BloggingPlugin Wordpress

Cara Mengatasi SSL Tidak Berwarna Hijau Di Blog WordPress

Penyebab SSL tidak berwarna hijau – Apa itu SSL? SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer yaitu protokol yang menyediakan keamanan komunikasi melalui jaringan komputer. Pada dasarnya SSL berfungsi untuk menjaga koneksi internet tetap aman dan melindungi data antara yang dikirim diantara dua sistem.

Dua sistem ini bisa terdiri dari server dan klien seperti pada saat kita browsing di sebuah website maupun server dengan server. Contoh koneksi keamanan dari klien dengan server yang dilindungi diantaranya adalah data pribadi pengguna.

Selain berfungsi melindungi data pribadi para penjelajah web, SSL juga mampu meningkatkan peringkat sebuah blog atau website di mata mesin pencari google serta meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap suatu website.

Dalam hal ini SSL menggunakan sebuah protokol HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure). Protokol standar http akan redirect ke https secara otomatis jika blog menggunakan SSL. Secara bersamaan pula memberi tahu pada browser yang kita gunakan bahwa koneksi antara server dan browser kita menggunakan SSL.

Koneksi yang aman dengan SSL  antara browser akan di tunjukan dengan adanya logo gembok berwarna hijau. Sedangkan apabila pada gambar gembok masih belum hijau maka belum bisa dikatakan bahwa koneksi antar keduanya aman.

SSL tidak berwarna hijau

Mengalihkan Protokol dari HTTP Ke HTTPS

Jika kalian sudah membeli sebuah SSL namun belum tampil pada blog kalian, maka langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah mengubah protokol yang digunakan pada alamat blog kalian.

Cara mengubah protokol yang pada blog wordPress sangatlah mudah. Kita bisa setting protokol ini ada pada settingan url wordPress.

Loading...

SSL tidak berwarna hijau

Masuk ke menu Setting pada wordPress, lalu pilih general. Ubahlah wordPress Address dan Site Address menggunakan HTTPS.

Mengatasi SSL tidak berwarna hijau di Blog WordPress

SSL tidak berwarna hijau

Setelah kalian setting protokol tetapi gembok SSL tidak berwarna hijau seperti gambar diatas, maka itu berarti sebagian URL masih ada yang menggunakan protokol HTTP. Dalam hal ini dapat berupa gambar ataupun link yang belum berubah menggunakan protokol https.

Untuk mengatasi SSL tidak berwarna hijau kita bisa menggunakan plugin wordPress yaitu Really Simple SSL. Dengan menggunakan plugin ini kita tidak perlu bingung penggunaannya, karena kita hanya perlu memasang plugin ini pada wordPress. Setelah itu aktifkan pluginnya dan secara otomatis plugin ini akan bekerja.

Setelah kalian pasang plugin ini coba untuk mengecek url blog kalian apakah SSL sudah terpasang dengan benar. Jika SSL menujukan logo gembok berwarna hijau maka kita sudah berhasil dan koneksi menggunakan secure connection.

Rekomendasi : Daftar Plugin WordPress Yang Wajib Di Instal Sesuai Kebutuhan

Begitulah penjelasan tentang SSL dan Cara mengatasi SSL tidak menunjukan warna hijau di blog wordPress. Langkah tadi yang saya jelaskan sudah pernah saya terapkan dan berhasil. Mungkin sekiranya dapat membantu yang lagi kesulitan memasang SSL.

Save



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Pelajaran selau ada dimana-mana walaupun di tempat bejat sekalipun.

Artikel terkait

15 Comments

  1. terima kasih, artikel ini sangat membantu
    pluginnya bekerja dan bisa menampilkan https

  2. Kenapa di google chrome selalu kagak hijau ssl nya yah.
    ane buka klik mania aja warna abu abu gak hijau
    di firefox hijau dia

    1. Coba clear cache browser terlebih dulu, disini terlihat hijau untuk link URL ini

      Penyebab warna SSL kuning atau abu – abu bisa juga disebabkan URL gambar yang tidak mencantumkan https, klik kanan – inspect elemen dan lihat dibagian kanan atas, apakah ada tanda kuning disitu.

  3. info bermanfaat gan, mau tanya ssl Let’s Encrypt ada kadaluarsanya gak ya? atau berlaku selamanya?

  4. Setelah https secure lagi apakah boleh di uninstall pluginnya mas? atau bakalan kembali lagi httpsnya tidak berwarna hijau?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *