Cara Mengecek Akun Facebook

Inilah Cara Mengecek Akun Facebook Ikut Bocor Atau Tidak, Segera Cek dan Amankan Data Facebookmu !

Cara mengecek akun Facebook bocor atau tidak sangat diperlukan dewasa ini. Sebab semenjak beberapa waktu yang lalu, Facebook terus disorot dunia internasional, akibat bocornya data sebagian penggunanya ke perusahaan Cambridge Analytica sebagai perusahaan pihak ketiga.

Data pengguna facebook tersebut kemudian dipakai sebagai alat guna keperluan politik, dengan jalan membentuk suatu opini di jejaring sosial. Meski belum diketahui jumlah pasti pengguna Facebook yang bocor. Namun sejak 4 April kemarin, Facebook sudah merilis keterangan yang menjelaskan angkanya, berkisar 80 juta pengguna.

Pengguna Indonesia Perlu Mengetahui Cara Mengecek Akun Facebook dari Kebocoran

Menurut keterangan Facebook, diperkirakan secara total akun yang bocor datanya adalah sebanyak 87 juta akun. Pemilik akun yang terbanyak yang kemungkinan telah dibocorkan ke Cambridge Analytica tersebut adalah berasal dari Amerika Serikat.

Negara kita merupakan salah satu negara dengan kebocoran data Facebook terbesar, yaitu lebih dari satu juta pengguna yang datanya telah dibocorkan ke Cambridge Analytica.

cara mengecek akun facebook bocor atau tidak

Oleh karena itu, sebagai pengguna Facebook kita tidak bisa menganggap remeh masalah ini begitu saja. Setidaknya kita harus mengetahui, apakah akun Facebook kita selamat dari kebocoran data ke perusahaan konsultan, Cambridge Analytica yang bermarkas di London  tersebut atau tidak.

Baca Juga : Siap – Siap, Facebook Diblokir Apabila Tak Penuhi Panggilan Menkominfo

Cara Mengecek Akun Facebook dari Kebocoran Data

Sebenarnya sejak 9 April kemarin kabarnya Facebook sudah mulai memberitahukan pada para penggunanya perihal kebocoran data tersebut. Setiap pemegang akun akan mendapatkan pemberitahuan terkait terakses atau tidaknya data mereka.

Loading...

Facebook juga mengatakan jika pengguna akan diperlihatkan terkait aplikasi yang mereka gunakan serta berbagai data apa saja yang diperoleh aplikasi tersebut dari akun Facebooknya.

Namun demikian jika sobat belum juga melalui notifikasi tersebut melalui akun Facebooknya, maka sobat bisa login ke Facebook untuk mengeceknya dengan cara klik di sini.

Dengan mengklik tautan tersebut, maka Facebook akan memberitahu sobat, apakah data akun sobat digunakan oleh Cambridge Analytica atau tidak.

Cara ini merupakan cara paling simple dan praktis, sembari sobat menunggu datangnya pemberitahuan resmi dari Facebook.

Segera Amankan Akun Facebookmu untuk Mencegah Hal-Hal yang Tidak Diinginkan

Selain kasus bocornya data pengguna Facebook yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan, sebenarnya sudah banyak bukti nyata bahwa media sosial selain memberi dampak negativ juga membawa pengaruh buruk.

Dimulai dari kemungkinan akun Facebook dibobol hacker yang dapat berujung pemerasan, penipuan, bahkan hingga beberapa orangtua yang kehilangan anak gadisnya karena kenalannya di dunia maya tersebut.

Oleh karena itu, guna meminamalisir berbagai kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi, satu diantaranya kasus keboccoran data ini. Maka sudah sepantasnya jika kita mengamankan akun Facebook kita.

Berikut beberapa langkah yang bisa lakukan untuk mengamankan akun Facebook yang kita miliki tersebut :

Unduh semua data Facebook sobat

Pada dasarnya Facebook memiliki fitur agar pengguna dapat membackup dan mengunduh semua data yang terdapat pada masing-masing akun penggunanya.

Adapun untuk melakukannya, sobat tinggal menampilkan menu dengan cara menekan tombol kanan bawah yang berada di bagian pojok kanan atas.

Setelah tampilan menu muncul, berikutnya tinggal memilih menu setting.

Maka pada halaman General Account Setting sobat akan menemukan Download a copy, yang berfungsi untuk sobat mengunduh semua aktivitas sobat di Facebook, berbagai informasi yang telah diposting, hingga berbagai iklan yang pernah sobat klik.

Ubah setelan privasi Facebook

Mengatur privasi Facebook, merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Sebab dengan langkah ini maka dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat profil Facebooknya, mengatur siapa yang dapat meminta pertemanan kepada akun Facebooknya, hingga mengatur siapa saja yang bisa melihat berbagai informasi dan foto yang di unggah di Facebook.

Untuk mengatur privasi Facebook silahkan masuk kembali ke menu setting, dan kemudian pilih tombol edit untuk mulai mengaturnya.

Jangan lupa atur setelan linimasa dan tagging

Pada menu setting, sobat juga dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat aktivitas sobat di Facebook. Dalam menu ini, sobat akan disuguhkan beberapa pilihan yaitu setelan tagging dan linimasa.

Setelan linimasa, memungkinkan sobat untuk dapat mengatur siapa saja dapat melihat postingan-postingan sobat, mulai dari publik, teman, orang-orang khusus yang sobat pilih, atau bahkan hanya sobat yang bisa melihat postingan tersebut.

Sementara menu tagging memiliki fungsi untuk mengatur siapa saja yang dapat menandai (tagg) akun facebook sobat pada postingannya.

Penting untu mengecek aplikasi pihak ketiga yang aktif

Bocornya puluhan juta data pengguna Facebook adalah karena ulah pihak ketiga. Oleh karenanya sobat harus benar-benar hati-hati dan waspada, untuk selalu mengecek aplikasi apa saja yang dapat mengakses data pribadi sobat.

Untuk melakukannya silahkan masuk saja halaman setting. Pada halaman menu settng, silahkan klik tombol apps ataupun aplikasi, untuk mendapatkan keterangan aplikasi mana saja yang memiliki akses pada data pribadi akun Facebook sobat.

Periksalah setiap aplikasi dengan cermat dan teliti, kemudian matikan segera jika ada aplikasi yang mencurigakan bahkan membahayakan.

Jurus pamungkas hapus akun Facebook sobat

cara mengecek akun facebook bocor atau tidak

Menghapus akun Facebook merupakan langkah terakhir, yang bisa sobat lakukan jika tidak ingin lagi menggunakan media sosial Facebook.

Jika sobat sudah mantap ingin menghapus akun Facebooknya secara permanen, silahkan masuk ke menu setting. Selanjutnya pilihlah download a copy of your Facebook data. Lalu silahkan sobat masuk ke halaman ini. dan selanjutnya pilih “hapus akun saya”

Baca JugaSkandal Facebook Terungkap, Haruskah Hapus Akun?

cara mengecek akun facebook bocor atau tidak

Namun sebelum langkah ini dilakukan sebaiknya arsipkan terlebih dahulu semua data yang ada di Facebook seperti kiriman di dinding personal, informasi profil dan koleksi foto.

Adapun cara mengarsipkannya adalah tinggal masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih unduh salinan yang letaknya berada di bawah, dan klik unduh arsip.

Maka selanjutnya saat semua data telah siap, maka data Facebook sobat tersebut akan dikirimkan melalui email yang sobat gunakan untuk mendaftar Facebook.

Penutup

Itulah sobat berbagai upaya yang bisa kita lakukan untuk mengamankan data kita agar tidak dengan seenaknya dicuri pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saran penulis, jika sobat masih ingin menggunakan media sosial, bijaklah dalam menggunakannya. Sharelah hal-hal yang bermanfaat, yang bisa saling menumbuhkan hal-hal baik, dan menginspirasi bagi sesama. Hindari mengekpos hal-hal negative, foto-foto vulgar, dan berbagai hal lain yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Berinteraksi didunia maya, pada hakikatnya hampir sama dengan kita berinteraksi dan bergaul di dunia nyata, Bahkan kekuatan pergaulan dunia maya lebih dahsyat dari dunia nyata, oleh karena itu senantiasa ingat dan praktekanlah sabda Nabi kita berikut ini :

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Sumber : Kompas.com


Loading...

Bagikan

Penulis

Dede tatang
Dede tatang
خير الناس أنفعهم للناس
Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Putra Kamal Larangan Brebes

Me Visit us :
https://www.duniaelektronik.net/
http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com
https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9A

Berusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.


“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).
Dede tatang

Penulis

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *