumsikan bahwa para pembaca artikel ini semuanya sudah mempunyai media sosial.

Saya beranggapan bahwa para pembaca sudah menikmati layanan pesan di media sosial tersebut, dimana saat kamu mengirim pesan kepada teman kamu maka teman kamu bisa langsung melihat pesan tersebut dan dapat langsung menjawab pesan tersebut, begitulah kira-kira, jadi live chat itu hampir sama dengan sistem pesan di media sosial.

Namun di sini pelakunya bukan kamu dengan teman kamu, melainkan kamu dengan para pelanggan.

Dan mungkin kamu bertanya-tanya, “bagaimana saya bisa memasang fitur live chat di toko online saya?” Tenang, sekarang ada banyak layanan live chat yang bisa kamu gunakan, silahkan cari saja di internet ya.

5. Tingkatkan Kualitas SEO Toko Online Kamu

Cara menaikkan omset dari toko online yang paling penting adalah dengan meningkatkan kualitas SEO di toko online kamu. SEO merupakan kependekkan dari Search Engine Optimization yang merupakan suatu hal yang penting untuk mengembangkan suatu website agar website tersebut dapat disukai oleh mesin pencari yang terkenal saat ini.

Namun yang perlu kamu ketahui sebelumnya adalah, untuk meningkatkan kualitas SEO ini memerlukan waktu yang tidak sebentar, karena membutuhkan proses. Penulis sendiri pernah berdialog dengan ahli SEO yang memang orang tersebut membuka jasa optimasi SEO, katanya mengoptimasi keyword saja membutuhkan waktu 3 bulan lamanya, katanya kalau tidak salah itu semua tergantung keyword yang di incar, misal keyword tersebut mempunyai persaingan yang banyak maka mungkin semakin lama waktu optimasinya.

Untuk meningkatkan kualitas SEO toko online kamu juga membutuhkan tenaga dan biaya yang tidak sedikit, maka dari itu mungkin kebanyakan praktisi toko online menggunakan jasa SEO untuk mengoptimasi SEO toko onlinenya, sehingga nantinya si pemilik toko online dapat fokus melayani para pembeli tanpa pusing masalah SEO pada toko onlinya.

Namun sayangnya, jasa SEO itu relatif mahal. Entah kenapa relatif mahal, mungkin karena waktu yang lama untuk optimasinya atau mungkin karena persaingan yang sangat banyak, mengingat mungkin para praktisi SEO sekarang sudah mulai membuka usaha jasa SEO.

Namun begitulah, dengan meningkatkan SEO pada toko online kamu, memungkinkan orang banyak dapat mengunjungi toko online kamu dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk di toko online kamu. Karena dengan meningkatkan SEO membuat toko online kamu menjadi berada di posisi teratas di pencarian suatu keyword yang ditargetkan.

6. Sering Melakukan Diskon

Cara Menaikkan Omset Dari Toko Online bisa diusahakan dengan sering melakukan diskon pada setiap produk toko online kamu. Ingat, gunakan diskon yang wajar saja, dan ingat pula selalu mengedepankan kejujuran dalam berdagang sehingga hal tersebut menjadi nilai tambah untuk meningkatkan omset dari toko online kamu. Maka dari itu cobalah untuk berani sering melakukan diskon di setiap produk kamu.

Hal ini dimaksudkan agar orang lain merasa senang belanja di toko online kamu karena di toko online kamu nggak pelit untuk melakukan diskon.

Rekemendasi lain : 8 Formula Sukses Jualan Online Praktis Dan Laris

Penutup

Nah jadi bagaimana menurut kamu? Sudah tertarik untuk membuat toko online dan mengembangkannya?

Saran saya lakukanlah hal-hal diatas dengna pelan-pelan dan pasti sehingga nantinya tertarget. Dan lakukan semua itu hanya karena ibadah kepada Allah.

Baik saya kira sekian informasi di artikel cara menaikkan omset dari toko online ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu agar dapat membuat toko online kamu menjadi lebih maju. Sekian dari saya dan terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Loading...

Bagikan

Abdullah

Penulis

Hanya seorang muslim biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *