Internet

Cara Mengaktifkan Mode Pembaca di Peramban Anda

Mode Pembaca Bantu Fokus Membaca

Internet adalah harta karun informasi dan hiburan, tetapi jumlah grafik dan iklan tambahan pada beberapa halaman bisa menjadi sangat besar. Untuk mengurangi kekacauan pada halaman yang mengalihkan dari apa yang ingin kita baca, sebagian besar peramban memiliki opsi yang disebut “Mode Pembaca” atau “Tampilan Pembaca.”

Saat diaktifkan, tampilan ini menghilangkan semua informasi yang berlebih dan hanya menunjukkan kepada Anda artikel dan gambar-gambarnya. Dan berikut ini cara mengakses Mode Pembaca di beberapa peramban desktop paling populer di dunia, yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, dan juga Opera. Petunjuk dalam artikel ini merujuk ke versi desktop dari masing-masing peramban.

1. Google Chrome

Untuk mengaktifkan mode pembaca di Chrome, para pengguna bisa memanfaatkan keberadaan flags. Selain itu, pastikan Chrome yang digunakan adalah versi 75. Untuk mengecek versi Chrome Anda, silakan klik tiga titik di pojok kanan atas, kemudian pilih bantuan → tentang Google Chrome.

Ketika Anda membuka halaman tentang Google Chrome, maka pembaruan akan dilakukan secara otomatis. Dan versi Google Chrome saat ini adalah versi 76. Setelah mengetahui versi Chrome yang Anda gunakan, sekarang saatnya mengaktifkan reader mode di peramban milik Google tersebut.

Langkah:

1. Salin dan tempelkan tautan chrome://flags/ di bilah alamat Google Chrome.

2. Di kolom search flags, silakan ketikkan reader.

3. Ubah disabled menjadi enabled di reader mode.

4. Jika sudah diubah menjadi enabled, silakan klik relaunch now.

5. Silakan buka situs yang ingin Anda baca dengan menggunakan Mode Pembaca.

6. Jika sudah, silakan klik tiga titik di pojok kanan atas, kemudian pilih halaman saring.

7. Seperti inilah hasilnya.

8. Selesai.

Jika Anda ingin kembali ke halaman biasa, yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan tombol kembali atau ikon kembali pada peramban Google Chrome Anda.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Merekam Layar Menggunakan Google Chrome

2. Mozilla Firefox

Jika untuk menggunakan Mode Pembaca di peramban Chrome harus melalui flags, maka di Mozilla sedikit berbeda di mana di Mozilla jauh lebih mudah atau tidak serumit di Chrome. Untuk menggunakan Mode Pembaca di Mozilla, Anda hanya perlu memanfaatkan toggle reader view atau F9.

Langkah:

1. Silakan buka peramban Mozilla yang ada di komputer Anda.

2. Buka situs yang ingin Anda baca dengan menggunakan Mode Pembaca.

3. Pada bilah alamat Mozilla akan terdapat ikon toggle reader view, silakan Anda klik.

4. Selain mengklik ikon toggle reader view, Anda juga bisa menekan F9.

5. Seperti inilah hasilnya.

mengaktifkan mode pembaca mozilla

6. Selesai.

Baca juga: Cara Lewati Situs yang Diblokir dengan Tools ZenMate dari Mozilla Firefox

3. Opera

Opera tidak memiliki tampilan pembaca secara default, tetapi para pengguna bisa menggunakan Mode Pembaca dengan menginstal ekstensi di Add-on Opera. Untuk caranya sendiri cukup mudah di mana Anda hanya perlu klik logo Opera yang terletak di pojok kiri atas ketika peramban sudah terbuka. Setelah itu Anda pilih ekstensi, kemudian download ekstensi.

Pada kolom cari addon, silakan ketik reader view. Setelah itu klik tambahkan ke Opera, kemudian ikon reader view akan terletak di pojok kanan atas. Cari situs yang ingin Anda baca dengan menggunakan Mode Pembaca. Setelah itu klik ekstensi reader view, dan seperti inilah hasilnya.

mengaktifkan mode pembaca opera

Bagaimana, cukup mudah bukan?

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Ekstensi Google Chrome di Opera

Itulah cara mengaktifkan mode pembaca di beberapa peramban desktop paling populer di dunia, yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, dan juga Opera. Dari ketiga cara yang sudah disebutkan, Mozilla Firefox menjadi peramban yang paling memudahkan para pengguna karena akses untuk mengaktifkan Mode Pembaca sudah disediakan di bilah alamat.


Loading...

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close