Internet

Cara Mengaktifkan Fitur Kontrol Orang Tua di Google Play Store

Cara Lindungi Buah Hati dari Aplikasi Tidak Ramah Anak

Salah satu kesalahan yang dilakukan orang tua di era saat ini adalah mereka terlalu bermudah-mudahan memberikan gawai kepada anak-anaknya. Ketika anak mereka menangis atau rewel, jalan pintas yang dipilih adalah selalu dengan memberikan gawai.

Hasilnya, para orang tua sendiri yang kerepotan di mana mereka tidak bisa menghentikan rasa kecanduan anak-anaknya atas gawai. Jika dulu gawai diharapkan mampu menghentikan tangis anak, sekarang gawai justru membuat tangis anak.

Orang Tua Harus Lebih Tegas

Sebelum memutuskan untuk memberikan gawai kepada anak, para orang tua harus menyadari terlebih dahulu bahwasanya gawai sangat tidak bagus untuk fisik dan juga mental anak. Namun, ketika semua itu sudah terlanjur, sebagai orang tua, Anda bisa melakukan beberapa langkah, seperti:

  • Membuat kebijakan pemakaian gawai.
  • Menghapus aplikasi yang tidak ramah anak.
  • Mengaktifkan kontrol orang tua di Google Play.

Untuk langkah terakhir, yaitu mengaktifkan kontrol orang tua di Google Play perlu untuk dilakukan karena anak-anak zaman sekarang sudah cukup pintar untuk mengunduh aplikasi sendiri. Ini juga termasuk kesalahan dari para orang tua di mana niat mengajarkan anak untuk tidak gaptek, terkadang justru membuat mereka kerepotan sendiri.

Jika saat ini anak atau adik Anda sudah pandai mencari berbagai macam aplikasi di Google Play, maka silakan aktifkan fitur kontrol orang tua. Fitur ini memang tidak bisa mengamankan secara 100 persen, tapi setidaknya beberapa aplikasi yang tidak ramah anak tidak akan mudah ditemukan oleh anak-anak.

Cara Mengaktifkan Fitur Kontrol Orang Tua

1. Silakan buka Google Play di smartphone Anda.

2. Ketuk tiga garis horizontal yang terletak di pojok kiri atas.

3. Pilih aplikasi dan game saya.

4. Ketuk kontrol orang tua, kemudian aktifkan dengan menggeser tombol ke kanan.

5. Buat pin Anda, kemudian konfirmasikan.

6. Ketika sudah aktif, silakan ketuk aplikasi dan game.

fitur kontrol orang tua google play

7. Pilih rating yang ingin Anda gunakan. Disarankan untuk memilih rating terendah atau 3+.

fitur kontrol orang tua google

8. Selesai.

Baca juga: Panduan Menggunakan YouTube Kids, Orang Tua Harus Tahu

Jika masih ingin anak-anak aman dari aplikasi tidak ramah atau yang lebih tepatnya mundur perlahan dari bermain gawai, Anda juga bisa menyembunyikan keberadaan Google Play Store. Jadi, itulah pembahasan yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini, dan semoga apa yang dibahas bermanfaat untuk Anda semua.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close