Internet

Cara Menambahkan Font di Aplikasi PixelLab Android

Kemampuan desain grafis tidak dimiliki oleh semua orang mengingat kemampuan yang satu ini hanya bisa didapatkan melalui proses belajar yang ekstra keras, baik itu melalui kursus maupun otodidak. Belajar desain grafis juga terasa semakin sulit ketika kita harus menggunakan CorelDraw maupun PhotoShop yang proses pembelajarannya memang sangat rumit.

Namun untungnya, di era saat ini sudah ada banyak aplikasi desain grafis yang bisa kita gunakan seperti PixelLab. Aplikasi PixelLab sendiri bisa dipasang di ponsel Android yang kita miliki sehingga pembelajaran bisa dilakukan via ponsel. Pada pembahasan kali ini, kita juga akan membahas salah satu trik yang ada di PixelLab, yakni trik bagaimana caranya menambahkan font di aplikasi tersebut.

Font, Elemen Penting Bagi Desainer

Keberadaan font tidak bisa dianggap sepele, karena tanpa adanya font, sebuah desain akan terlihat tidak menarik meskipun elemen lainnya sudah sangat bagus. Belajar memadupadankan font pada sebuah desain juga merupakan tahapan dasar dari belajar desain grafis, jadi elemen yang satu ini memang tidak bisa disepelekan.

Adapun untuk mencari font yang bagus, Anda bisa mencarinya di beberapa situs seperti Pixel Surplus, 1001 Fonts, FontSpace, dan juga DaFont. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan memasang DaFont di aplikasi PixelLab. Untuk langkah-langkahnya, silakan simak tutorial di bawah ini.

Tutorial

1. Silakan buka Google Chrome, kemudian kunjungi situs dafont.com. Pilih font yang ingin digunakan dengan cara mengetuk download.

2. Jika proses download sudah selesai, silakan buka pengelola atau manajer file, dan pilih pada bagian download.

3. Ketuk file, kemudian pilih ekstrak.

4. Setelah font sudah berhasil diekstrak, langkah selanjutnya adalah kita buka aplikasi PixelLab dengan mengetuk ikon huruf dan pilih font.

5. Pilih My Fonts, kemudian pilih ikon font dengan tanda plus. Cari font di folder download, kemudian centang dan tambahkan.

6. Font berhasil dipasang, dan sudah bisa digunakan.

pixellab 1

Apabila kamu ingin mengunduh font dari situs lain seperti Pixel Surplus, kurang lebih caranya sama seperti yang sudah dipraktikkan pada tutorial di atas. Dengan mengetahui cara mengubah font, maka sekarang proses pembuatan desain pun akan lebih menyenangkan karena akan ada banyak jenis font yang bisa memperindah desain buatan Anda.

Meski saat ini website penyedia font ada banyak, kita selaku desainer harus tetap memperhatikan lisensi yang tertera pada font yang kita unduh, yakni apakah font digunakan untuk non komersil, komersil, penggunaan pribadi, atau 100 persen bebas untuk digunakan.

Video Tutorial:


Loading...

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close