lokasi usaha

Cara Menentukan Lokasi Usaha Pada Saat Memulai Bisnis

Lokasi usaha hal penting dalam bisnis, karena ini sangat menentukan ramai dan tidaknya pengunjung atau konsumen. Jadi sangat di perlukan cara yang tepat untuk menentukan tempat usaha, jika salah menentukan maka berakibat usaha Anda akan sepi.

Pentingnya memilih lokasi usaha yang tepat

Tak dipungkiri, lokasi adalah penentu kelarisan bisnis retail Anda. Jangan katakan, ” buktinya warung mas gani bisa berkembang meski bersembunyi tuh”, iya betul. tapi perlu tahunan bahkan belasan tahun untuk menciptakannya.

Idealnya adalah bagaimana usaha Anda bisa langsung ramai konsumen sejak buka! nah ada berikut ini, ada beberapa cara untuk mewujudkannya yaitu dengan cara jitu menetapkan lokasi usaha.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi usaha

lokasi usaha

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk menentukan lokasi usaha yaitu:

1.Jenis Konsumen

Jenis konsumen atau target pasar yang akan Anda bidik. Jenis konsumen lebih dikaitkan dengan tipe tempat tinggalnya, agar lebih mudah bagi Anda menetukan lokasi yang tepat. Misalnya jenis konsumen tipe apartemen, kantoran, kosan, pekerja pabrik, anak sekolahan.

2. Tempat orang

Loading...

Yaitu tempat dimana orang menghabiskan waktu besarnya, baik tempat tinggal atau tempat beraktivitasnya. Misalnya perumahan maka konsumen yang dibidik adalah pabrik, kantor, sekolahan.

3. Pengundang orang

Tempat tempat yang menarik akan menjadi pengundang konsumen untuk datang. Jika ada pengundang orang yang lebih dekat dan lebih ramai maka  pelanggan tak segan untuk pindah ke lain hati. Pengundang orang seperti hypermarket, kursus dan gym.

Maka lokasi terbaik adalah tempat dimana dekat dengan pusat keramaian seperti tempat belanja mall dan lain sebagainya, jadi jangan harap ramai pengunjung atau konsumen, jika tempat usaha jauh dari keramaian orang.

4. Akses atau jalan orang

Jalur yang sering digunakan oleh orang lewat, yang terbaik adalah antara tempat tinggal orang dankeramaian . Untuk sebagian besar bisnis mengambil lokasi usahanya yaitu di arah pulang tempat kerja menuju rumah menjadi jalur orang teramai dan terkonsumtif.

Jangan katakan tempat Anda strategis karena dekat dengan tempat tinggal konsumen, jika lokasi usaha Anda di jalan buntu. ya sama saja tak akan dilewati orang. Jalur orang terbaik adalah jalan-jalan utama pusat pembelanjaan, jalan 2 arah, jalur pulang, serta tempat yang dekat dengan keramaian seperti mall.

5. Terlihat orang

Pastikan toko anda terlihat secara langsung saat orang lewat. Perhatikan jarak dan sudut pandang, semakin mudah terlihat, tanpa harus mencari-cari, semakin gampang dikenali orang. Hindari sudut pandang yang tak terlihat seperti lokasi setelah tikungan atau terlalu atas posisinya.

Bagaimana jika lokasi usaha terlanjur salah posisi

Jika posisi lokasi usaha Anda pada posisi yang salah maka solusinya adalah dengan menimbang-nimbang saja, apakah anda yang mengeluarkan budget promosi yang besar untuk mengundan konsumen atau pindah lokasi yang lebih strategis.

Baca juga : 4 Penyebab Pengusaha Kekurangan Modal Usaha

Demikian tips cara menentukan lokasi usaha yang strategis untuk bisnis Anda, Salam sukses!!



Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *