Cara Menghasilkan Uang dengan Smartphone

29 Cara Menghasilkan Uang dengan Smartphone – Tanpa Perlu Komputer

Ingin menghasilkan uang secara online tapi tidak punya komputer atau laptop? Jangan khawatir, karena ada banyak cara menghasilkan uang dengan smartphone yang bisa dikerjakan di mana saja selama ada koneksi internet.

Contoh pekerjaan yang bisa dikerjakan menggunakan smartphone: jualan foto, jadi tutor, belanja, menjawab survei, uji coba aplikasi, nonton video, sampai melakukan evaluasi search engine.

Pekerjaan ini biasanya untuk freelance, tidak ada kontrak yang mengikat, bisa dikerjakan kapan saja, dan penghasilan bisa diterima melalui PayPal. Atau membuka bisnis sendiri yang bisa dikelola melalui smartphone.

Kalau dikerjakan secara serius, penghasilan dari kerja online via smartphone ini bisa lebih besar dari pegawai kantoran di Indonesia. Apalagi kalau fasih bahasa Inggris, ada banyak peluang dengan penghasilan besar untuk para freelance dari berbagai negara.

Berikut adalah daftar 29 Cara Menghasilkan Uang Menggunakan Smartphone

Cara Menghasilkan Uang dengan Smartphone 3

Menghasilkan uang dengan smartphone lewat jualan foto

Cara kerjanya sederhana: download aplikasinya, jepret foto berkualitas, upload, dapatkan penghasilan.

Ada beberapa perusahaan foto stok yang menciptakan aplikasi khusus untuk menjual foto hasil jepretan smartphone.

Lewat aplikasi ini, fotografer bisa mengirim foto pada mereka untuk dijualkan, dan akan mendapat fee dari setiap foto yang terjual (semacam titip jual dengan sistem bagi hasil).

Loading...

9 tempat untuk menjual foto hasil jepretan smartphone:

  1. Clashot

Clashot merupakan aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan foto stok populer bernama Depositphotos. Aplikasi Clashot tersedia untuk pengguna smartphone Android dan iOS.

Di Clashot, fotografer akan dapat fee sebesar 44% untuk setiap foto yang terjual. Fotografer yang menjadi kontributor Clashot sebenarnya bisa mengupload dan memajang foto mereka di Clashot tanpa proses evaluasi.

Semua foto tersebut akan bisa diakses oleh seluruh pengguna aplikasi. Tapi hanya foto yang sesuai kriteria Clashot yang akan dijual.

  1. EyeEm

Aplikasi EyeEm yang mirip dengan Instagram ini sebenarnya masih terbilang baru dan masih terus dikembangkan. Namun begitu, aplikasi EyeEm mendapatkan review yang baik dari para penggunanya, terutama untuk menghasilkan uang dengan smartphone.

Aplikasi EyeEm bisa digunakan oleh pemilik smartphone Android dan iOS. Aplikasi EyeEm menjual foto melalui kerjasama dengan Getty Images, dan memberikan fee sebesar 50% untuk para fotografernya.

  1. Foap

Aplikasi Foap bisa digunakan oleh pemilik smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS. Semua foto yang diupload oleh fotografer harus melalui proses persetujuan berdasarkan rating member.

Maksudnya, setiap kali fotografer mengupload foto, maka fotografer harus memberi nilai (rate) foto yang diupload oleh member lain.

Supaya foto yang diupload bisa diterima oleh Foap, maka foto tersebut harus mendapatkan sejumlah rating positif dari para member.

Sangat mudah menghasilkan uang dengan smartphone dengan Foap, dengan menjual foto seharga $10 per foto. Dan 50% dari hasil penjualan tersebut akan diberikan sebagai fee kepada fotografer.

Pembayaran fee dilakukan via PayPal setiap bulan. Para fotografer dan pengguna aplikasi memberi respon yang baik pada aplikasi ini.

  1. Fotolia

Perusahaan foto stok besar bernama Fotolia memiliki aplikasi bernama Fotolia Instant. Aplikasi Fotolia Instant bisa digunakan oleh pemilik smartphone berbasis Android dan iOS.

Fotolia memberikan fee kepada fotografernya antara 20% sampai 60%  untuk setiap foto yang terjual. Besaran fee-nya tidak sama karena Fotolia memberlakukan perhitungan fee berdasarkan ranking foto dan kesepakatan ekslusif.

  1. Iconzoomer

Aplikasi Iconzoomer tersedia untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS. Cara kerja di Iconzoomer adalah berdasarkan sistem pendaftaran (assignment based system).

Sistem ini mirip dengan tender. Di mana IconZoomer akan mengumumkan kategori foto yang mereka butuhkan, lalu fotografer akan mengirim foto yang sesuai kategori tersebut.

Setelah itu, fotografer akan diberikan 5 kredit untuk setiap foto yang disetujui oleh IconZommer. Kredit tersebut kemudian bisa ditukar dengan uang tunai via PayPal, hadiah via Amazon, atau bisa juga disumbangkan untuk amal.

  1. Scoopshot

Aplikasi Scoopshot yang tersedia untuk pengguna smartphone Android dan iOS ini juga menggunakan assignment based system sebagai sistem kerjanya, tapi sedikit berbeda dengan Iconzoomer.

Menghasilkan uang dengan smartphone pun sangat mudah, Fotografer Scoopshot akan mengirim foto atau video sesuai dengan kategori yang diinginkan oleh Scoopshot.

Kemudian fotografer akan mendapatkan bayaran jika foto atau video yang dikirim dibeli oleh customer Scoopshot. Pembayaran fee dilakukan via PayPal setiap kali fotografer meminta cashout.

  1. Stockimo

Stockimo adalah mobile app yang dimiliki oleh Alamy, yaitu sebuah perusahaan agen foto stok terbesar di dunia. Saat ini aplikasi Stockimo baru tersedia untuk pengguna iOS.

Fee yang akan didapat oleh fotografer adalah sebesar 20% flat per foto yang terjual. Rata-rata harga jual foto di Alamy adalah $90 per foto, tapi harganya bisa naik hingga mencapai $500 jika foto tersebut unik dan sedang banyak dicari.

  1. Twenty20

Aplikasi Twenty20 memberikan ruang pada fotografernya untuk membuat galeri foto sendiri, tapi harga jual fotonya ditentukan oleh Twenty20. Harga jual foto ditetapkan berdasarkan ukuran foto, dengan harga jual minimal 10 dolar.

Fotografer akan mendapatkan fee sebesar 80% untuk satu foto berlisensi, dan fee 20% untuk foto dengan lisensi berlangganan (subscription plan license).

Sayangnya aplikasi Twenty20 baru tersedia untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi iOS.

  1. Job Spotter

Job Spotter memiliki cara kerja yang  unik dibanding aplikasi lain untuk menghasilkan uang dengan smartphone. Job Spotter tidak memberikan fee, tapi memberi gift cards atau voucher belanja untuk para fotografernya.

Dan kategori foto yang dicari oleh Job Spotter adalah foto help signs yang ada di sekitar area tempat tinggal fotografer.

Menghasilkan uang dengan mengajar via smartphone

Cara Menghasilkan Uang dengan Smartphone 3
Image from http://mentored.com

Untuk bisa menghasilkan uang dengan smartphone bisa dengan mengajar via smartphone, kalian perlu fasih berbahasa Inggris. Memang ada website tutoring berbahasa Indonesia.

Tetapi perlu menggunakan komputer untuk bisa mengajar di website tersebut, jadi tidak akan saya bahas disini.

Kalau kalian fasih berbahasa Inggris dan bisa mengajar, maka ada beberapa website yang bisa jadi sumber penghasilan:

  1. MathElf

Sesuai namanya, website MathElf adalah tempat khusus untuk tutoring matematika siswa sekolah. Tutor bisa mendapat bayaran seminggu sekali, dan bisa menentukan jadwal mengajar sendiri.

Tapi syaratnya, untuk bisa mengajar di MathElf, tutor harus sudah punya pengalaman mengajar 2 tahun, dan tutor hanya bisa menggunakan iPad untuk mengajar di sini (emm iPad termasuk smartphone juga kan?)

  1. Mentored

Mentored menyediakan aplikasi khusus berupa papan tulis putih sebagai ruang belajar-mengajar. Tutor bisa memberikan materi lewat aplikasi khusus ini.

Untuk bisa menjadi tutor di Mentored, calon tutor harus memiliki gelar sarjana atau sedang kuliah untuk mendapatkan gelar sarjana, dan fasih berbahasa Inggris.

  1. Nice Talk

Nice Talk adalah aplikasi belajar-mengajar bahasa Inggris yang tersedia untuk pengguna smartphone Android dan iOS. Tugas tutor di Nice Talk adalah mengajar bahasa Inggris.

Bayaran untuk tutor dihitung per menit waktu bicara, tapi jika tutor mengajar selama satu jam penuh, maka bayarannya adalah 10 dolar per jam.

Pembayaran bisa diambil setiap minggu via PayPal jika saldo sudah mencapai 20 dolar.

  1. Palfish

Palfish adalah aplikasi belajar-mengajar dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan pada smartphone Android dan iOS. Materi pengajaran tidak terbatas pada bahasa Inggris saja.

Untuk menjadi tutor di Palfish tidak dibutuhkan pengalaman kerja mengajar, hanya perlu lulus evaluasi menjadi tutor.

Tutor bisa mengatur jadwal kerjanya sendiri, dan bisa menentukan nilai bayaran per jam yang diinginkan. Penghasilan yang bisa didapat bisa mencapai $15 per jam. Pembayaran bisa diambil via PayPal dua kali sebulan.

Menghasilkan uang dengan smartphone melalui belanja

Cara Menghasilkan Uang dengan Smartphone belanja

Sudah belanja bisa dapat penghasilan tambahan, siapa yang gak mau? Ada beberapa aplikasi smartphone yang akan membayar penggunanya untuk berbelanja.

Misal dengan menjadi mystery shopper, atau memotret barang tertentu di supermarket, atau membandingkan harga di beberapa toko, atau memberi review pengalaman belanja.

Beberapa aplikasi yang akan membayar orang untuk belanja

  1. Ibotta

Ibotta membayar 20 dolar kepada penggunanya untuk belanja. Beberapa tugasnya sederhana, bisa dikerjakan meski penggunanya tidak fasih bahasa Inggris.

  1. Checkout 51

Cara kerjanya sama dengan Ibotta, tapi pembayarannya hanya dilakukan melalui cek setelah saldo dalam akun mencapai 20 dolar.

  1. Mobee

Mobee membayar penggunanya untuk menjadi mystery shopper. Mobee akan memberikan poin setelah belanja.

  1. MobiSave

Cara kerja di MobiSave adalah: pengguna akan dibayar setelah membeli barang-barang tertentu sesuai kriteria MobiSave. Penghasilan dari MobiSave akan dibayar via PayPal di hari yang sama.

  1. Observa

Observa adalah aplikasi mystery shopping yang bisa digunakan pada smartphone Android dan iPhone.

Cara menghasilkan uang dengan smartphone adalah dengan memotret beberapa barang yang diminta, menjawab pertanyaan seputar barang tersebut, lalu dapatkan bayaran. Intinya adalah: observasi barang di supermarket.

Menghasilkan uang dengan menjawab survey online bahasa Indonesia

Cara Menghasilkan Uang dengan Smartphone survey online

Ada banyak website dan aplikasi yang membayar penggunanya untuk menjawab survey online. Tidak sulit, hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Durasi survey biasanya 10 sampai 30 menit, dan bisa dikerjakan melalui komputer ataupun smartphone. Saya sendiri suka mengerjakan survey saat sedang duduk di kendaraan umum.

Hasilnya memang tidak besar, tapi lumayan untuk uang jajan.

Tips untuk menghasilkan uang dengan menjawab survey: Jujur dan konsisten dengan jawaban yang diberikan.

Beberapa platform survey bahasa Indonesia yang saya rekomendasikan:

  1. AIP Online Survey

AIP akan memberi EPoin setiap kali pengguna selesai menjawab survey, kemudian EPoin ini bisa ditukar dengan hadiah voucher: Pizza Hut Voucher, BreadTalk Voucher, Hoka-hoka Bento Voucher, J.Co Donuts Voucher, Mitra Adhi Perkasa, Sodexo Gift Pass.

Jumlah minimum EPoin untuk dapat ditukarkan dengan voucher adalah 1000 EPoin.

Pendaftaran tidak dipungut biaya dan terbuka untuk semua penduduk Indonesia yang telah berusia lebih dari 16 tahun.

  1. Toluna

Kebanyakan survei berdurasi antara 15 sampai 20 menit, dan nilai poin yang diberikan tergantung durasi survei.

Pengguna juga bisa mendapatkan poin saat mendaftar, mengisi survei profil, dan menciptakan konten berkualitas. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan uang tunai via PayPal atau voucher belanja.

  1. Viewfruit

Poin yang bisa didapat oleh pengguna dihitung berdasarkan durasi dan tingkat kesulitan survei yang dibuat. Nilai 500 poin sama dengan 1 dolar Amerika, dan bisa diuangkan melalui PayPal.

Menghasilkan uang dengan nonton video

Cara Menghasilkan Uang dengan Smartphone nonton video

Cara kerjanya adalah dengan mendownload aplikasi, lalu menonton video yang ditayangkan melalui aplikasi tersebut, kemudian dapatkan bayaran.

Sebenarnya tidak harus benar-benar nonton, hanya perlu membiarkan video berputar sampai selesai.

22. Perk TV

Aplikasi Perk TV bisa digunakan pada smartphone Android dan iPhone.

23. Swagbucks

Pengguna aplikasi Swagbucks bisa menghasilkan uang dengan mengerjakan berbagai tugas kecil, dan salah satu cara yang menarik adalah menonton video via Swagbucks TV.

Menghasilkan uang dengan mengerjakan berbagai jenis tugas

Beberapa website beikut bisa dijadikan alternatif untuk menghasilkan uang dengan smartphone. Diantaranya adalah perusahaan outsourcing yang mempekerjakan freelancer dari berbagai negara untuk mengerjakan berbagai jenis pekerjaan:

24. Clickworker

Clickworker menyediakan berbagai jenis pekerjaan untuk freelancer dari berbagai negara dan bahasa. Mulai dari pekerjaan kecil seperti data collection & categorization, web searching, dan menjawab survei, hingga pekerjaan lebih besar seperti menulis artikel, proofreading, dan menterjemahkan teks.

Ada pekerjaan yang perlu dikerjakan menggunakan komputer, ada juga yang hanya bisa dikerjakan melalui smartphone.

Freelancer bisa memilih pekerjaan yang mau mereka kerjakan dari daftar proyek yang disediakan di dashboard akun masing-masing. Freelancer bisa menentukan sendiri jam kerja mereka.

Clickworker juga rutin mengadakan kontes seperti memecahkan puzzle atau kontes menulis artikel, dan hadiahnya adalah uang tunai 100 dolar bahkan lebih. Pembayaran dilakukan via PayPal setiap minggu.

Aku sendiri sudah menjadi freelancer untuk Clickworker selama 2 tahun, dan sejauh ini tidak ada masalah.

Proyek yang bisa dikerjakan oleh freelance dari Indonesia memang tidak sebanyak proyek bule, tapi penghasilanku dari Clickworker sama dengan UMR di daerahku.

25. iSoftStone

Perusahaan ini fokus pada proyek pengumpulan data, seperti: rekaman suara pendek dan data teks via aplikasi smartphone.

Awalnya freelance perlu mendaftar melalui komputer, tapi setelah itu, freelance  bisa bekerja menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android 4.0 atau yang lebih tinggi.

26. Leapforce

Proyek yang dikerjakan oleh freelance untuk Leapforce biasanya seputar evaluasi search engine, yaitu: melakukan browsing dan mengevaluasi hasil pencarian dari search engine.

Freelance perlu mendaftar melalui komputer. Tapi untuk bekerja, freelancer perlu menggunakan smartphone Android versi 4.1 atau lebih tinggi, smartphone Windows versi 8.1 atau lebih tinggi, atau iPhone versi 4s atau yang lebih tinggi.

27. smartrocket

Smartrocket adalah aplikasi outsourching yang menyediakan berbagai jenis pekerjaan untuk freelancer. Freelancer akan diberikan jenis pekerjaan sesuai dengan level poin yang didapat.

Freelancer dengan level poin tinggi berarti dianggap telah mampu mengerjakan proyek yang lebih kompleks dan bisa mendapat penghasilan lebih tinggi.

Cara kerjanya sederhana: install aplikasi gratis, buat akun, lalu pilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Penghasilan freelancer akan dibayarkan via PayPal atau AliPay.

28. VOIQ

VOIQ adalah aplikasi yang membayar penggunanya untuk melakukan pekerjaan call center menggunakan smartphone. Aplikasi ini bisa digunakan pada smartphone berbasis Android dan iOS.

Freelancer yang bekerja untuk VOIQ disebut sebagai agen, bertugas melakukan panggilan telepon atas nama perusahaan yang ditentukan.

Untuk bisa bekerja sebagai agen VOIQ, freelancer perlu memiliki pengalaman kerja di bidang call center. Semakin lama pengalaman kerja yang dimiliki, semakin banyak proyek yang akan diberikan.

Agen dibayar sebanyak $0.30 per menit untuk melakukan panggilan telepon. Pembayaran dilakukan via PayPal jika saldo sudah mencapai minimal 1 dolar.

29.Menghasilkan uang dengan menciptakan bisnis sendiri via smartphone atau tablet

Ada bisnis yang bisa dikelola dan menghasilkan uang dengan smartphone, seperti:

  • Jadi agen pulsa,
  • Jual barang sendiri, jadi reseller, atau jadi dropshipper di toko online (Tokopedia, Bukalapak, Shopee),
  • Bisnis pintar, misal menjadi proofreader  atau translator independent. Tawarkan keahlian kalian lewat sosmed, lalu gunakan smartphone atau tablet untuk bekerja.

Itu dia 29 cara menghasilkan uang dengan smartphone. Punya ide bisnis yang lain?


Loading...

Bagikan

Penulis

Reha Wijaya
Reha Wijaya
Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.
Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *