Tekno

Cara Belanja Menggunakan Apple Pay di MacBook Pro Touch Bar

Baru membeli MacBook terbaru untuk keperluan pengelolaan dan pengembangan bisnis terbaik Anda ? “Selamat”. Jangan lupa ketahui bagaimana cara menggunakan Apple Pay di MacBook yang baru saja Anda beli dan miliki.

Bagi Anda para profesional atau pebisnis berpengalaman Indonesia, dengan mobilitas tinggi yang sering berpergian ke luar negeri. Baik untuk urusan bisnis maupun berwisata, pastikan Anda membawa MacBook terbaru yang tipis dan ringan tersebut.

Mengapa ? Karena, ketika Anda ingin berbelanja keperluan atau kebutuhan bisnis perusahaan dengan cara yang lebih praktis, cepat dan aman. Anda bisa menggunakan layanan Apple Pay yang sudah terintegrasi di dalam MacBook baru milik Anda.

Tidak hanya praktis, cepat dan aman, cara belanja menggunakan Apple Pay di MacBook juga sangat mudah. Bahkan ketika digunakan oleh pemilik MacBook baru sekalipun.

menggunakan Apple Pay
Sumber Foto MacBook Pro Touc Bar via : www.notedtech.net

Sekilas Tentang Apple Pay “Fungsi & Wilayah Layanan”

Apple Pay adalah layanan pembayaran digital premium milik Apple yang memanfaatkan teknologi NFC (Near Field Communication) dan dukungan kartu kredit atau kartu debit.

Bagi pengguna perangkat Apple di beberapa wilayah atau negara yang mendukung. Fungsi utama Apple Pay adalah sebagai alat pembayaran transaksi belanja tanpa uang cash dan kartu fisik di merchant-merchant partner Apple.Berdasarkan informasi yang berhasil saya himpun, Apple Pay resmi dirilis Selasa.

Saat ini Apple Pay dapat digunakan oleh para pemilik perangkat Apple, seperti iPhone, Apple Watch, iPad dan Mac. Bagi pengguna Mac khususnya MacBook, Apple telah menambahkan lebih banyak daftar lembaga keuangan yang telah mendukung Apple Pay.

Penambahan daftar lembaga keuangan ini dilakukan oleh Apple saat merilis MacOS Sierra generasi penerus OS X. Apple telah menambahkan lebih dari 30 lembaga keuangan baru yang terdiri dari bank dan Credit Union (koprasi kredit).

No Nama Bank & Credit Union
1 Advantis Credit Union
2 Bank Iowa
3 Bank of the James
4 Basile State Bank
5 BloomBank
6 Cedar Point Federal Credit Union
7 Cincinnati Ohio Police Federal Credit Union
8 Citizens & Northern Bank
9 Citizens Commerce National Bank
10 Common Wealth Bank and Trust
11 Credit Union of Ohio
12 Entrust Financial Credit Union
13 F&M Trust
14 First Service Credit Union
15 GenFed Financial Credit Union
16 Hawaii Law Enforcement Federal Credit Union
17 Katahdin Trust Company
18 Knoxville TVA Employees Credit Union
19 Lake Area Bank
20 Libertyville Savings Bank
21 Maine Highlands Federal Credit Union
22 National Bank and Trust
23 Ohio Valley Bank
24 Savings Institute Bank and Trust Co.
25 Security First Credit Union
26 Shamrock Bank
27 South Carolina Federal Credit Union
28 The Farmers and Merchant Bank
29 The Northumberland National Bank
30 TNConnect Credit Union
31 TrueCore Federal Credit Union
32 University Of Iowa Community Credit Union
30 Westfield Bank

Cakupan Wilayah atau Negara Layanan

Layanan Apple Pay telah merambah ke berbagai wilayah di beberapa negara. Selain di Amerika Serikat, United Kingdom (UK), Canada, Australia. Layanan Apple juga telah mermabah ke China, Jepang, dan Singapura tepatnya pada tahun 2016.

Singapura dan Jepang

Khusus untuk negara Singapura, Apple Pay secara resmi dirilis pada 19 April 2016 dengan dukungan kartu American Express. Sebulan kemudian tapatnya 25 Mei 2016. Apple memperluas Apple Pay dengan dukungan kartu kredit dan kartu debit Vissa dan MasterCard yang dikeluarkan oleh lima bank terpopuler di Singapura. Diantaranya adalah : POSB, DBS Bank, OCBC Bank, United Overseas Bank (UOB) dan Bank Standard Chartered.

Sementara untuk negara Jepang, Apple secara resmi mengumumkan bahwa Apple Pay dapat mulai digunakan oleh pengguna iPhone 7 dan Apple Watch pada 7 September 2016.

Saat itu para pengguna iPhone 7 dan Apple Watch di Jepang dapat menggunakan kartu kredit lokal atau kartu FeliCa. Namun saat ini hanya ada satu kartu yang mendukung Apple Pay di Jepang, yaitu kartu Suica.

Selain negara-negara tersebut di atas, berikut saya sajikan juga daftar wilayah dan negara lainnya yang sudah dapat menggunakan layanan Apple Pay untuk keperluan transaksi.

  1. Australia
  2. Canada
  3. China
  4. France
  5. Guernsey
  6. Hong Kong
  7. Ireland
  8. Isle of Man
  9. Italy
  10. Japan
  11. Jersey
  12. New Zealand
  13. Russia
  14. San Marino
  15. Singapore
  16. Spain
  17. Switzerland
  18. Taiwan
  19. UK
  20. USA
  21. Vatican City

Merchant Partner Apple Pay

menggunakan Apple Pay
Ilustrasi Merchant Apple Pay, Foto : Pixabay

Apple Pay telah bekerja sama dengan banyak marchant partner yang bergerak dalam berbagai bidang jasa dan industri. Ada sekitar seratus gerai, toko atau retail yang sudah mendukung pembayaran via Apple Pay.

Sementara website online yang saat ini sudah mendukung checkout dengan Apple Pay ada lebih dari 24 website. Berikut 30 merchant partner baik retail dan website yang mendukung pembayaran menggunakan Apple Pay :

30 Merchant Partner Apple Baik Retail dan Website
1-800-Flowers Adidas Alaska Airlines
Coach EasyJet Expedia
Groupon HSN Lululemon
NYT Kohls Nike
Office Depot Orbitz Overstock
Panera People Pizza Hut
Rakuten Reebok Staples
Target Time TopShop
Toys R Us Travelocity United Wayfair

Cara Menggunakan Apple Pay

Persiapan Menggunakan Apple Pay di MacBook

Apple Pay menawarakan pengalaman pembayaran transaksi baru yang praktis, aman, cepat dan pastinya lebih private dalam melakukan pembayaran setiap transaksi belanja Anda.

Sebelum Anda berbelanja berbagai macam kebutuhan yang diperlukan dan melakukan pembayaran menggunakan Apple Pay melalui MacBook baru Anda. Anda perlu melakukan pengaturan awal Apple Pay terlebih dahulu.

Setting Safari

Pastikan Safari pada MacBook Anda sudah diatur untuk mengijinkan menampilkan website-website yang sudah mendukung pembayaran memakai Apple Pay. Berikut cara pengaturannya :

Langkah pertama, Buka Browser Safari di MacBook Anda

Langkah kedua, Lalu akses menu Preferences pada browser Safari Anda

Langkah ketiga, Lalu klik Tab Privacy

Langkah keempat, Lalu pilih atau beri tanda centang pada menu Apple Pay, agar website-website dapat menampilkan pilihan pembayaran atau check out menggunakan Apple Pay.

Setelah pengaturan safari selesai, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menambahkan kartu kredit terbaik milik Anda ke Apple Pay.

Salah satu MacBook paling baru saat ini adalah MacBook Pro Touch Bar. MacBook Pro yang lebih tipis dan ringan dari generasi sebelumnya ini, sudah dilengkapi layar sentuh (Touch Bar) dengan dukungan Touch ID.

Touch ID sendiri selain berfungsi untuk mempermudah Anda mengaktifkan MacBook tanpa harus mengetikan user dan password. Fitur canggih yang memanfaatkan sidik jari ini juga bisa digunakan untuk proses verifikasi transaksi dan pembayaran.

Mendaftarkan Kartu Kredit Ke Apple Pay

Saya berharap MacBook baru yang sudah Anda beli saat ini adalah MacBook Pro Touch Bar. Dan berikut cara menambahkan kartu kredit ke layanan Apple Pay melalui MacBook Pro Touch Bar :

Langkah pertama, Akses menu System Preferences untuk menemukan ikon Wallet dan Apple Pay.

Langkah kedua, klik ikon Wallet dan Apple Pay, lalu klik tab Add new Credit or Debit card.

Langkah ketiga, Anda bisa menambahkan kartu kredit secara otomatis dengan bantuan kamera inSight Mac Anda. Atau melakukan input data kartu kredit secara manual. Masukan Nama, Nomor Kartu, Tanggal Masa Berlaku Kartu, dan Kode Keamanan dengan benar ke dalam kolom kartu kredit yang tersedia di Apple Pay.

Langkah keempat, baca seluruh informasi Terms and Conditions kartu kredit Anda, lalu pastikan Anda menyetujuinya dengan cara menambahkan tanda centang pada kolom Term and Condition kartu.

Langkah kelima, Selanjutnya pihak bank penerbit akan melakukan verifikasi kartu Anda, dan mengirimkan notifikasi baik melalui email, atau panggilan telepon bahwa Apple Pay Anda sudah siap untuk digunakan.

Cara Berbelanja Memakai Apple Pay di MacBook Pro Terbaru

Setelah verifikasi kartu oleh pihak bank selesai dilakukan, selanjutnya Anda dapat mulai berbelanja menggunakan Apple Pay melalui perangkat MacBook Pro
Touch bar.

Cara berbelanja menggunakan MacBook Pro Touch Bar dan memakai Apple Pay untuk melakukan transaksi pembayaran belanjaan Anda cukuplah mudah.
Berikut panduannya :

Langkah pertama, kunjungi website belanja online merchant Apple menggunakan safari MacBook Pro Touc Bar Anda

Langkah kedua, pilih produk dalam website belanja online yang ingin Anda beli. Lalu klik checkout.

Langkah ketiga, selanjutnya klik tab check out dengan Apple Pay.

Langkah keempat, pastikan pengisian alamat pengiriman sudah dilakukan dengan benar.

Langkah kelima, konfirmasi pembelian menggunakan Apple Pay dengan cara menekan tombol Touch ID di bagian kanan Touch Bar dengan jari Anda.

Penutup

Bila dibandingkan menggunakan kartu fisik, cara berbelanja menggunakan Apple Pay memang lebih mudah dan praktis. Bahkan jika dilakukan melalui MacBook Pro Touch Bar, Anda hanya menyentuhkan jari Anda ke tombol Touch ID, maka pembelian dan proses pembayaran sudah selesai dan berhasil dilakukan.

Anda tidak lagi repot menggesek atau menginputkan password saat melakukan transaksi. Bahkan meski dompet yang penuh dengan kartu kredit Anda tertinggal. Anda tetap dapat melakukan transaksi belanja dan pembayaran menggunakan Apple Pay.

Semoga panduan memanfaatkan layanan Apple Pay ini bermanfaat bagi Anda pemilik MacBook Pro Touch Bar Baru yang memiliki rekening tabungan di bank luar negeri. Dan juga menjadi refrensi bacaan tambahan penambah wawasan bagi sebagian pembaca lainnya.

Terakhir, khusus untuk pengguna MacBook Pro tanpa layar touch bar juga bisa berbelanja menggunakan layanan Apple Pay di MacBook tersebut. Tapi proses konfirmasi dilakukan melalui Touch ID di iPhone atau Apple Watch.

Selain untuk keperluan pembayaran transaksi belanja, melakukan donasi ke sejumlah lembaga penerima donasi juga bisa menggunakan Apple Pay.

Sumber dan refrensi bacaan : Apple, Loop.co.id, MakeMac, iMore, Wikipedia, dan 9to5mac   


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close