BloggingDasar dasar Blog

Tips Blogging: Cara Menemukan Ide Blogging untuk Membuat Konten Blog

Menemukan Ide blogging untuk membuat konten blogDalam menjaga eksistensi suatu blog, keberadaan konten berkualitas dapat dikatakan merupakan elemen penting yang harus dipenuhi oleh para blogger. Hal tersebut jelas apabila mengingat perubahaan algoritma Google . Karena sekarang tidak hanya lagi berfokus pada PR (Page Rank) dalam penempatan SERP( peringkat pada pencarian Google).

Bahkan sangking pentingnya peran konten ini, terdapat analogi yang mengungkap bahwa” jika SEO adalah raja dari blog, maka konten berkualitas adalah ratunya”. Untuk itulah mencari ide blogging yang kreatif adalah salah satu hal yang dapat di-handle oleh seorang blogger. Disamping hal-hal terkait dengan penerapan SEO (Search Engine Optimization).

Ketika mencari ide blogging sebagai reference dalam membuat konten blog, tidak sedikit blogger yang kerap mengalami buntu dalam menemukan ide blogging yang kreatif. Padahal, sebenarnya menemukan ide blogging kreatif bukanlah hal yang sulit.

Nah, untuk menginsipriasi anda”para blogger” yang mungkin tengah kesulitan menemukan ide blogging kreatif untuk membuat konten. Kali ini klikmania akan sedikit berbagi mengenai tips blogging untuk mencari ide blogging. Berikut ulasan selengkapnya.

Menemukan Ide blogging dengan membaca

Menemukan Ide blogging

Salah satu tips blogging paling utama yang pasti akan membantu anda menemukan ide blogging yang segar untuk pembuatan konten adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia, pastinya anda sudah sangat akrab dengan pepatah yang satu ini.

Namun sebenarnya buku bukan hanya merupakan jendela dunia. Karena buku juga dapat memberikan anda perspektif baru tentang segala hal di dunia( tergantung jenis bacaaan).

Membaca buku akan dapat memancing munculnya ide-ide blogging kreatif, yang dapat menjadi referensi anda dalam membuat konten. Untuk itu, jika anda kiranya tengah mencari ide blogging, maka membaca buku yang sesuai dengan ketertarikan ataupun niche blog anda akan menjadi ide yang sangat tepat untuk dilakukan.

Loading...

Contohnya, jika anda adalah tipikal penyuka dunia kuliner ataupun memiliki blog dengan niche tentang makanan. Maka anda dapat mencoba membaca buku-buku tentang makanan. Perbanyaklah referensi bacaan anda, sehingga ide dan gagasan kreatif untuk pembuatan konten anda akan semakin bertumbuh. Dan anda tidak akan binggung lagi mecari ide blogging.

Referensi lain : Hal Penting yang Perlu Diketahui dalam Menentukan Keyword Blog

Media sosial

Mencari ide blogging di media sosial adalah tips blogging sempurna. Bisa anda pertimbangkan untuk coba guna menemukan ide blogging untuk pembuatan konten blog anda. Terdapat lebih dari 1 milliar pengguna media sosial aktif setiap bulannya, dimana hal tersebut dapat menjadi sumber informasi anda mengenai ide blogging apa yang anda dapat angkat.

Untuk bagian ini, anda dapat mengikuti atau berteman dengan akun-akun media sosial yang memiliki minat/ topik/ niche yang sama dengan blog yang anda kembangkan. Sebagai contoh, jika blog anda adalah blog yang mengangkat niche tentang dunia kuliner atau makanan. Maka akun social media twiter dari Chefsfeed, bittman,  dan Foodimentary dapat menjadi referensi anda.

Google keyword planner

Untuk tips blogging yang satu ini, mungkin kebanyakan dari anda” blogger” telah banyak mengetahuinya.  Yakni mencari ide blogging dari Google keyword planner. Tool dari google ini adalah salah satu tempat dimana para blogger kerap mencari keyword ataupun topik untuk diangkat sebagai konten artikel.

Tools online yang satu ini dapat menyajikan informasi mengenai topik atau keyword yang tengah naik daun di suatu negara. (Update terakhir, Google keyword planner sudah tidak gratis lagi)

Anda dapat mencoba mencari ide blogging dari Google keyword planner ini. Cara lainnya yang dapat anda gunakan adalah mencari ide blogging di Google trends yang dapat memberikan data mengenai topik yang tengah naik daun.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer.Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button