mendapatkan ide menulis

Cara Mendapatkan Ide Menulis dengan Mudah dan Cepat

Peran penting sebuah ide dalam mewujudkan suatu karya berupa artikel adalah sangat diutamakan. Karena dari ide itulah bisa membuat berbagai jenis karya yang unik dan menarik, salah satunya adalah karya tulis berupa artikel. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai cara mendapatkan ide menulis dengan mudah.

Memang, bagi sebagian orang yang sudah terbiasa mencipta berbagai karya, ide bukanlah suatu masalah, malah terkadang banyak sekali ide yang muncul dari berbagai waktu. Contohnya adalah mereka para pujangga dan pembuat berbagai syair, katanya mereka selalu membawa buku catatan dan alat tulis kemanapun. Hal itu digunakan untuk menuliskan berbagai ide yang muncul seketika.

Bahkan ada beberapa dari mereka yang menempelkan kertas di setiap sudut rumah. Dan itu digunakan untuk menuliskan setiap ide yang datang dikepalanya, lalu setiap hari dikumpulkan dan dijadikan suatu karya.

Mungkin sebenarnya anda juga sering mendapatkan ide untuk ngeblog, tiba tiba ide itu datang tanpa anda duga. Misalnya tentang suatu hal yang bisa dijadikan suatu artikel, namun karena tidak segera mencatatnya, maka ide akan hilang.

Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara menggunakan berbagai jenis alat tulis untuk membuat catatan segera. Atau bisa juga menggunakan smartphone anda untuk membuat catatan.

Cara Mendapatkan Ide Menulis

mendapatkan ide menulis

Dibawah ini adalah beberapa tips yang dapat anda coba, terutama kalau sudah jenuh idenya dan tak menemukan ide lagi.

1. Menggunakan pembagian spesifik

Maksud dari menggunakan pembagian spesifik adalah dengan mengkategorikan dari niche utama blog anda. Misalnya yaitu dengan menggunakan berbagai jenis kategori yang ada. Ini akan memudahkan anda untukmendapatkan ide menulis.

Loading...

Kalau blog anda adalah niche rumah, maka bisa membaginya kedalam beberapa kategori. Contohnya dibagi kedalam kategori ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, dekorasi interior, dekorasi eksterior, pewarnaan, desain, halaman rumah, pencahayaan, langit langit rumah dan kamar mandi serta toilet.

Contohnya lagi kalau blognya tentang kesehatan, maka bisa dibagi kedalam beberapa hal. Seperti, tips ibu dan anak, obat obatan, nutrisi, kebugaran, penyakit, pengobatan, dan sebagainya.

Jadi dengan mengekategorikan seperti itu, maka anda tidak akan mudah untuk kehabisan ide. Karena dengan itu, maka setiap hari bisa membuat artikel sesuai dengan kategori. Bisa satu hari menulis untuk katogori ini, dan satu hari lagi untuk kategori.

Misal kalau blog yang anda miliki hari ini membahas mengenai update algoritma google, besok membahas mengenai SEO onpage. Besoknya tentang SEO offpage, dan besoknya lagi mengenai tips blogging, dan besoknya lagi mengenai penghasilan blog jadi dengan ini maka ide tidak akan pernah habis.

Coba terapkan hal ini untuk niche blog anda sendiri, maka akanmendapatkan ide menulis dengan mudah, jadi tidak usah bingung bingung lagi dalam mencari ide ngeblog kesana kemari.

2. Membuat pembahasan dari berbagai jenis

Misalnya blognya membahas mengenai android, maka anda bisa mendapatkan ide menulis dengan membuat suatu pembahasan dari berbagai jenis. Ini memang hampir sama seperti nomor satu diatas, namun ini lebih bersifat ke materi pembahasan bukan ke kategori. Jadi biasanya ini digunakan dalam judulnya.

Maksudnya dengan materi pembahasan yang berbeda beda maka dengan mudah membuat artikel rutin dan konsisten setiap harinya. Misalnya dengan pembahasan yang meliputi:

  • Tips
  • Tutorial/cara
  • Penyebab
  • Dampak
  • Alasan
  • Rumor
  • Spesifikasi
  • Harga
  • Info

Dan masih banyak lagi.

Anda bisa menggunakan berbagai kata kata itu sebagai kunci untuk mendapatkan ide menulis dengan mudah. Dan hal itu bisa diulangi dari awal lagi dalam membuat artikelnya. Contohnya adalah:

  • Tips menggunakan fitur sensor iris mata pada samsung galaxy note 7.
  • Tutorial/cara memperbaiki speaker android yang rusak.
  • Penyebab hp android lemot.
  • Dampak menggunakan ponsel saat sedang di charging.
  • Alasan memilih samsung galaxy s7 dibanding Iphone 7.
  • Rumor mengenai penyebab samsung galaxy note 7 yang meledak.
  • Spesifikasi samsung a5 yang kaya akan fitur.
  • Harga samsung galaxy j1 di Indonesia bulan ini.

Dengan menggunakan berbagai kata-kata yang mengarah ke pembahasan di awal judul seperti halnya di atas, maka kita akan lebih mudah untuk menemukan banyak ide dalam membuat artikel sesuai dengan niche blog kita sendiri.

Banyak blogger yang merekomendasikan tips ini untuk mendapatkan ide menulis dengan mudah, bahkan kata mereka. Dengan cara ini bisa membuat ratusan ide untuk artikel setiap harinya.

3. Mengeksplorasi keyword planner

Maksud dari mengeksplorasi disin adalah dengan memanfaatkan secara tepat dan tertarget dari tools keyword planner yang ada di internet. Misalnya dapat memanfaatkan tools yang gratis maupun berbayar, seperti google keyword planner, ubersuggest, market samurai, semrush, smallseotools dan sebagainya.

Karena disana anda akan dengan mudah menemukan berbagai ide untuk dibuat menjadi artikel, misalnya dengan menemukan berbagai kata kunci yang memiliki relasi dengan niche blog anda.

Contohnya apabila blog anda membahas mengenai jerawat, maka di google keyword planer bisa mencarikan kata kunci jerawat, maka disitu bisa melihat berbagai kata lain yang berhubungan dengan keyword yang sedang anda cari, misalnya :

  • Cara menghilangkan jerawat
  • Tips menghilangkan jerawat secara alami
  • Obat untuk jerawat batu.
  • Penyebab terkena jerawat

Dan masih banyak lagi.

Akan ada banyak sekali kata kunci yang nantinya berhubungan dengan hal tersebut, jadi hal yang harus anda lakukan adalah dengan mencari kata kunci yang low competitor, high trafik, dan kalau perlu memilih yang memiliki high CPC.

Memang, berbagai keword itu bisa digunakan dalam mendapatkan ide menulis, namun yang perlu anda perhatikan adalah jangan sampai menggunakan berbagai keyword yang kurang dipahami, karena hal itu dapat mengakibatkan anda menjadi bingung juga saat nantinya menuliskan artikel.

4. Gunakan masalahmu

Apa maksud dari menggunakan masalah sendiri untuk mendapatkan ide menulis?

Pernah gak Anda dalam hidup menemukan suatu masalah, namun anda bingung untuk mengatasi masalah itu seperti apa. Sudah kesana kemari mencari solusinya, namun tidak menemukannnya juga. Maka dari itu, anda bisa menggunakan masalah itu sebagai ide, karena ide bisa timbul saat dalam kesulitan.

Yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan masalah tersebut sebagai alat untuk mendapatkan artikel. Misalnya suatu saat anda menemukan suatu masalah mengenai komputer atau laptop anda yang rusak, namun anda sudah googling dan cari info kesana kemari hasilnya tidak ada, atau tidak cocok.

Lalu anda coba membetulkannya sendiri dan ternyata masalahnya cepat selesai. Nah dari situlah seharusnya anda memanfaatkannya sebaik mungkin, yaitu dengan memanfaatkannya untuk menjadi sebuah ide untuk menulis artikel.

Dari sini sebenarnya ada peluang yang hebat, karena pada dasarnya dari ide itu lalu anda jadikan sebuah artikel, maka artikel itu akan menjadi populer. Karena mungkin tidak hanya anda saja yang memiliki masalah demikian. Ada jutaan orang yang mungkin memiliki masalah sama, sehingga artikel anda akan populer dan jadi panutan.

Saya juga pernah mendapatkan masalah tentang suatu hal yang berhubungan dengan masalah menyelesaikan sesuatu, lalu saya tulis. Dan benar juga, artikel itu mendapatkan banyak pengunjung yang melimpah. Alasannya yaitu karena mereka tidak menemukan penjelasan di artikel lain.

Langkahnya mudah, anda tinggal merumuskan masalah menjadi sebuah ide, dan dari ide itu anda jadikan sebuah artikel. Nah artikel itu akan dibutuhkan banyak orang dan menjadi banyak trafik, dari trafik yang banyak itulah blog kita akan menghasilkan uang.

Jadi jangan jadikan suatu masalah menjadi beban bagi diri anda sendiri, karena bisa jadi masalah itu akan datang berkali kali lipat kalau kita hanya menjadikan beban. Tanpa mencari solusi untuk memecahkannya dan juga menjadikannya sebuah peluang untuk bisa mendapatkan hal lain.

Baca juga: 10 cara memunculkan ide ngeblog dalam waktu singkat

5. Gunakan metode headline hacks

mendapatkan ide menulis

Jon morrow dalam bukunya yang berjudul “headline hacks”,  ini bisa jadi sebuah patokan untuk anda dalam membuat artikel. Ia memberikan suatu cara agar bisa mendapatkan ide menulis dengan mudah dan cepat dengan menyalin ide dari judul-judul yang ia berikan lalu kita mengubahnya sesuai dengan tema blog kita sendiri.

Intinya metode ini mengajarkan kita untuk mendapatkan ide ngeblog dengan memodifikasi dari judul judul yang terdapat dalam ebook headline hacks, karya jon morrow. Bila anda belum punya ebooknya, maka anda dapat mengunjungi blog nya di boostblogtraffic,com dan mengunduhnya.

Namun di ebook tersebut menggunakan bahasa inggris, jadi lebih cocok untuk blog yang menggunakan bahasa inggris. Jadi kalau blog anda menggunakan bahasa Indonesia, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mengubahnya menjadi bahasa Indonesia, misalnya beberapa judul berikut:

7 kesalahan saat menggunakan smartphone android yang dapat merusaknya.
3 Cara Mudah mengaktifkan sensor sidik jari pada smartphone android.
10 cara efektif menghemat daya baterai android.
Cara mengatasi aplikasi skype yang tidak work di Hp Oppo.
10 jenis virus pada hp android yang harus anda ketahui.

Mungkin cara ini kalian anggap sama dengan cara mendapatkan ide menulis nomor 2 diatas, namun cara ini berbeda. Karena disini kita ditujukan lebih khusus dengan mengacu kepada ebook headline hacks yang mana cara kerjanya adalah dengan memodifikasi pada judul.

Jadi misal anda menemukan keyword seperti diatas dalam suatu blog, maka anda bisa memodifkasinya dengan judul sesuai dengan blog anda. Misalnya dengan memodifikasinya menggunakan berbagai judul seperti:

7 kesalahan saat mengonsumsi daging dan makanan fast food.
3 Cara mudah mengecilkan paha dalam 28 hari.
10 cara efektif untuk melangsingkan badan dengan diet.
5 Cara mengatasi mata sering berkunang kunang.
10 jenis penyakit yang menyerang otak.

Dengan memodifikasi dari judul judul yang telah diberikan di ebooknya jon morrow, maka anda akan dengan cepat mendapatkan ide menulis.

6. Cari inspirasi dari blogger lain

Mencari inspirasi ini bisa dengan menggunakan berbagai cara, misalnya dengan mencontoh ide bahasan yang ada pada blog lain, blogwalking, maupun bisa bertukar pendapat dengan blog lain, lalu hal itu bisa anda jadikan sebuah ide untuk menulis.

Hal termudah yang dapat anda lakukan adalah dengan cara mencari inspirasi yang berasal dari orang lain adalah dengan mengunjungi blog yang sama niche nya dengan blog milik kita. Misalnya kalau blog anda tentang teknologi, maka anda pun dapat dengan mudah mendapatkan ide menulis.

Hal ini juga sering saya lakukan disaat saya sedang tidak memiliki ide untuk menulis blog, maka saya mencoba mencari referensi dari blog yang bertemakan sama dengan blog saya, dan dengan mudah saya pun akan mendapatkan ide untuk menulis artikel.

Misalnya saat kita mengunjungi blog lain yang sedang membahas mengenai review samsung galaxy s7, maka kita bisa mendapatkan ide dari situ, yaitu dengan membuat artikel yang berhubungan dengan samsung galaxy s7, misalnya

  • Pengalaman memuaskan menggunakan samsung galaxy 7,
  • Tips menggunakan samsung galaxy s7 agar awet,
  • Aplikasi paling rekomen untuk di install di samsung galaxy s7
  • Spesifikasi samsung galaxy s7

Dan ide lainnya yang berhubungan dengan samsung galaxy s7.

Sebenarnya, dari kita melihat 1 artikel saja dari blog lain, maka kita bisa mendapatkan berbagai inspirasi dijadikan suatu artikel. Selain mendapatkan ide untuk menulis, berkunjung ke blog orang lain juga bisa menjadikan kita lebih terjalin hubungan akrab antar sesama blogger. Jadi mereka juga mungkin akan membalas komentar kita dan mengunjungi blog kita.

Jadi ini bisa menjadi simbiolis mutualisme atau hubungan yang saling menguntungkan antar sesama blogger.

7. Dengarkan musik

Menurut beberapa penelitian, mengatakan bahwa musik adalah salah satu hal yang bisa menjadikan otak kita bisa kebanjiran ide. Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh seorang seniman pembuat patung terkenal yaitu Jeffrey Baumgartner, dia yang sekaligus pemilik situs jpb,com mengatakan bahwa jika musik dari johann sebastian bach tidak bisa membuatmu kreatif maka ada yang salah dengan otakmu, segera temui dokter dan ahli bedah otak.

Dari pernyataannya tersebut, maka hal ini bisa menjadikan anda lebih paham mengenai manfaat musik dalam hal meraih suatu ide. Bisa menjadikan otak kita lebih kreatif dalam berfikir dan penuh inovasi dalam menciptakan hal hal yang baru.

Maka dari itu, cobalah kalalu anda sedang jenuh dan susah untuk mendapatkan ide ngeblog, maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara merebahkan diri anda sejenak lalu dengarkan musik yang lembut dan menenangkan, dari situ anda akan mendapatkan manfaat dalam hal menambah kreatifitas dan memunculkan ide ide dari pikiran anda.

8. Jangan nonton televisi dan bermain sosial media

mendapatkan ide menulis

Mungkin bagi sebagian orang, menonton tv dan menggunakan sosial media adalah hal yang bisa menambah ide dan kreatifitas. Namun ternyata menurut berbagai penelitian, bahwa hal itu justru akan menimbulkan hal hal yang kurang bermanfaat, termasuk membunuh ide.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh JPB Creative Laboratory, menyatakan bahwa dengan ini akan mengakibatkan otak perlahan lahan meleleh melalui hidung dan telinga. Jadi ini sangat berbahaya.

Bahkan dampak bagi kesehatan, bahwa dengan menonton tv ini cukup berbahaya loh. Seperti sebuah penelitian dari university of queensland australia yang melibatkan 11000 orang, mengatakan bahwa dengan menonton TV akan mengakibatkan penyakit seperti obesitas, dan penyakit kronis lainnya. Selain itu dia menyatakan bahwa sejam menonton tv akan mengurangi umur manusia 22 menit, sama dengan orang yang merokok 2 batang.

Selain itu, media sosial justru membunuh ide loh,,,, karena dari situ kita cuma bisa meniru dan mengubah karya orang lain, tidak berusaha untuk membuat yang lebih baik lagi. Jadi hal yang harus anda lakukan untuk bisa mendatkan ide menulis denga mudah, adalah dengan mengurangi menonton televisi dan juga menguraangi sosial media.

Tapi lebih banyaklah untuk mendapatkan ide ide dari menjelajah alam. Karena kita bisa lebih kreatif saat bersatu dengan alam.

9. Gunakan google trends/twitter trending

Memang google trends ini bisa anda gunakan untuk mendapatkan ide menulis dengan mudah, namun hal yang harus dipahami adalah google trends ini sifatnya adalah sementara. Jadi pencariannya itu dalam jangka waktu yang singkat. Walaupun anda menggunakan keyword abadi, namun pencariannya itu yang kadang naik dan kadang turun.

Misalnya anda mencari tentang artikel mengenai resep masakan, mungkin kalau sebelum lebaran anda akan menemukan kata kunci yang sangat tinggi pencariannya. Namun kalau di gunakan saat ini bisa jadi itu tidak ada pencariannya sama sekali, jadi artikel itu hanya menghasilkan trafik dalam satu tahun sekali.

Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan adalah dengan memilih kata kunci yang sekiranya bisa mendapatkan trafik disaat itu dan dilain waktu. Ya walaupun namanya saja google trends, pasti menunjukan sesuatu yang berhubungan dengan pencarian terbanyak saat ini.

Jadi selain harus memiliki blog yang mudah terindeks dengan cepat, dan memiliki posisi yang baik di mesin pencari. Maka yang harus anda lakukan adalah dengan membuat suatu artikel yang berkualitas dan cepat. Jadi kalau memang anda hanya bisa mendapatkan ide itu dari google trends, maka sebaiknya harus bisa menulis cepat seiring pergantian dari trending topik.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan twitter untuk hal ini, karena di twitter ada fitur unik, yaitu trending topics. Jadi anda bisa menggunakan trending topik disini, dan bisa juga melihat trending topics secara global / worldwide atau bisa juga menggunakan masing masing negara.

Namun seringnya, trending topik ini mengenai kejadian langka, politik dan selebrita. Jadi mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan ide menulis yang berhubungan dengan blog anda. Berbeda dengan google trends yang menyediakan trending phrase dari berbagai macam kategori.

Jadi silakan anda bisa menggunakan google trends atau google trends untuk mendapatkan ide menulis.

Penutup

Nah itulah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan ide menulis dengan mudah. Jadi mulai sekarang, hal yang harus dilakukan adalah dengan mencoba untuk lebih mengembangkan ide dan kreativitas terhadap yang kalian miliki. Hal ini untuk mengurangi kebuntuan ide.

Semoga pembahasan ini bermanfaat buat kita semua. Jika berkenan silakan share artikel ini agar semua tahu tentang hal ini. Terima kasih atas kunjungan anda semua, jika ada hal yang kurang berkenan dalam penulisan artikel mohon dimaafkan. Terima kasih…


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Komentar

    Avatar

    Kayaknya mencari inspirasi dari blogger lain sangat membantu deh kang apalagi yang suka blogwalking mah insyaallah gak bakal kehabisan ide untuk menulis artikel deh 🙂

    walaupun hasil kutip beberapa kalimat gpplah kalau kita izin dan kasih link sumbernya 🙂

    Avatar

    Gunakan masalah menjadi sebuah ide atau gagasan, dari hal remeh temeh menjadi berlian. Gunakan masalah dari hal pribadi untuk menyampaikan pendapat lewat tulisan. Nanti akan muncul ide-ide berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *