InternetTekno

Cara Mengatasi Komputer/Laptop yang Hidup Tapi Tidak Tampil/No Display

Pernahkah kamu menggunakan komputer yang tadinya normal-normal saja tapi ke’esokan harinya ketika di hidupkan tidak tampil/no display? Atau saat membeli komputer dan saat di tes ditempat penjual normal tapi ketika di tes di rumah bermasalah?

Bagaiamana perasaan kamu/hal apa yang kamu coba lakukan saat itu terjadi?
Benerin sendiri atau di bawa ke tukang servis komputer?

Masalah tersebut sangat sering terjadi dan tidak mudah untuk mencari tahu penyebabnya terutama jika kamu tidak mengetahui pengetahuan tentang komputer.

Jika kamu bawa ke tukang servis, Terkadang mereka akan mengeksploitasi kamu dan memanfaatkan ketidaktahuan kamu tentang komputer.

Jika kamu termasuk orang awam, Kamu pun juga tidak akan berani untuk mencoba memperbaikinya sendiri.

Seperti yang saya sudah jelaskan, Mengatasi masalah tersebut itu memang agak merepotkan karena banyak penyebabnya.

Di artikel ini saya akan menjelaskan penyebab-penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Komputer Tidak Tampil/No Display

1. No iGPU

Source: Game-Debate

Hal yang satu ini sangat sering terjadi.
Kira-Kira 2 bulan yang lalu paman saya membeli Ryzen 5 1400 beserta motherboard dan komponen lain ketika di hidupkan ternyata no display.

Loading...

Paman saya pun kebingungan dan sudah banyak usaha yang di lakukan seperti ganti RAM, RMA Mobo dan CPU, dll.

Setelah beberapa bulan akhirnya paman saya menyerah dan menelefon saya, Saya tanyakan CPU apa yang di pakai ternyata R5 1400 dan dia tidak mempunyai VGA.

Saya sampaikan bahwa R5 1400 tidak mempunyai iGPU paman harus pakai VGA. Lalu paman saya membeli VGA bekas seharga 100Rb an dan jadi deh, PC Boot Up dan tampil normal tanpa masalah.

Jika kamu baru membeli/merakit komputer dan belum punya VGA/Kartu Grafis pastikan CPU yang kamu beli mempunyai integrated Graphic Processing Unit (iGPU).

iGPU adalah Sejenis VGA yang terdapat pada CPU/Processor yang kamu beli, Jangan sampai kamu salah membeli CPU/Processor.

Karena berbeda dengan jaman dulu, GPU sekarang bukan terdapat di Motherboard lagi akan tetapi di dalam CPU/Processor nya itu sendiri.

Kebanyakan CPU/Processor jaman sekarang seperti Ryzen Series itu tidak mempunyai integrated Graphic Processing Unit (iGPU) di dalam CPU/Processor nya.

Sedangkan Intel dan Ryzen APU seperti Raven Ridge series (2200G/2400G) atau Ryzen 2600 masih mempunyai iGPU di dalam Processornya.

Jadi jika komputer kamu no display jangan panik dan pastikan dulu apakah CPU kamu mempunyai iGPU atau tidak.

Kamu bisa mengunjungi situs resmi pembuat CPU/Processor seperti Intel dan AMD lalu buka halaman spesifikasi CPU/Processor tersebut atau kunjungi situs Game Debate dan baca deskripsi nya.

2. Salah Memasukan Output Display Cable

Source:Techreport Zotac

Ok hal ini mungkin terdengar sangat simpel dan konyol akan tetapi kenyataanya sering sekali terjadi dan menjadi penyebab no display.

Jika kamu mempunyai komputer yang memakai VGA/Kartu Grafis pastikan bahwa kamu memasang kabel Output Display seperti VGA/DVI/HDMI/Display Port itu dari VGA/Kartu Grafis bukan malah dari Output Display Motherboardnya.

Sistem biasanya akan secara otomatis menggunakan VGA/Kartu Grafis sebagai Main GPU jika di pasang, Namun terkadang ada juga yang tidak dan hal itu menjadi penyebab no display.

Jika hal tersebut terjadi coba pindahkan kabel Output Display dari VGA ke Motherboard dan jika tampil maka kamu harus mengganti settingan Main Display Output di BIOS.

Setiap BIOS mempunyai Layout dan nama Opsi yang berbeda jadi kamu harus membaca manual mobo kamu. Akan tetapi tidak salahnya mencoba mencari Opsi di bawah ini.

Cari Opsi ” Initial Display Output ” ganti Onboard ke PCIe.

Source: sevenforums
Source: Tom’s Hardware

Jika sudah Save dan Exit Bios maka komputer akan restart secara otomatis, Saat itu terjadi pindahkan kabel Output Display dari Mobo ke VGA.

3. Kabel Yang Bermasalah

Source: openaircinema

Kabel yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab komputer tidak tampil/no display.

Berbeda dengan kabel VGA (itu lho yang warna biru) HDMI itu menggunakan sinyal Digital sedangkan VGA (Video Graphics Array) menggunakan sinyal Analog.

HDMI (High Definition Multimedia Interface) menggunakan sinyal Digital, Jadi hanya ada 2 kemungkinan yaitu Bisa (Tampil) dan Tidak bisa (Tidak Tampil)

Berbeda dengan kabel VGA, Tebal kabel dan panjang kabel dapat mempengaruhi kualitas sinyal gambar.

Jika komputer kamu no display maka coba untuk mengetes kabel tersebut di komputer lain.
Jika tampil maka masalahnya ada di komputer nya bukan di kabelnya, Jika tidak tampil berarti kabel nya yang bermasalah.

Jika kabelnya bermasalah maka kamu hanya perlu mengganti kabel nya dan tidak perlu untuk membeli yang mahal-mahal, Cukup beli yang seharga 100Rb.

4. Monitor Yang Bermasalah

Source: graysonline

Hal yang satu ini jarang terjadi akan tetapi masih tetap ada kemungkinan untuk terjadi, Monitor yang bermasalah bisa menjadi penyebab nya.

Jika komputer mengeluarkan suara beep 1x/lampu indikator troubleshot tidak ada yang nyala biasanya kondisi komputer tersebut normal.

Jika kamu sudah melakukan cara di atas dan komputer beep 1x tapi tidak tampil maka coba untuk menggunakan monitor yang lain.

Solusi lain adalah dengan mencoba Output Display yang lain karena ada kemungkinan Port Input Display di monitor kamu ada yang rusak.

Jika terdapat lebih dari 1 Port seperti HDMI, VGA dan DVI maka coba untuk menggunakan Port yang lain.

5. Backlight Monitor Yang Mati

Source: itstillwork

Masalah ini terkadang terjadi bagi para pengguna Laptop walaupun kemungkinan terjadinya itu sangat kecil.
Saat ini terjadi komputer/laptop kamu itu normal-normal aja akan tetapi Backlight layar nya yang mati sehingga gambar tidak dapat di lihat dengan jelas.

Monitor membutuhkan Backlight (Kecuali OLED) yaitu sebuah lampu yang di gunakan sebagai sumber cahaya untuk menerangi layar dari belakang.

Tujuanya agar gambar dapat di lihat dengan jelas, Tanpa Backlight kamu tidak akan bisa melihat gambar dengan jelas. Masih ingat jaman dulu waktu main GameBoyColor? Jika di malam hari/tempat gelap layar tidak dapat di lihat dengan jelas karena tidak mempunyai Backlight.

Jika hal tersebut terjadi coba untuk menerangi layar dengan lampu senter/flashlight smartphone kamu. Jika gambar terlihat berarti Backlight monitor/layar tersebut mati dan tidak ada cara lain selain harus menggantinya.

6. RAM Yang Bermasalah

Source: pinterest

RAM yang bermasalah itu penyebab komputer tidak tampil/no display yang No.1#

Jika komputer tidak mengeluarkan suara beep 1x/lampu indikator memory menyala maka coba untuk mengecek RAM nya.

Bersihkan pin RAM menggunakan penghapus pensil dan pasang kembali, Hidupkan komputer dan biasanya maka komputer akan kembali normal.

Jika masih tetap tidak tampil maka coba untuk mengganti RAM nya atau hanya memasang satu keping RAM.
Jika RAM kamu lebih dari 1 keping, Untuk Motherboard yang slot RAM nya 4 maka coba satu per satu di SLOT No.2 sampai komputer tampil.

Jika SLOT nya 2 maka biasanya pasang RAM di SLOT No.2 atau cek manual Motherboard kamu untuk lebih jelasnya.
Cek RAM satu per satu jika salah satu ada yang membuat komputer kembali normal maka RAM yg lain itulah yang bermasalah.

Jika sudah tampil pastikan lagi dengan mengecek kesehatan RAM kamu, Caranya bisa dibaca di artikel ini.
Wajib Baca! Tips Membeli Komputer/Laptop Second Agar Tidak Tertipu

Jika garansi masih ada maka RMA RAM tersebut jika tidak maka gantilah dengan yang baru dan usahakan agar sama persis dengan RAM yang lama.

Jika kamu bingung kamu bisa baca artikel ini:
Panduan Lengkap Untuk Membeli RAM/Memory Komputer/Laptop

7. Cek Komponen Komputernya

Source: Quora

Jika komputer tidak tampil/no display coba untuk mengecek apakah semua sudah terpasang dengan benar dari RAM, CPU, VGA, Kabel PSU, Dll

Jika semua sudah terpasang dengan benar dan kamu 100% yakin tapi komputer masih no display silahkan lanjutkan membaca.

8. VGA Yang Bermasalah

no display
Source: steemit

Jika semua sudah terpasang dengan benar dan kamu sudah melakukan semua hal di atas tapi komputer masih tidak tampil, Coba untuk mengecek VGA nya.

Coba untuk memindah VGA pada SLOT PCIE yang lain jika masih tidak tampil maka coba untuk menggunakan nya di Komputer lain.

Jika VGA tersebut ternyata bekerja dengan normal di komputer lain maka berarti SLOT PCIE motherboard kamu kemungkinan bermasalah.

Akan tetapi jika VGA tersebut juga tidak bisa di pakai di komputer lain maka VGA tersebutlah yang bermasalah.
Jika CPU/Processor kamu terdapat iGPU maka gunakanlah iGPU untuk sementara selagi kamu mencari VGA pengganti Atau jika VGA nya bergaransi maka RMA VGA tersebut.

Jika tidak dan kamu ingin membeli yang baru dan masih bingung, Baca artikel ini:
Gamer Harus Baca! Panduan Lengkap Untuk Membeli VGA (Kartu Grafis)

9. Motherboard Yang Bermasalah

Source: the-computer-problems-guru

Motherboard juga bisa menjadi penyebab komputer tidak tampil/no display.
Coba untuk mengecek kapasitor Motherboard terutama yang model lama untuk mengetahui apakah ada yang melembung.

Kapasitor yang melembung akan menyebabkan banyak masalah seperti komputer sering mati, BSOD, Dll.

10. Salah Menggunakan Konverter

Source: JW.com.au

Konverter di gunakan agar kamu bisa menggunakan Input Display yang tidak di support oleh Monitor dari VGA/Kartu Grafis kamu atau sebaliknya.

Perlu kamu ketahui ada dua jenis Display Converter yaitu Active dan Passive.

VGA (Video Graphic Array) adalah konektor yang paling sering di jumpai, Itu lho yang warna biru.
VGA masih menggunakan sinyal Analog, Tebal dan Panjang kabel mempengaruhi kualitas gambar yang di hasilkan.

HDMI/DVI-D menggunakan sinyal Digital jadi tebal dan panjang kabel tidak mempengaruhi namun masih tetap ada panjang maksimal untuk kabel Digital yaitu 15 Meter untuk HDMI dan 4.5 Meter untuk DVI.

Note: Untuk kabel DVI-I, DVI-I bisa menggunakan sinyal analog dan digital.

Ok sekarang kembali ke topik.

Contoh monitor kamu itu hanya mempunyai input VGA tapi VGA kamu hanya ada Output DVI-D, DP dan HDMI, Jika kamu membeli Converter Passive seperti gambar dibawah maka tidak akan ada gambar yang tampil (Tapi produknya ada dan di jual wkwkwk).

Source: tokopedia

Kenapa karena DVI-D adalah Digital sedangkan VGA adalah Analog. Untuk mengkonversi Analog menjadi Digital atau sebaliknya maka kamu harus membeli Converter Active.

Source: Amazon

Perbedaanya Converter Active mempunyai komponen khusus di dalamnya yang akan mengkonversi sinyal Analog ke Digital atau sebaliknya.

Harga Converter Active tentunya lebih mahal dari Converter Passive.

Lain kali jika komputer kamu tidak tampil dan kamu menggunakan konverter cek benar-benar converternya.

11. Clear CMOS

Source: neosmart

CMOS di gunakan untuk memberi daya kepada Chip BIOS agar settinganya tetap tersimpan dan tidak hilang saat komputer di matikan.

Jika kamu telah melakukan semua hal di atas akan tetapi komputer masih tetap tidak tampil, Maka coba untuk melakukan Clear CMOS.

Matikan komputer kamu dan cabut semua kabel power nya.

Cari Jumper di Motherboard kamu yang terdapat tulisan CLR_CMOS atau CLR_RTC, Pindahkan posisi Jumper dari 1-2 ke 2-3 dan tekan tombol power selama 10-15 detik.
Pasang kembali Jumper ke posisi semula yaitu 1-2 dan pasang semua kabel lalu hidupkan komputer nya.

Cara lain adalah dengan melepas baterai CMOS/CR2032 dan tekan tombol power selama 10-15 detik lalu pasang kembali dan hidupkan komputer.

Cara yang sama bisa di lakukan untuk laptop tapi hati-hati jika kamu belum pernah membongkar laptop.

Penutup

Itulah beberapa penyebab dan solusi yang bisa kamu lakukan jika komputer kamu tidak tampil/no display.

Jika semuanya sudah di lakukan dan problem masih belum terselesaikan maka bawalah ke tempat servis komputer yang terpercaya.

Semoga artikel ini membantu sekian dan terima kasih telah membaca.



Loading...

Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :)

Artikel terkait

3 Comments

  1. Artikel bermanfaat. Jadi nambah ilmu tentang komputer.
    Keren kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *