Cara Mengetahui Pencuri Wi-Fi dan Memblokirnya

Cara Mengetahui Pencuri Wi-Fi dan memblokirnya – Saat handphone kita terhubung ke jaringan internet baik itu melalui paket data maupun Wi-Fi, kita terkadang tidak mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan system dalam koneksi mengalami keterlambatan dan menjadi lambat prosesnya.

Sebenarnya hal ini terjadi bukan karena sinyal WiFi yang sedikit, tapi ada hal lain yang dapat menyebabkan hal semacam ini bisa terjadi. Kita tidak tahu jenis perangkat apa yang dari pertama sudah terpasang sehingga menjadi penghambat jalan kerja dari WiFi.

Cara Mengetahui Pencuri Wi-Fi

Anda dapat memilih aplikasi android : Fing Network Tool untuk solusinya. Apa hebatnya dari aplikasi ini?

Pencuri Wi-Fi

Tampilan Fing

Fing Network Tools secara cepat dalam waktu sepersekian detik memberitahu kamu mengenai beberapa perangkat asing yang tidak diketahui, dan telah terpasang pada aliran WiFi kamu.

Dengan aplikasi ini, dijamin pasti keamanan dari kamu dan menghindari penyadapan atau pencurian data internet yang banyak terjadi belakangan ini.

Berikut beberapa fitur dari aplikasi Fing- Network Tools

  1. Aplikasi ini bisa terhubung dengan berbagai media sosial pailing populer, seperti Facebook, Gmail, hingga Twitter
  2. Perangkat anda mendapat fasilitas gratis scanning dan pencarian port.
  3. Pengaktifan dari alat dilakukan lewat masing-masing ponsel.
  4. Dapat deteksi adanya kemungkinan jaringan sinyal internet.
  5. Alamat MAC dapat ditampilkan dari penyedia layanan.
  6. Terdapat pengertian lebih tentang jaringan internet.

Cara menggunakan aplikasi Fing

Pada bagian atas interface Fing, disana akan terlihat nama jaringan WiFi anda, kemudian pilih refresh pada bagian menu setting. Kini anda tinggal ketuk refresh, selanjutnya kini anda bisa melihat perangkat-perangkat yang berjalan di jarinagn WiFi anda, baik smartphone maupun Personal Computer.

Aplikasi Fing ini juga memiliki banyak fitur seperti mengirim laporan, mengecek open TCP ports dan yang paling populer dari fitur Fing ini adalah mampu mengubah nama IP yang terlihat dan fitur ini bertujuan untuk melihat siapa saja yang menggunakan WiFi yang otomatis tertulis dalam interface Fing.

Sekali ketahuan maka yang perlu dilakukan adalah klik saja IP pencuri Wi-Fi tersebut dan di bagian atas terdapat opsi menu “enter a name” lalu masukan nama baru untuk IP address tersebut, misalnya dengan memberikan nama maling WiFi.

Cara memblokir perangkat tidak dikenal

Untuk memblok perangkat asing yang menerobos WiFi caranya pada desktop PC anda masukan alamat IP di browser lalu akan diminta memasukan kata sandi dan username router kamu jika kamu tidak malas untuk merubahnya maka akan ditentukan di dalam perangkat.

router

router Fing

Masuk ke tab security dan masukan kata sandi baru. Dapat juga dilakukan pemblokiran pencuri Wi-Fi atau akses untuk perangkat lain secara keseluruhan. Pada aplikasi Fing ini akan diperlihatkan informasi dari perangkat Anda yang terkoneksi.

Tuliskan alamat MAC, carilah pilihan menu “Block devices” pada menu konfigurasi di komputer anda. Di bagian Access Control, anda dapat menyaring MAC (satu atau lebih) yang telah anda tandai tadi.

Referensi lain : Beberapa Aplikasi Terbaik Pilihan untuk Perangkat Android

Ini akan memblokir alamat pencuri Wi-Fi lain yang mencoba untuk menyusup. Jika memilih pilihan ini, maka tidak akan ada orang lain yang akan dapat terhubung ke WiFi anda tanpa mematikan pilihan Access Control.

Related Posts

About The Author

Add Comment