Mencegah Bug Meltdown dan Spectre

Cara Mencegah Bug Meltdown dan Spectre di Android dan iOS

Cara Mencegah Bug Meltdown dan Spectre – Pada awal tahun memasuki 2018, ditemukan bug yang dapat berakibat fatal pada prosesor keluaran Intel, AMD dan ARM yang ternyata bisa membocorkan data yang tersimpan dalam program inti system operasi, dan nama bug tersebut adalah Meltdown dan Spectre.

Kedua bug ini memang berbahaya terutama untuk keamanan data dan privasi perangkat elektronik. Bug Meltdown menyerang perangkat berbasis prosesor Intel, sementara bug Spectre akan menyerang prosesor apapun, baik itu Intel, AMD dan ARM.

Baik bug Meltdown maupun Spectre tidak pandang bulu. Mereka menyerang kernel pada perangkat dengan sistem operasi apa pun yang menggunakan chip Intel, AMD dan ARM, baik Windows, Mac OS, Android, bahkan iOS, semua ikut terdampak.

Adapun Perangkat Android yang umumnya menggunakan prosesor berbasis ARM sangat rentan terserang bug ini, terutama Spectre. Walaupun Google telah mengakali perangkatnya aman, namun mereka pun belum bisa memastikan.

Perangkat yang rentan terinfeksi adalah Cortex A73 yang terdapat pada prosesor flagship Snapdragon 835 dan Snapdragon 810 yang menggunakan Cortex A57.

Cara Mencegah Bug Meltdown dan Spectre di Android

Cara Mencegah Bug Meltdown dan Spectre di Android dan iOS
Sumber: https://thehackernews.com

Meskipun Google telah mengumumkan memasukkan update keamanan di sistem Android pada 5 Januari lalu, namun itu hanya berlaku untuk perangkat Android buatan Google saja, seperti Nexus dan pixel

Untuk perangkat android merek lain, tampaknya harus menunggu sedikit lebih lama sebelum pembaruan software ini dirilis.

Nah, beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan selagi menunggu update keamanan tersebut berlaku di perangkat Anda, untuk mencegah bug Meltdown dan Spectre di Android berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Loading...

1. Selalu Update dan Install Patch Keamanan Terbaru

Langkah paling mudah yang bisa Anda lakukan yakni selalu update smartphone Android dengan patch keamanan terbaru, karena tentu tiap brand smartphone menyediakannya dalam jangka waktu terbatas.

Untuk melakukannya Anda bisa mengakses laman System Update pada menu Settings. Anda juga bisa mengecek ada tidaknya pembaruan pada aplikasi Updater yang tersedia.

2. Hati-Hati Terhadap Aplikasi yang Baru Anda Install

Jika Anda baru saja menginstall aplikasi baru, maka berhati-hatilah. Untuk memastikan keamanannya Anda bisa cek langsung secara resmi pada Google Play Store.

3. Mengganti Perangkat Lawas

Jika saat ini Anda masih menggunakan smartphone Android lawas, ada baiknya untuk segera menggantinya ke perangkat yang lebih baru. Karena beberapa brand juga menghentikan pembaruan terutama pada perangkat terdahulunya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan data dan privasi, karena masih mendapatkan update dan patch keamanan terbaru.

Mencegah Bug Meltdown dan Spectre pada iOS

Bagi Anda pengguna iPhone dan iPad, tidak perlu begitu khawatir mengenai masalah ini karena sudah ditangani sendiri oleh Apple.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari CNET, pada hari Senin, 8 Januari 2017, Apple telah merilis update keamanan Spectre dan Meltdown semenjak update iOS versi 11.2 yang dirilis pada 2 Desember 2017 lalu.

Nah, itulah beberapa Cara Mencegah Bug Meltdown dan Spectre di Android dan iOS. Mudah-mudahan perangkat kita tetap aman dan terhindar dari kedua bug berbahaya ini.



Loading...


Bagikan

Penulis

Berupaya menjadi orang yang bermanfaat khususnya bagi orang tua dan tentunya para pembaca setia Klikmania.Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *