Dunia Internet

8 Cara Mencegah Jerawat Muncul dan Menghilangkan Jerawat yang Ada

Kita tahu bahwa mencegah munculnya jerawat lebih baik daripada mengobati jerawat. Jadi kenapa tidak melakukan cara-cara mudah dan sederhana untuk mencegah timbulnya jerawat? Daripada susah payah mengobati jerawat.

Kita harus telaten dan rutin melakukan perawatan kulit, tapi mudah saja kok, tidak rumit sama sekali. Mencegah jerawat jauh lebih mudah daripada mengobati jerawat, dan kita tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya.

Inilah 8 Cara Sederhana untuk Mencegah Jerawat Muncul

Mencegah Jerawat Muncul

1. Makan makanan sehat setiap hari selalu

Menu makan sehat atau diet sehat selalu berada di posisi teratas untuk mendapatkan kulit sehat dan mulus bebas dari jerawat. Lebih banyak makan sayuran dan buah-buahan segar, serta makanan yang kaya akan zinc dan vitamin.

Perbanyak minum air putih, karena air putih penting untuk membersihkan tubuh dari dalam dan menjaga kelembapan kulit. Pilih sumber karbohidrat kompleks, seperti kentang, ubi, ketela, nasi merah, nasi hitam, jagung, gandum utuh, dsb.

Beberapa jenis makanan yang perlu dihindari untuk mencegah jerawat adalah: makanan tinggi lemak seperti gorengan dan kue dengan banyak mentega, produk susu hewani termasuk keju, serta yogurt yang ditambah pemanis.

Perlu juga menghindari atau paling tidak mengurangi makan makanan yang mengandung banyak gula, serta makanan sumber karbohidrat yang bukan karbohidrat kompleks seperti nasi putih, roti putih, mie tepung, dan pasta.

2. Jaga kebersihan tubuh selalu

Semua orang tahu bahwa kotoran bisa menyebabkan jerawat. Seluruh bagian tubuh perlu dibersihkan untuk mencegah timbulnya jerawat. Maksud saya, benar-benar seluruh bagian tubuh.

Tidak hanya tubuh bagian luar seperti kulit dan rambut, tapi juga organ tubuh bagian dalam seperti usus. Karena usus yang kotor bisa menimbulkan berbagai penyakit, mengganggu proses pencernaan, dan menimbulkan jerawat pada kulit.

Membersihkan tubuh bagian luar tentu saja dengan cara menggosok gigi, mandi dan keramas setiap hari, membersihkan wajah dua kali sehari dengan sabun anti jerawat, lalu melakukan eksfoliasi atau scrubbing paling tidak sebulan satu kali.

Tapi untuk membersihkan organ tubuh bagian dalam, perlu lakukan detoksifikasi tubuh. Bisa dengan cara sulit: menjalani puasa. Atau cara mudah: banyak makan serat dari buah dan sayuran, serta banyak minum air putih setiap hari.

Agar proses detoksifikasi berjalan efektif dan menyeluruh, maka minumlah teh jahe plus madu dan air perasan lemon setiap pagi sebelum makan. Teh jahe ini bisa melancarkan pencernaan serta mengeluarkan kotoran dan racun dari tubuh.

3. Jangan gunakan kosmetik penyebab jerawat

Kosmetik salah satu penyebab utama timbulnya jerawat di wajah. Malas membersihkan wajah sebelum tidur padahal pakai make-up tebal, sudah pasti bisa menyebabkan jerawat.

Banyak pula kosmetik yang mengandung bahan berbahaya untuk kulit, berbahan keras, atau bahan yang bisa menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat muncul. Jadi harus teliti baca komposisi kosmetik sebelum membeli.

Beberapa komposisi kosmetik penyebab jerawat adalah: Acetylated Lanolin, Acetylated Lanolin Alcohol, Algae Extract, Algin, Butyl Stearate, Carrageenan, Cetearyl Alcohol + Ceteareth 20, dan Cocoa Butter.

4. Ganti atau bersihkan alat make-up

Berbagai jenis alat make-up seperti kuas, sponge bedak, pensil alis, sisir, serta semua alat lain yang digunakan untuk merias wajah dan rambut bisa jadi penyebab timbulnya jerawat kalau dibiarkan kotor.

Alat rias make-up bisa menimbun kotoran seperti minyak dari wajah, keringat, sisa kosmetik, dan debu. Tanpa kita sadari, semua kotoran itu akan menempel ke kulit saat kita merias wajah, lalu menyebabkan kulit wajah berjerawat.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan alat make-up

secara teratur agar kulit wajah dan rambut kita juga terjaga kebersihannya. Lebih baik lagi, rutin ganti alat make-up lama dengan yang baru dan bersih secara berkala.

5. Rajin membersihkan sarung bantal, sprei, dan selimut

Kalau merasa sudah membersihkan dan melakukan perawatan wajah dengan baik tapi masih berjerawat juga, maka bisa jadi penyebabnya adalah sarung bantal, sprei dan selimut.

Kain alat tidur itu bisa menyerap keringat dan minyak dari tubuh kita, terkumpul selama beberapa hari lalu menempelkannya kembali ke tubuh kita. Ditambah dengan debu yang menempel, maka bisa dibayangkan betapa kotornya.

Ganti dan bersihkan sarung bantal tiga kali seminggu, cuci seprei seminggu sekali, kemudian cuci selimut paling tidak sebulan sekali adalah cara yang baik untuk menjaga kebersihan tubuh kita agar terjauh dari jerawat.

6. Ganti produk perawatan rambut

Produk perawatan rambut yang sering digunakan di antaranya adalah shampoo, conditioner, hair gel, hair spray, minyak rambut, vitamin rambut, kemudian ada juga yang rutin menggunakan serum dan masker rambut.

Beberapa bahan pada produk perawatan rambut bisa jadi tidak cocok untuk kulit pemakai dan menyebabkan jerawat muncul. Cara untuk tahu apakah produk perawatan rambut yang dipakai mengandung bahan penyebab jerawat adalah:

a) kalau sudah menjaga kebersihan dan melakukan perawatan kulit dengan baik, tapi masih timbul jerawat di kulit kepala, kening dan kulit dekat telinga, maka bisa jadi penyebabnya adalah produk perawatan rambut.

b) cobalah untuk menggunakan produk perawatan rambut dari merek yang berbeda. Kalau setelah ganti produk jerawat hilang, maka memang produk perawatan rambut yang lama adalah penyebab jerawat.

7. Bebaskan diri dari stress

Stress bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti sakit perut hingga penyakit jantung. Dan dalam hal kecantikan, stress adalah penyebab wajah berjerawat, karena stress bisa meningkatkan kadar hormon penyebab jerawat.

Selain itu, saat mengalami stress orang cenderung untuk makan makanan tidak sehat, malas membersihkan diri, dan malas olahraga. Dengan gaya hidup seperti itu, sudah bisa dipastikan jerawat akan terus muncul.

Atasi stress segera, dengan cara jalan-jalan bersama teman, jogging, olahraga, berdansa, baca buku lucu, atau tenangkan diri. Pokoknya lakukan hal positif untuk melepaskan pikiran dari stress.

8. Periksa kadar hormon dalam tubuh

Jerawat bisa jadi adalah tanda bahwa kadar hormon dalam tubuh kita tidak seimbang. Karena kadar hormon yang tidak seimbang (Hormonal Imbalance) adalah salah satu penyebab utama timbulnya jerawat dan paling susah diatasi.

Kalau kadar hormon dalam tubuh tidak seimbang, maka menggunakan produk perawatan kulit pencegah jerawat, menjalani diet ketat, dan memakai pakaian super bersih pun tetap tidak akan bisa menghapus jerawat dari wajah dan tubuh.

Ada suatu kondisi yang disebut sebagai Polycystic Ovarian Symptoms (PCOS), yaitu kondisi kadar hormon tidak seimbang yang muncul saat tubuh wanita mulai memproduksi hormon laki-laki dan tubuh mulai berlaku seperti laki-laki.

Gejala PCOS ditandai dengan jerawat parah, rambut kepala rontok, tumbuh bulu di dada dan pipi, berat badan tiba-tiba naik terutama di sekitar pinggang. Jika mengalami beberapa gejala tersebut, segeralah periksakan diri ke dokter.

 

Jadikan cara-cara sederhana di atas sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari. Lakukan secara rutin supaya bisa mendapatkan kulit yang cantik dan bebas jerawat selamanya. Tidak sulit, kan?


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close