Begini Cara Menggunakan Google Maps untuk Pengendara Motor, Biar Nggak Nyasar Jalan

Loading...

Cara Menggunakan Google Maps – Artikel ini berawal dari pengalaman pribadi saya sendiri. Saat itu saya mau berpergian dari Sukabumi ke Purwakarta dengan sarana sepeda motor. Tetapi ada satu kendalanya, karena saya tidak mengetahui jalan menuju ke Purwakarta, karena ini adalah pengalaman pertama saya.

Maka saya mencoba cara menggunakan Google Maps, dengan bekal sedikit informasi dari teman yang pernah menggunakan sebelumnya.

Tetapi dari kejadian ini, saya jadi tau cara menggunakan Google Maps, dan hasilnya saya bisa pulang naik motor dengan arahan yang tepat dan tidak nyasar kemana – mana.

Oiya, sekarang Indonesia Sudah Bisa Menggunakan Google Maps Offline Mode Tanpa koneksi Internet lho. Silahkan baca dulu artikelnya kalau belum begitu paham.

Cara menggunakan Google Maps untuk pengendara motor

Dibawah ini sedikit ilustrasi cara mudah menggunakan Google maps, hanya dalam beberapa tahapan saja kok.

1. Buka Aplikasi Google Maps dan Ketik Alamat Tujuan

Cara Menggunakan Google Maps

Setelah anda masuk ke dalam Aplikasi Google Maps, maka anda akan diberi tampilan berupa menu seperti gambar diatas. Tetapi anda tidak usah bingung, ketik alamat tujuan anda di kolom yang bertuliskan Telusuri di sini.

2. Tekan Petunjuk Arah sampai tulisan berubah menjadi Mulai

Cara Menggunakan Google Maps

Setelah anda mengetik alamat yang dituju, maka tombol Mulai berubah menjadi Petunjuk Arah.

Tekan tombol tersebut, maka selang beberapa detik, akan berubah menjadi Mulai.

Dan tekan kembali tombol Mulai, maka sampai saat ini Google Maps akan memberikan arahannya.

3. Settingan Awal Google Maps Khusus Pengguna Mobil, lalu Bagaimana dengan Pengguna Motor?

Cara Menggunakan Google Maps

Seperti point 3 yang saya berikan, sebenarnya untuk pengguna motor sudah diberikan sebuah opsi oleh Google agar melewati beberapa rute yang tidak bisa dilalui kendaraan beroda dua.

Anda bisa tekan tanda titik 3 dipojok kanan atas, setelah itu akan muncul seperti gambar diatas. Kemudian pilih Opsi rute.

4. Tampilan Opsi Rute dan Settingan untuk Pengguna Motor

Cara Menggunakan Google Maps

Sebenarnya saya pun pengguna motor dan saya sudah mencoba dengan hasil Opsi rute ini.

Dan hasilnya tidak diragukan lagi, jika anda memilih menghindari jalan tol maka semua rute yang bersangkutan dengan tol akan dihindari dan dicarikan rute alternatif terbaik oleh Google Maps.

Jadi untuk pengguna motor, cara menggunakan Google Maps yang benar adalah tekan Hindari jalan tol.

Walaupun untuk di Pulau Jawa sangat jarang sekali untuk pemindahan seperti jalur laut, tetapi untuk menjaga-jaga agar tidak nyasar maka saya pun menekan untuk Hindari kapal feri.

5. Settingan Google Maps sudah selesai dan siap untuk berangkat

Cara Menggunakan Google Maps

Karena setingan anda telah selesai dan tombol Mulai (yang tadi telah terganggu), maka Google Maps meminta anda untuk menekan kembali tombol Mulai yang berfungsi merefresh perintah baru anda.

Anda tidak usah ragu dan langsung tekan saja. Maka dari sini settingan baru anda telah bekerja di Google Maps dan anda siap berangkat untuk pepergian jauh.

Saya telah mencoba bepergian jauh melalui cara Menggunakan Google Maps di atas, dari Sukabumi – Purwakarta, Purwakarta – Bekasi, dan Bekasi – Sukabumi menggunakan motor.

Dan hasilnya terbukti tanpa ada kendala ataupun nyasar. 😀

Bagikan


Loading...

Penulis

Add Comment

shares