Dunia Internet

9 Cara Mencegah Penuaan Kulit Agar Awet Muda Tanpa Operasi Plastik

Cara Mencegah Penuaan Kulit – Semua orang akan menua, dan saat mencapai usia tertentu, garis halus dan keriput akan muncul. Tapi gaya hidup yang baik bisa memperlambat proses penuaan dan membuat anda terlihat awet muda secara alami.

Pokoknya tanpa operasi plastik. Hanya dengan menjalani gaya hidup sehat setiap hari, penuaan kulit bisa dicegah sejak dini. Dijamin deh anda akan lebih sehat, segar dan tampak lebih muda.

Inilah 9 Cara Mencegah Penuaan Kulit

1. Makan menu sehat setiap hari

Semua orang tahu bahwa makanan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Makanan sehat adalah kunci kecantikan. Kurang gizi bisa menyebabkan tubuh sakit, merusak kecantikan kulit, wajah kusam, rambut rontok, dan kuku rusak.

Anda harus makan makanan sehat setiap hari, khususnya makanan sehat yang mengandung phytonutrients, vitamin, dan mineral. Perbanyak makan buah dan sayuran, terutama sayuran hijau yang banyak mengandung antioksidan.

Minum 8 gelas air tiap air supaya pencernaan lancar dan tubuh tidak dehidrasi. Lalu rutin minum teh, terutama teh hijau untuk detoksifikasi tubuh. Teh hijau juga punya banyak antioksidan yang bisa mengatasi radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan mencegah penuaan kulit.

Kurangi asupan garam karena garam bisa membuat kulit kering. Kurangi makan gula karena gula bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit. Dan kurangi makanan atau minuman yang mengandung kafein karena tidak baik untuk kesehatan.

Baca disini16 Makanan Anti Penuaan untuk Tubuh Bugar dan Awet Muda

2. Harus gunakan SPF sebelum keluar rumah

Penelitian menunjukkan bahwa 90% penuaan kulit disebabkan oleh paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari memberi pengaruh terburuk pada kulit dan kerusakan kulitnya terjadi secara kumulatif.

Artinya, bisa jadi beberapa hari pertama bintik hitam akibat sinar matahari tidak akan terlihat, tapi akan terlihat sangat jelas dan parah setelah beberapa minggu kemudian. Padahal bintik hitam yang terlihat dengan jelas sulit untuk dihilangkan.

Mereka yang rutin menggunakan sunscreen atau sunblock mengandung SPF 15 setiap hari memiliki kulit yang lebih cerah tanpa bintik hitam dan keriput, dibandingkan mereka yang tidak menggunakan SPF sama sekali.

Maka, pakai sunscreen yang mengandung setidaknya SPF 15 wajib dilakukan setiap hari walaupun cuaca sedang mendung. Tentu, akan lebih baik kalau sunscreen yang digunakan mengandung SPF 30, karena bisa melindungi kulit lebih lama.

Banyak juga produk kosmetik selain sunscreen yang mengandung SPF, seperti krim pelembap dan bedak. Tapi menggunakan sunscreen tetap lebih baik karena sunscreen dibuat khusus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

3. Jangan merokok, dan menjauhlah dari asap rokok

mengatasi  Penuaan Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa perokok dan mereka yang sering terpapar asap rokok (walau bukan perokok) akan mengalami penuaan kulit dua kali lebih cepat dibanding mereka yang menjauhkan diri dari asap rokok.

Sering menghisap rokok juga bisa membuat bibir dan kulit sekitar bibir berkerut, sedangkan asap rokoknya membuat kulit kering dan berkeriput. Jadi kalau mau cantik, jauh-jauh deh dari rokok dan asap rokok.

Selain bisa merusak kecantikan, rokok dan asap rokok sudah pasti berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

4. Jangan pernah minum/makan alkohol

Alkohol menyebabkan kulit dehidrasi dan menyerap nutrisi dari kulit sehingga membuat kulit kering dan kusam. Alkohol juga mengganggu sirkulasi darah dekat permukaan kulit, akibatnya kulit akan terlihat lebih tua.

Alkohol yang dimaksud di sini tidak terbatas pada minuman beralkohol seperti bir saja, tapi juga semua produk kosmetik dan produk perawatan kulit yang mengandung alkohol. Pokoknya, seperti apapun bentuknya, alkohol harus dijauhi.

Jadi saat memilih produk kosmetik dan produk perawatan kulit, pilihlah yang tidak mengandung alkohol sama sekali.

5. Atasi stress, jangan stress

Stress kadang tidak bisa dihindari. Saat stress, tubuh memproduksi hormon cortisol yang menaikkan kadar gula darah. Hormon ini menyebabkan kerusakan kolagen, sehingga muncul garis-garis halus dan keriput pada kulit.

Jadi, sebisa mungkin jangan stress. Cegah atau atasi stress segera. Setiap orang memiliki cara sendiri untuk mengatasi stress, ada yang mengatasinya dengan jalan-jalan, olahraga, nonton komedi, makan, ada juga yang memilih untuk tidur.

Apapun caranya, atasilah stress dengan cepat supaya tubuh dan kulit anda tidak menderita. Ingatlah bahwa stress tidak baik untuk kesehatan tubuh, tidak baik untuk kecantikan kulit kita, juga tidak baik untuk kejiwaan kita.

6. Cukup tidur

Angka cukup tidur berbeda untuk setiap orang. Ada yang cukup tidur 5 jam setiap malam, ada juga yang butuh tidur lebih dari 8 jam setiap malamnya. Untuk mengetahui berapa jam anda butuh tidur, caranya sangat sederhana:

Kalau saat bangun di pagi hari anda merasa segar, maka itu artinya anda sudah mendapat waktu tidur yang cukup. Tapi jika tubuh masih merasa lelah dan mata sulit untuk dibuka, maka jelas anda kurang tidur.

Saat tidur, sel-sel kulit baru akan tumbuh dan sel-sel kulit lama akan digantikan. Tapi kalau kurang tidur, kulit akan kendur dan kusam, muncul lingkaran hitam di sekitar mata dan muncul kantung di bawah mata.

Karena itu biasakanlah untuk tidur lebih awal sebelum jam 11 malam supaya bisa tidur lebih lama.

7. Tidur terlentang

Pernah melihat guratan di pipi saat bangun tidur? Guratan itu bisa disebabkan oleh tekanan rambut atau bantal selama anda tidur. Mungkin anda pikir guratan itu bisa hilang dengan sendirinya dan bukan masalah besar. Padahal tidak seperti itu.

Posisi tidur berpengaruh besar pada kondisi kulit. Saat tidur miring atau tengkurap, kulit akan tertekan, dan bisa meninggalkan bekas permanen pada kulit. Lalu meninggalkan bekas berupa guratan, garis-garis halus dan kerutan di kulit wajah.

Selain itu, saat tidur miring atau tengkurap, posisi kulit wajah juga ikut miring dan turun. Jika terjadi setiap malam selama bertahun-tahun akan membuat kulit wajah menurun dan mengendur.

Jadi, mulai sekarang biasakan diri untuk tidur terlentang, agar kulit tetap kencang tanpa keriput.

8. Olahraga

Olahraga bisa melancarkan peredaran darah, dan peredaran darah yang lancar bisa meningkatkan asupan oksigen pada kulit serta membuat proses penyebaran nutrisi pada kulit berjalan dengan baik.

Olahraga ringan pun tetap bisa memberi dampak baik pada kesehatan dan kecantikan kulit. Tapi akan lebih baik kalau anda rutin olahraga dalam porsi yang cukup. Seperti peregangan, jogging minimal 1 jam plus push up 30 kali setiap hari.

9. Perhatikan ekspresi wajah

Ekspresi wajah seperti mengedip, mengerutkan dahi, tersenyum dan tertawa bisa meninggalkan bekas pada kulit. Garis senyum, garis halus di sekitar mata, dan kerutan pada dahi bisa muncul akibat ekspresi wajah yang tidak anda sadari.

Karena itu, mulai sekarang cobalah untuk tidak berlebihan saat tersenyum, berkedip seperlunya, dan jangan lagi mengerutkan dahi. Bukan berarti anda harus jadi kaku dan tanpa ekspresi. Tapi seperlunya saja, jangan ekspresif berlebihan.

 

Ternyata menjaga kulit tetap awet muda tidak sulit, kan? Yang penting anda mau melakukan tips-tips tersebut secara rutin setiap hari dan lakukan sejak dini untuk mencegah penuaan kulit.

Jangan tunggu sampai kulit keriput baru mau menjalani gaya hidup sehat. Bagaimana pun, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close