Internet

Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp COVID-19 Kemkominfo

Penyebaran virus Corona (COVID-19) yang begitu cepat di Indonesia membuat pemerintah melakukan berbagai macam upaya, dan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan membuat chatbot WhatsApp.

Pihak pemerintah melalui Kemkominfo telah menjalin kerja sama dengan pihak WhatsApp, dan mereka telah memperkenalkan chatbot-nya pada 19 Maret 2020 kemarin. Chatbot garapan Kemkominfo sendiri berisikan tentang informasi penting seputar penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Cara Gunakan Chatbot WhatsApp Kemkominfo

Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan. Adapun untuk chatbot buatan Kemkominfo ini, percakapan yang ada di dalamnya bersumber dari BNPB dan Kemenkes RI.

Berikut ini cara menggunakan chatbot buatan Kemkominfo:

1. Silakan simpan nomor akun chatbot (+62 81133399000) atau bisa dengan cara lain, yakni klik tautan https://wa.me/6281133399000.

2. Jika sudah, silakan buka akun chatbot.

3. Setelah itu, silakan ketik halo di kolom chat. Usai mengetikkan halo di kolom chat, Anda akan mendapatkan balasan yang berupa informasi. Kemudian, Anda disuruh untuk memilih informasi yang ingin diketahui dari A sampai G.

4. Pada kesempatan kali ini, informasi yang ingin diketahui adalah A. Dan ketika informasi A dipilih, maka pesan balasan akan segera diberikan.

5. Adapun untuk kembali ke menu utama atau untuk mengetahui informasi yang lain, maka Anda hanya perlu mengetikkan menu di kolom chat. Ketika Anda sudah mengetikkan menu, maka Anda akan dibawa ke menu utama.

6. Silakan Anda mencari informasi lain, baik itu informasi yang tertera di B sampai G dengan cara yang sudah disebutkan.

7. Selesai.

Baca juga: Terbaru! Daftar 132 Rumah Sakit Rujukan COVID-19 yang Ada di Indonesia

Melalui chatbot yang digarap oleh Kemkominfo, sekarang masyarakat bisa mencari tahu informasi penting seputar COVID-19, di antaranya adalah kabar penyebaran COVID-19, gejalanya, bagaimana cara melindungi diri, cara melindungi orang lain, perlukah mengenakan masker, hingga rumah sakit rujukan untuk penderita COVID-19 di Indonesia.

Dan chatbot ini sudah bisa digunakan untuk seluruh masyarakat Indonesia meskipun belum benar-benar stabil sepenuhnya. Namun, pihak Kemkominfo akan terus memperbaiki chatbotnya tersebut. Mengingat masyarakat Indonesia banyak yang yang menggunakan WhatsApp, maka sudah seharusnya mereka memanfaatkan keberadaan chatbot buatan pemerintah ini.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close