cara menangkal stress

10 Cara Menangkal Stress Bagi Kalangan Blogger

Sebelumnya saya ingin berterimakasih kepada anda semua, terutama untuk teman-teman blogger yang sudah bersedia membaca artikel mengenai cara menangkal stress bagi para blogger ini.

Alasan saya membuat artikel seperti ini, tak lain dan tak bukan karena banyak sekali saya menemukan blogger yang memutuskan untuk pensiun dini, hanya karena pusing dan stress dalam mengelola blognya.

Apa yang penyebab pusing dan stress bagi kalangan blogger?

Lah, nangkring depan komputer saja kok bisa pusing . . .

Piye toh mas ?

Mereka yang bukan berasal dari kalangan blogger, biasanya akan langsung menilai bahwa kita adalah orang yang malas (Lah duduk depan laptop aja bisa pusing). Padahal kegiatan blogging tidaklah sesimple yang mereka pikirkan. Ada banyak sekali hal-hal yang mampu memicu stress bagi mereka yang berprofesi sebagai blogger.

Faktor pertama adalah Tulisan.

Tulisan menjadi hal pertama yang dapat membuat seorang blogger menjadi stres. Biasanya mereka akan kebingungan dalam menyusun tulisan-tulisan yang akan diterbitkan pada alamat blog mereka. Entah itu pusing dalam menentukan tema, judul, isi tulisan, dsb.

Faktor kedua yakni Pengunjung (Visitor)

Loading...

Tulisan sudah rampung, diterbitkan juga sudah. Tapi, jika tidak pengunjung siapa yang mau membaca tulisan saya, bagaimana blog saya akan terkenal dan menghasilkan uang kalau begini terus. Padahal kalau ditanya mengenai promosi, rasanya saya sudah giat melakukan promosi dengan cara yang dianjurkan.

Bahkan bukan hanya dua itu saja, sebenarnya masih banyak lagi faktor lain yang dapat menyebabkan seorang blogger menjadi stress dan akhirnya memilih pensiun (karena merasa tidak mengalami perkembangan).

Lalu apa yang harus dilakukan agar tidak mengalami stress dalam mengelola blog yang kita miliki?

Kuncinya adalah SABAR . . .

Bagaimana mungkin blog yang anda asuh dapat berkembang dan menghasilkan uang, jika andanya sendiri tidak sabaran dalam mengelola dan menjalankan blog tersebut.

Tidakan tidak sabaran mungkin dapat dicerminkan dari penggunaan software-software blackHat yang sebenarnya tidak ada gunanya dan berpotensi merusak. Atau dengan melakukan copy paste tulisan orang lain, dan menjalankan teknik berpromosi yang salah(Promosi Spam ) yang harapannya agar blog ramai pegunjung, eh malah alamat di blacklist oleh pengguna internet dan mesin pencari(Masuk sandbox).

Teruslah berkarya, teruslah menulis meskipun pada saat itu blog sedang minim kunjungan. Sikap pantang menyerah ini pasti akan membuahkan hasil yang manis di kemudian hari. Ingat: tidak ada yang instan di dunia ini.

Baca Juga : 12 Cara Ampuh Menghasilkan Uang dari Blog

Saya juga telah merangkum beberapa cara menangkal stress, yang fungsinya agar kalian mengetahui apa-apa saja yang dapat dilakukan saat sedang mengalami pusing atau stress karena mengelola blog. Dan cara menangkal stress ini sudah terbukti untuk saya sendiri dalam mengelola banyak blog pribadi, dan menulis di blog milik rekan blogger lainnya.

10 cara menangkal stress Bagi Kalangan Blogger

cara menangkal stress bagi kalangan blogger
Upset via https://pixabay.com

1# Cobalah rileks dan tidak terburu-buru menerbitkan artikel

Menerbitkan artikel secara terus menerus pada hari yang sama bukanlah perkara rumit jika anda merupakan penulis profesional. Tetapi untuk anda yang masih pemula dalam dunia blogger dan tulis menulis, tentu saja kegiatan ini akan sangat menguras otak dan pemikiran anda.

Pastinya kita semua tahu bahwa kegiatan yang menguras pikiran, apabila dilakukan secara terus-menerus dan terkesan dipaksakan maka akan berpotensi menimbulkan stress, atau sekurangnya kepala anda akan terasa pusing. Padahalnya menerbitkan artikel secara berlebihan tidak hanya merugikan karena menguras otak dan pemikiran, tetapi akan merugikan juga apabila blog dianggap melakukan tindakan spam oleh mesin pencari.

Oleh karena itu, dalam menulis dan menerbitkan artikel blog sangat disarankan untuk tidak terlalu berlebihan (Kejar setoran). Menulis dan menerbitkan satu buah artikel perhari saja sebenarnya sudah cukup untuk perkembangan blog. Rileks saja, sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, ya kan.

2# Kenali potensi dirimu yang sesungguhnya

Kenali potensi dirimu
Girl via https://pixabay.com

Selanjutnya dalam cara menangkal stress bagi kalangan blogger, yakni dengan mengenali apa sebenarnya yang menjadi kemampuan diri anda sendiri. Lebih spesifik lagi yang dimaksud dengan potensi diri, yakni berkaitan dengan pemilihan topik atau niche pada blog yang anda kelola.  Banyak sekali saya temukan blogger-blogger muda yang memilih topiknya berdasarkan trend, atau ikut-ikutan. Biasanya alasan mereka memilih topik berdasarkan tren, tidak lain dan tidak bukan dikarenakan iming-iming penghasilan Adsense yang akan didapatkan (Tarif per klik naik, apabila topik sering dicari).

Sebenarnya sah-sah saja apabila anda telah menguasai topik tersebut. Tetapi jika anda belum menguasai topik yang anda pakai, tentu saja ini akan menghambat laju perkembangan blog yang anda kelola. Karena anda tidak menguasai topik tersebut, maka anda akan lebih sulit dalam menyusun dan menulis artikel-artikel baru. Pada akhirnya, ketidak tahuan akan topik ini hanya akan membuat anda malas dan putus asa dalam mengelola blog tersebut.

Maka dari itu, pilihlah topik yang benar-benar sesuai dengan minat dan potensi diri kalian. Apabila anda senang malawak, mungkin mengelola blog dengan topik humor akan lebih mudah anda jalankan ketimbang mengelola blog dengan topik kesehatan. Dan topik yang telah dikuasai ini juga akan membuat anda tidak akan kehabisan ide dalam menulis artikel baru.

3# Bedakan antara waktu menulis dan waktu berpromosi

Atur waktu menulis dan promosi
watches via https://pixabay.com

Poin ini biasanya akan dianggap remeh oleh sebagian besar blogger. Mereka akan menyangkal dengan anggapan bahwa menulis dan berpromosi dapat dilakukan dalam satu waktu. Hal tersebut ada benarnya juga, tapi . . .

Ada seorang blogger yang selalu menulis, menulis, dan menulis tanpa pernah melakukan promosi.

Ada juga seorang blogger yang selalu mempromosikan blognya sana sini, namun tidak pernah menulis artikel.

Blog manakah yang akan lebih dahulu terkenal dan menghasilkan uang. . . ?

Dari perumpamaan di atas, saya rasa tidak satupun blog akan mendahului yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan blog yang satu memiliki banyak konten tetapi kekurangan pengunjung, sedangkan satunya lagi memiliki pengunjung namun tidak memiliki konten untuk dibaca. Bahkan hal kecil seperti ini, biasanya dapat menyebabkan anda sebagai pengelola blog akan dilanda stress karena blog tidak kunjung menghasilkan.

Solusinya bagaimana . . . . .   ??

Tentu dengan menyusun jadwal antara menulis dan berpromosi. Jadi, misalkan anda telah menghabiskan waktu 3 hari untuk menulis artikel baru, maka gunakanlah 4 harinya lagi untuk mempromosikan blog anda. Semuanya itu haruslah tersusun agar anda dapat merasa dimudah dalam mengelola blog yang anda miliki.

4# Gunakan waktu luang untuk membaca dan mencari refrensi

mencari refrensi untuk mengurangi stress
Mirroring via https://pixabay.com

Dikarenakan menyusun konten merupakan salah-satu penyebab pusingnya seorang blogger dalam mengelola blognya. Maka cara menangkal stress dalam mengelola blog yang selanjutnya, yakni dengan membaca untuk dipergunakan sebagai bahan refrensi dalam menulis artikel-artikel baru.

Aneh memang apabila seorang blogger malas membaca, tetapi sejauh ini saya belum menemukan blogger yang malas membaca. Hanya mungkin mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membaca, ya karena mereka sangat sibuk menulis. Padahal dengan membaca, terutama untuk bacaan yang memiliki topik mirip dengan blog yang dikelola, tentu saja akan membantu dalam menulis dan mempublikasi artikel-artikel baru untuk blog anda.

Refrensi sangat diperlukan, terutama untuk anda yang sedang “Buntu” dalam memikirkan artikel apa selanjutnya yang akan diterbitkan. Bahkan, refrensi mengenai pasar dan perdagangan, akan sangat membantu untuk anda yang membuat blog sebagai tempat berjualan (Online shop). Sehingga saat anda merasa mudah dalam memikirkan artikel atau mudah dalam mencari konsumen online shop, tentu saja anda tidak akan merasa pusing, apalagi sampai stress dikarenakan mengelola blog.

5# Bergabunglah dengan komunitas-komunitas blogger

bergabung dengan komunitas sesama blogger
Ostriches via https://pixabay.com

Apa anda termasuk tipe blogger yang bekerja sendiri. Wah . . jika iya, maka saatnya untuk berubah.

Manusia merupakan makhluk sosial, dan jika anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger maka jika anda memilih untuk menjadi blogger yang inividual itu merupakan kesalahan besar.

Coba dibayangkan saja, jika anda memutuskan untuk menjadi blogger individual dan apabila hal buruk menimpa blog anda, ya seperti kerusakan template atau kode-kode yang tidak anda mengerti, maka siapa yang mau membantu anda dalam memecahkan masalah tersebut. Anda akan berusaha menyelesaikannya sendiri, sehingga jika anda tidak mampu menyelesaikannya, maka anda akan dibuat pusing dan stress karena masalah tersebut.

Bandingkan saja jika anda bergabung dengan komunitas, atau grup dan fanspage komunitas blogger. Apabila ada kesulitan yang membuat anda pusing, maka anda hanya perlu menanyakannya saja dan bantuanpun akan segera datang dari anggota komunitas tersebut. Atau, jika anda bergabung dengan komunitas blogger di daerah tempat anda tinggal, mungkin saja akan ada acara Kopdar dan sosialisai lainnya yang mampu membuat pikiran terasa ringan, dan juga mempererat jaringan silaturahmi blogger anda.

6# Cobalah mencari atau membuka lowongan penulis bayaran

pekerjakan orang lain untuk mengelola blog anda
Entrepreneur via https://pixabay.com

Selanjutnya yang menjadi cara menangkal stress bagi kalangan blogger, yakni dengan mencoba untuk mempekerjakan orang lain untuk menulis di blog yang anda kelola.

Hal ini sangat ampuh, terutama untuk anda yang sering kali merasa stress dan pusing dalam menyusun artikel-artikel baru pada blog yang dikelola. Terlebih lagi, untuk blog yang memiliki banyak pengunjung sehingga menuntut kekayaan konten pada blog yang anda kelola.

Membuka lowongan penulis artikel ini sangat berguna untuk memperkaya konten, tanpa perlu pusing memikirkan bahan tulisan. Jika anda memutuskan untuk menggunakan jasa penulis bayaran, maka tugas anda tinggal merevisi artikel-artikel yang telah dikirimkan. Ada banyak sekali situs luar negri, maupun dalam negri yang menggunakan penulis bayaran untuk blog yang mereka kelola, dan blog tersebut terbukti sudah sangat terkenal dan cukup menghasilkan banyak uang untuk pemiliknya.

7# Fokus pada satu sumber penghasilan

fokuslah pada satu sumber penghasilan
Euro via https://pixabay.com

Anda mungkin merupakan salah satu orang yang dilanda stress akibat blog yang dikelola tidak kunjung menghasilkan uang untuk anda. Sudah bertahun-tahun mengelola blog, tetapi tidak sepeserpun pernah menghasilkan uang dari internet. Weleh-weleh. .

Jika hal tersebut terjadi kepada anda, cobalah untuk melihat kegiatan anda selama megelola blog tersebut. Apakah konten yang anda berikan sudah benar-benar berkualitas, apakah pengunjung blog anda sudah cukup banyak. Jika semua sudah terpenuhi namun anda belum juga menghasilkan uang dari blog tersebut, maka kemungkinan besar hal tersebut dikarenakan anda tidak konsisten pada sumber penghasilan anda.

Maksudnya seperti ini . . .

Anda pernah mendaftrarkan blog ke program Adsense, namun dalam sebulan anda merasa tidak ada perkembangan jumlah pemasukan. Lalu anda memutuskan untuk memasang iklan mandiri saja, namun karena tidak ada yang beriklan atau merasa keuntungan yang didapatkan terlalu sedikit, maka anda memutuskan untuk beralih ke program-perogram penghasil uang lainnya.

Mulailah untuk konsisten. .

Bukan hanya konsisten memberikan konten-konten berkualitas, tetapi konsitenlah juga dengan sumber penghasil uang yang anda inginkan. Jadi apabila anda menginginkan untuk mendapatkan uang dari Adsense, maka konsistenlah dengan Adsense. Anda harus membuktikan bahwa dalam sebulan anda tidk mendapatkan hasil memuaskan, tetapi dalam bulan berikutnya harus ada peningkatan. Ingat : Konsisten pada satu hal, karena dengan konsiten dengan satu hal saja, maka anda akan tahu dan mengerti seluruh celah dalam program tersebut, dengan begitu anda akan cepat menghasilkan uang. Hal berbeda jika anda mencoba semua layanan penghasil uang dari blog, dan terkesan seperti kodok yang loncat sana, loncat sini tidak jelas arahnya kemana.

8# Jangan iri dengan blog orang, sekarang adalah giliran anda

Jangan iri dengan kesuksesan blog orang lain
Air show via https://pixabay.com

Sering sekali melihat blog orang lain yang telah sukses menyebabkan iri yang terlalu berlebihan. Bukannya berusaha untuk menyaingi kesuksesan mereka, anda justru berpasrah dan merasa blog tidak akan berkembang seperti blog mereka.

Atau karena saking irinya anda terhadap blog tetangga, anda malah memutuskan untuk menduplikat isi blog mereka (Meniru topik yang digunakan, template, dan gaya bahasa). Karena kegiatan menduplikat tersebut pula, anda jadi tidak konsisten untuk memberikan hal baru pada blog yang anda kelola, bahkan anda sampai lupa bahwa anda memiliki ciri khas tersendiri yang tidak mereka miliki.

Ayo bangkit !!!

Tinggalkan kebiasaan lama dengan mengikuti blog orang yang sudah sukses. Mungkin masih diperbolehkan untuk menjadikan mereka sebagai acuan agar berkembang, tetapi sangat tidak perlu menduplikat sampai benar-benar mirip. Hal tersebut malah akan membuat anda stress sendiri, apabila nantinya kegiatan menduplikat tersebut tidak ada hasilnya dalam blog yang anda miliki.

Maka dari itu, buatlah blog yang berbeda dari blog lain untuk memikat pengunjung. Membuat blog berbeda bisa dilakukan dengan membuat konten yang lebih berkualitas, isi konten yang lebih lengkap, gaya penulisan yang berbeda, dan lain sebagainya. Dengan begitu anda juga akan merasa tenang dan santai dalam mengurus blog yang anda miliki.

9# Nikmati alur kesuksesan blog anda

nikmati alur kesuksesan blog anda
Bussines via https://pixabay.com

Selanjutnya yang menjadi cara menangkal stress bagi kalangan blogger ialah dengan menikmati alur menuju kesuksesan blog yang anda kelola.

Seorang yang tidak sabaran biasanya selalu ingin sukses secara instan, selalu ingin blog yang dikelolanya cepat-cepat terkenal, ingin blog yang dikelolanya langsung “tertiban” pengunjung.

Itu semua hanya KHAYALAN.

Tidak ada kesuksesan yang diraih secara instan, jangan terlalu berkhayal jika tidak mau berakhir stress. Jika anda menginginkan sukses dengan blog yang anda kelola, maka fokuslah, konsistenlah, dan nikmatilah kegiatan tersebut sampai anda berhasil mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Blog yang sudah terkenal saja membutuhkan waktu sekitaran 2 tahun atau lebih untuk menghasilkan uang yang masih terbilang sedikit jumlahnya, apalagi anda yang masih merintis karir.

Nikmati saja kegiatan dari anda membuat blog, mengisi blog tersebut dengan konten-konten berkualitas dan melakukan promosi(Mungkin 5 bulan s/d 1 tahun), sampai akhirnya blog yang anda kelola mampu menghasilkan uang untuk anda. Sabar dan nikmati saja proses tersebut.

Ingat juga, semakin hari semakin banyak jumlah orang yang tertarik untuk menjadi blogger. Dengan bertambahnya jumlah blogger, terutama yang blogger yang berasal dari Indonesia, maka persaingan anda akan semakin ketat. Maka dari itu, yang unik dan berbeda sajalah yang akan memenangkan persaingan ini.

10# Jangan lupa liburan untuk sekedar refreshing dan menenangkan pikiran

Liburan untuk mencegah stress bagi kalangan blogger
Summer via https://pixabay.com

Hal terakhir yang akan saya sampaikan mengenai cara menangkal stress bagi kalangan blogger, yakni dengan melakukan kegiatan liburan atau jalan-jalan agar pikiran menjadi lebih tenang.

Tentu sudah berapa lama waktu yang anda habiskan untuk berkutat di depan layar monitor untuk mengelola blog. Mengambil liburan bersama keluarga, teman, atau siapa saja mungkin dapat membuat anda dapat berpikiran lebih segar dan baik lagi. Selain itu, saat melakukan liburan tentu saja anda akan menemukan berbagai macam kejadian-kejadian yang dapat menginspirasi anda (Terutama untuk blog bertopik wisata).

Baca Juga : Belajar Menulis Artikel SEO yang Disukai Pengunjung

Di atas merupakan artikel saya mengenai cara menangkal stress bagi kalangan blogger. Meskipun terlihat tidak terlalu berpengaruh, namun bila anda sampai stress dan pusing, tentu akan berdapak buruk bagi blog yang dikelola, apalagi bila anda memutuskan untuk pensiun dini dari dunia blog. Maka dari itu dengan mengetahui cara menangkal stress ini, semoga saja dapat membantu anda dalam membangun blog yang berkualitas, dan mempu menghasilkan untuk anda.

Sekian saja artikel saya ini, salam blogger 🙂



Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *