Tekno

Cara Mengetahui Aplikasi Android Palsu, Hati-hati Sebelum Mengunduhnya

Banyak cara dilakukan scammer untuk mengelabui korbannya, salah satunya adalah membuat aplikasi yang seolah-olah mirip dengan aslinya. Anda harus jeli dan berhati-hati agar bisa mengetahui aplikasi Android palsu meskipun diunduh dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store.

Scammer menggunakan aplikasi Android palsu untuk menyisipkan virus jahat atau malware yang bisa berpotensi mencuri informasi pribadi Anda, seperti kartu kredit. Kejahatan dunia maya ini banyak merugikan pengguna ponsel, karena rata-rata mereka tidak menyadarinya.

Cara Mengetahui Aplikasi Android Palsu

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengunduh aplikasi Android agar terhindar dari ancaman scammer.

1. Cek Pengembang Aplikasi

Anda harus teliti dan mengetahui nama perusahaan ataupun pengembang aplikasi yang bersangkutan. Karena biasanya, scammer menggunakan nama yang sama.

Contoh :

  • Overstock.com (asli).
  • Overstock Inc (palsu).

2. Cek Ulasan Aplikasi

Untuk membedakan Aplikasi Android palsu dengan aplikasi yang sebenarnya bisa dilihat pada ulasan (review) penggunanya. Sementara untuk review pada aplikasi Android palsu hampir tidak ada sama sekali.

mengetahui aplikasi Android palsu

3. Cek Tanggal Publish

Ini yang terkadang tidak dicermati oleh para pengguna, untuk mengetahui Aplikasi Android palsu bisa dilihat pada tanggal rilis. Untk yang palsu biasanya mencamtukan tanggal penerbitan (published date) terbaru, sedangkan untuk aplikasi Android yang asli menampilkan “updated on” atau “diperbarui pada…”.

Loading...

4. Cek Deskripsi Aplikasi

Deskripsi aplikasi juga sering diabaikan oleh pengguna, biasanya pada penulisan diskripsi aplikasi Android palsu ditulis alakadarnya, tidak selengkap pada aplikasi yang asli. Walaupun sama persis, terkadang juga ada penulisan diskripsi yang kurang lengkap.

Jika Anda ragu-ragu untuk mengunduh aplikasi yang kebetulan mempunyai nama sama atau persis, sebaiknya Anda mengunduh langsung dari situs resmi developer. Biasanya akan ada opsi “Get our app” yang akan mengarahkan Anda langsung ke aplikasi yang asli.

Nah, itulah cara mengetahui aplikasi Android palsu agar Anda dapat membedakannya. Tindakan yang lebih berhati-hati akan menghindarkan Anda dari tindak kejahatan dunia maya, terutama scammer yang mengambil keuntungan dari aplikasi Android yang sudah di modifikasi dengan virus.

Selanjutnya : Melacak dan Menemukan Ponsel Android Hilang atau Dicuri Dengan Bantuan Google



Loading...

Baca selengkapnya

M Sobirin

Hanya Blogger rajin menulis.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy