Adsense Di Youtube

Cara Mengganti Audio Yang Di Cekal Di Youtube

Tahukah anda,salah satu penyebab video anda gagal menghasilkan uang dari youtube adalah audio atau lagu yang anda gunakan mempunyai hak cipta atau di lindungi undang undang, mungkin pernah mengalami bahwa video anda tidak bisa di tayangkan di beberapa negara tertentu, hanya gara gara audio atau lagu yang ada dalam video tersebut mempunyai hak cipta alias yang mempunyai hak paten atau ijin resmi, jadi kita tidak boleh menggunakanya sembarangan, apalagi kalau video yang kita upload di kaitkan dengan akun google adsense. Lantas bagaimana kalau video tersebut sudah terlanjur kita upload dan sudah di mempunyai page view atau jumlah tayangan yang banyak? Sayang sekali kan kalau video itu ternyata tidak bisa di monetisasi (di pasang iklan google)
Cara Mengganti Audio Yang Di Cekal Di Youtube
Jika memang di cekal karena latar belakang musik atau audionya, kita hanya perlu menghapusnya dan ganti dengan musik yang telah disediakan oleh youtube, dengan pustaka audio dari youtube kita tidak perlu lagi khawatir video kita akan di cekal, atau tidak dapat tayang di beberapa negara, ada banyak sekali (sampai ribuan) pilihan yang di sediakan, kita tinggal menyesuaikan saja dengan tema video kita, Intinya kita hanya perlu menghapus audionya saja, kita bisa mengganti secara online, karena fitur ini sudah di sediakan oleh pihak youtube, walaupun masih dalam versi Beta. Tapi setidaknya kita tidak perlu meng upload ulang video kita dari awal lagi.

Cara mengganti Audio di youtube
Istilah ini sering di sebut dengan remonetize youtube , yang bertujuan memunculkan iklan google di video yang di cekal karena lagu tersebut mempunyai hak cipta.
1. Login ke akun youtube
2. Klik creator studio ( di foto profil youtube), masuk ke pengelola video.

Cara Mengganti Audio Yang Di Cekal Di Youtube
ย 3. Temukan video anda yang audionya di cekal, klik gambar tombol panah, di sebelah edit.ย Arahkan ke audio.
Cara Mengganti Audio Yang Di Cekal Di Youtube
4. Anda bisa langsung menuju ke Hapus audio, tunggu beberapa saat sampai audio benar benar terhapus semua.
Cara Mengganti Audio Yang Di Cekal Di Youtube
ย 5. Setelah itu pilih audio atau lagu sesuai keinginan anda, atau anda bisa pilih audio yang sesuai dengan panjang durasi video anda.
Cara Mengganti Audio Yang Di Cekal Di Youtube
Cara Mengganti Audio Yang Di Cekal Di Youtube
6. Setelah di rasa cocok dengan pilihan anda klik simpan untuk melakukan proses penggantian audio, dalam proses ini anda di harapkan untuk bersabar, tunggu sampai proses upload audio anda yang baru. Jangan terburu buru meninggalkan halaman browser sampai semua proses upload audio benar benar selesai. Biasanya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
Cara Mengganti Audio Yang Di Cekal Di Youtube
Setelah semua selesai, anda sudah bisa melihat hasilnya, bahwa video anda kini tidak lagi di cekal, dan anda sudah bisa monetisasi videoย  dengan iklan. Atau dalam kasus tertentu, anda harus menunggu untuk beberapa hari dulu untuk proses monetasi , biasanya paling lama adalah 7 hari semenjak proses penggantian audio. Tapi pengalaman saya langsung bisa di monetisasi asalkan proses penggantian audio atau lagu sudah selesai.

Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

33 Comments

  1. Info yg bermanfaat gan, baru tau ane gan kalau audio youtube bisa diganti waktu kena cekal. Thanks infonya

  2. masalahnya gak bisa diganti dengan upload lagu pilihan sendiri. harus pilih yang udah disediain di youtube

  3. halo kak. aku mau nanya. backsound yang aku pake berdurasi 14 detik dan selanjutnya audio aku berbicara. klo misal pake backsound dri pustaka youtube terus durasinya aku turunin ke 14 detik. kira-kira yang audio bagian aku ngomong bakalan hilang nggak ya? thankyou ka.

    1. Sepertinya fitur mengganti Audio Youtube seperti itu belum tersedia, jadi kemungkinan besar Audio awal akan tertimpa (tergantikan)

  4. Permisi agan-agan mohon pencerahannya. Apabila kita me-live streaming kan motogp atau sepak bola apakah diperbolehkan?
    Terima kasih

  5. Agan2 mohon pencerahannya. Jika kita me-live streaming kan motogp atau sepak bola apakah diperbolehkan? ?
    Terima kasih!

  6. ketika kita kena teguran, terus kita hapus video itu,,,selesai ga gan masalahnya?..atau tetap masih bermasalah?
    terima kasih..mohon pencerahanya

  7. mas nanya kalau video youtu kena Copyright , tindakanya harus dihapus atau gimana mas

  8. Nice artikel bang Gani :)…Sekedar berbagi pengalaman. Bener banget kalau youtube itu memang ketat. Dikit-dikit ada klaim hak cipta. Yang paling banyak masalah audio. Baru saja saya upload video yang menggunakan musik dari Bensound. Padahal di situs tersebut sudah nyata ada keterangan free royalty music dan bisa digunakan untuk video youtube tapi tetap saja kena klaim hak cipta. Yang mengklaim orang Vietnam kayaknya. Mau ganti musik dari pustaka audio youtube gak ada yang cocok. Ya sudah, akhirnya saya hapus tuh audio. Akhirnya sekarang videonya jadi bisu tapi bisa dimonetize. La, daripada ada musik yang enak didengar tapi dimonetize orang. Soalnya itu video original tentang tutorial n buatnya dengan susah payah. Sayangkan kalau hanya gara-gara musik akhirnya dimonetize orang hmmm…. ๐Ÿ™

  9. Saya sudah coba mengganti audio di youtube tp gak pernah berhasil.
    Kmrn video saya panjangnya sekitar 30 menit, isinya acara perpisahan sekolah. Trus ada trek lagu yg kena cekal di youtube. Durasi lagu yang mau diganti sekitar 5 menitan.
    Malahan suara videonya jadi hilang semua. Yang ada suara cuma lagu baru yang 5 menitan doang,
    sisanya hilang, ga ada suara sama sekali.
    Jadi rusak deh videonya, Terpaksa upload ulang lagi setelah diedit dulu di laptop.
    Padahal berkali kali sy coba seperti yg agan tulis diatas tetap aja suaranya hilang.
    Apa yang salah ya. Mohon bantuannya gan..
    Thanks

    1. Untuk video yang sudah lama, atau sebelumnya pernah diganti atau mendapatkan peringatan tentang reputasi buruk maka saat itu juga tidak bisa mengganti audionya mas. Saya juga ada satu video yang audionya tidak bisa diganti, setelah status reputasi buruk berakhir baru bisa diganti.

  10. mas kalau saya punya vidio dan lagu .. vidio nya berisi lirik dari lagu tersebut..
    nah jadi masalah nya lagu tersebut terkena klaim.. padahal saya sudah edit full..
    ngerubah equalizer . pitch nya di naikin . kok masih kena klaim.. kalau di ganti di youtube appakah ada lagu yang saya yang klaim tersebut.. ?

  11. mas, video saya kena klaim hak cipta karena video saya pakai audio pihak ketiga, tapi kenapa pas mau di ganti dengan audio pustaka yang ada di youtube selalu gagal.

  12. hallo mas,misal,apabila saya mengcover lagu milik ABC.apakah ada notif dr ytb/adsense tentang penghasilan yg dibagi 2 dengan pencipta lagu ABC. ? kalau ada nomor WA,saya mau tnya byk hhe .trimakasih

  13. gimana cara ganti lagu bawaan youtube dengan lagu lain gan

  14. kalau video berdurasi lebih dari 10 menit bagaimana bang?
    yang kena hak cipta 1 Audio backsound nya( durasi back soundnya 2mnit)
    sedangkan saya ada 3 backsound yang berbeda2 di sana.
    apakah pas di hapus backsoundya hilang semua?๏ปฟ

    1. Bisa diganti mas, dengan audio pustaka youtube, cari yang kira-kira sesuai dan cocokkan durasi audio dengan panjang videonya.

  15. Ada syarat gx mas buat daftar adsense youtube seperti berapa video y udah kita upload n brapa viewnya mas ?

    1. Tidak ada aturan berapa view untuk mendaftar Adsense youtube, asalkan video Original termasuk audionya maka kemungkinan besar akan diterima.

  16. saja juga pernah malah video saya dicekal diseluruh dunia padahal baru upload hari itu juga, langsung kena pentung. dicekal audio plus visual. mumpung belum sehari video itu tayang di youTube langsung saya hapus. terus saya coba baca tentang hak cipta di youTube terus ada kutipan peringatan “Menghapus video yang mempengaruhi reputasi akun tidak akan memulihkan reputasi baik akun anda”. serem banget dah ya padahal videonya cuman cuplikan drama jepun yg durasinya nggak sampek 5 menit dan yang mengiklam langsung dari sebuah stasiun tv jepun. kemudian saya coba cek di reputasi saluran saya untung masih tertulis Baik. hahahaaaa….. padahal niat saya cuman buat sharing aja bukan nyari money

    1. Biasanya drama TV atu film serial mempuyai proteksi Content ID yang secara otomatis akan meng-claim jika ada material video atau visual audio yang digunakan oleh orang lain, ya syukurlah reoutasi masih bagus mbak rahayu ๐Ÿ˜€

  17. kalo upload vidio backing track lagu popular resiko kena pentung ga gan??
    sama kalo mw bikin cover lagu itu resiko kena hak cipta ga?

    1. Ya betul..itu namanya cover.
      Tidak beresiko..nanti akan di claim pihak ke 3, karena lagu ada hak ciptanya.

      Hanya saja masih bisa tetap di monetisasi, tetapi hasilnya akan dibagi 2 dengan pemilik lagu asli.

  18. kak caranya gimana dong biar bisa tambahin lagu favorite kita ke video kita? ๐Ÿ™ soalnya video2 orang lain isi musik nya juga, makanya jd pingin tambahin musik tp di klaim sm pihak youtube ๐Ÿ™ mungkin ada website tertentu untuk musik yg ga diklaim?

    1. Di atas sudah dijelaskan, ada pustaka audio youtube yang bisa di gunakan secara gratis…lagunya banyak yang keren-keren juga lhoo ๐Ÿ˜€

  19. oh jadi begitu ya caranya gan, saya setiap upload video pasti kena pentung youtube, padahal videonya cuman main game ETS plus hidupin Audionya, pas di Upload malah di pentung. apees apeees

    terima kasih gan, cara ini berhasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close