Tekno

Cara Mengatasi Laptop Lemot Karena Berbagai Masalah Umum

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Bagi Anda yang terbiasa bekerja menggunakan laptop, kenyaman selama menggunakan perangkat tersebut tentu menjadi prioritas dan harapan Anda. Agar laptop terbaik Anda tetap memiliki performa handal selama digunakan untuk bekerja.

Pemakaian yang tepat dan melakukan perawatan berkala menjadi hal yang harus diperhatikan. Jika kedua hal penting tersebut jarang diperhatikan, maka bukan tidak mungkin sebuah laptop akan mengalami berbagai macam permasalahan. Mulai dari permasalahan yang ringan, hingga permasalahan berat seperti kerusakan hardware.

Dari sekian banyak permasalahan yang ada. Performa laptop menjadi lemot atau lambat saat digunakan, menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna laptop. Saya pun pernah mengalami permasalahan laptop lemot yang cukup membuat kesal. Karena laptop begitu lama beroperasi, ketidaknyamanan menggunakan laptop selama bekerja mulai terasa.

Beberapa permasalahan yang pernah saya alami dan saya rasakan adalah, laptop terasa lama untuk masuk ke windows, browser begitu lambat dalam menampilkan halaman website, lag ketika bermain game favorit saya. Dan, yang paling menjengkelkan, saya harus menunggu cukup lama hanya untuk membuka dan menjalankan software pada laptop saya.

Dengan keyakinan bahwa tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, atau tidak ada permasalahan yang tidak dapat dicarikan solusinya. Akhirnya saya mulai mencari tahu bagaimana cara mengatasi laptop lemot dengan mudah tanpa harus melakukan instalasi ulang.

Jika kebetulan ada diantara pembaca yang mungkin mengalami permasalahan yang sama seperti yang saya alami. Melalui postingan ini Anda akan mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop lemot.

mengatasi laptop lemot

Lama Masuk Ke Windows

Ini adalah permasalahan pertama yang pernah saya alami. Ada beberapa hal penyebab mengapa laptop lama saat akan masuk ke windows, dan hal yang paling umum adalah, banyaknya program pada startup yang harus dijalankan laptop.

Saat instalasi software, sebagian besar software akan secara otomatis menambahkan icon sebagai shortcut pada desktop, dan juga masuk ke sistem startup laptop. Semakin banyak software yang harus dijalankan dalam startup, secara otomatis membuat laptop tidak dapat dengan cepat masuk ke Windows. Laptop secara otomatis akan menjalankan software-software tersebut terlebih dahulu pada saat startup, lalu barulah dapat masuk ke Windows.

Cara mengatasi laptop lemot dan membuat laptop segera masuk ke Windows, sebaiknya kurangi beberapa program atau servis yang dijalankan pada sistem startup. Pilih beberapa program atau servis saja yang paling sering Anda gunakan. Berikut cara melakukannya :

Langkah pertama : Buka sistem run pada laptop Anda dengan cara menekan tombol shortcurt Win + R. Box sistem run akan muncul otomatis di sudut kiri bagian bawah layar laptop.

Langkah kedua : Akses sistem startup, dengan cara mengetikan “msconfig” pada box Run lalu klik OK.

Langkah ketiga : Setelah msconfig dijalankan, maka layar akan otomatis menampilkan pop up sistem konfigurasi yang ingin Anda akses. Pilih tab “Startup”.

Langkah keempat : Melalu tab startup, Anda dapat mengetahui program apa saja yang dijalankan pada startup laptop. Silahkan hilangkan tanda centang pada beberapa program yang tidak ingin dijalankan, klik “Apply” lalu klik “OK”. Lalu pilih “Restart Now”.

Sistem Operasi akan otomatis melakukan perubahan sistem konfigurasi yang baru saja dilakukan agar lebih cepat masuk ke Windows.

Laptop Terasa Lambat Saat Digunakan Untuk Internetan

cara mengatasi laptop lemot

Ada banyak faktor mengapa laptop lemot ketika digunakan untuk akses internet. Mulai dari mode koneksi jaringan yang digunakan pada laptop, laptop terjangkit virus, hingga auto update windows yang berjalan secara otomatis.

Jika laptop Anda terhubung ke Internet melalui jaringan dial-up, mengakses halaman web dan konten Internet lainnya akan lambat dibandingkan dengan jaringan lebih cepat seperti broadband atau nirkabel kecepatan tinggi . Masalah kecepatan Dialup adalah masalah yang hanya bisa diperbaiki dengan upgrade ke koneksi yang lebih cepat.

Adapun jika Anda merasakan gejala akses internet menjadi lambat dan begitu berat, bandwith terasa seperti berbagi dengan IP lain, koneksi sering gagal. Maka ini pertanda laptop terserang virus tongji. Untuk mengatasi laptop lemot dengan permasalahan ini dapat dengan cara menginstal antivirus terbaru dan terupdate.

Baca : Waspadai Serangan 6 Jenis Virus Berbahaya Bagi Komputer Ini!

Sebagai rekomendasi, karena virus yang menyerang ini berasal dari internet dan juga membuat internet lemot, gunakanlah anti virus internet security. Anti virus internet security akan membantu Anda untuk mendeteksi virus yang ada di setiap halaman browser yang Anda akses. Jika terdapat virus, maka anti virus akan menahannya agar tidak masuk ke hard disk.

Mematikan windows auto update pada laptop

Pembaharuan windows tanpa sepengetahuan Anda, juga dapat membuat kinerja laptop terganggu. Hal ini disebabkan selama proses pembaharuan akan banyak file-file terbaru yang harus diupdate ke sistem operasi. Meski sangat direkomendasikan untuk memperbaharui sistem operasi, namun beberapa pengguna biasanya cukup nyaman dengan kondisi sistem operasi yang mereka gunakan saat ini.

Anda dapat mematikan windows auto update. Lakukan secara manual untuk windows 7, yaitu sebagai berikut:

1. Klik tombol menu dan pilih control panel

2. Lalu pilih windows update

3. Pilih Change seting pada menu sebelah kiri

4. Pilih Never check for update (not recommended)

5. Setelah itu klik save setting

Namun jika ternyata semua permasalahan tersebut tidak terjadi pada laptop yang Anda gunakan saat ini. Tetapi Anda tetap merasakan laptop lemot saat digunakan untuk browsing dan downloading. Maka berikut tips mengatasi laptop lemot yang bisa Anda coba :

Pastikan laptop Anda sudah terinstal browser versi terbaru yang sudah diupdate dan lebih aman. Jangan lupa untuk selalu menghapus chace, cookies dan history yang tersimpan pada browser setelah melakukan browsing internet.

Pemasangan Add Ons yang berlebihan

Add Ons yang berlebihan yang dipasang pada browser juga dapat membuat browser sering mengalam kendala dan dapat menyebabkan software laptop mudah crash. Pastikan Anda tidak memasang terlalu banyak Add Ons atau plugin pada browser.

Selanjutnya, permasalahan ini sering dialami bagi pengguna laptop dengan dukungan spesifikasi prosesor generasi lama. Saya pun pernah mengalaminya. Laptop dengan prosesor generasi lama, biasanya kinerjanya akan sedikit ngadat ketika untuk melakukan browsing dengan cara membuka banyak tabs dalam waktu yang bersamaan. Karena, semakin banyak tab yang dibuka, maka akan semakin berat pula kinerja perangkatnya.

Terakhir, jika Anda hobi download dan ingin membuat laptop dapat melakukan proses download dengan cepat. Maka ada dua cara umum yang bisa Anda pilih, pertama adalah kecepatan koneksi. Dan yang kedua menggunakan software dukungan.

Anda bisa menginstal software dukungan seperti Internet Download Manager, untuk mempercepat laptop dalam mendownload file besar seperti film atau software berkuran besar.

Laptop Sering Lag atau Crash Saat Bermain Game

Laptop tidak melulu untuk bekerja, terkadang penggunanya menyempatkan diri untuk bermain game. Agar laptop tidak sering lag atau crash selama bermain game. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan selalu mengupdate driver laptop yang Anda miliki.

Game memiliki kaitan erat dengan graphics card atau VGA. Agar laptop tetap ringan tidak mudah lag dan crash saat digunakan bermain game selalu sempatkan untuk melakukan update VGA laptop Anda. Update driver dapat dilakukan dengan berkunjung ke situs resmi VGA perangkat Anda dan mendownload update installer terbarunya. Kemudian install driver tersebut di laptop anda.

Membuka dan Menjalankan Software Begitu Lama

Permasalahan ini mungkin sangat kecil terjadi pada laptop dengan dukungan spesifikasi tinggi terbaru. Membuka dan menjalankan software berat menjadi begitu lama, apabila dilakukan pada laptop dengan dukungan spesifikasi yang tidak sesuai kriteria yang dibutuhkan software itu sendiri.

Meski demikian, ada beberapa solusi yang bisa Anda pilih untuk mengatasi laptop lemot tanpa harus membeli laptop baru. Caranya adalah dengan melakukan upgrade hardware. Misalnya melakukan penambahan RAM untuk mendongkrak kinerja laptop lebih cepat saat membuka dan menjalankan software berat.

Namun perlu diperhatikan sebelum membeli RAM, pastikan untuk mengecek jenis yang cocok dengan laptop Anda, dan berapa slot RAM ekstra yang bisa terpasang di dalamnya. Untuk menghindari kerusakan atau kegagalan dalam upgrade RAM, bagi yang belum berpengalaman, Anda bisa menggunakan jasa teknisi.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot yang disebabkan oleh beberapa permasalahan umum yang paling sering terjadi. Selain menerapkan cara-cara di atas, pastikan juga Anda melakukan perawatan laptop secara berkala. Anda juga bisa menginstal beberapa software pendukung seperti CCleaner, TuneUp Utilities dan masih banyak lagi yang lainnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close