Inilah Cara Mengirim Email Terenkripsi, Sudah Tahu Belum?

Membuat email terenkripsi bisa dilakukan dengan sangat mudah karena saat ini ada beberapa layanan yang menawarkan hal tersebut.

Apa itu email terenkripsi?

Adalah email yang dikirim secara otomatis dengan enkripsi end-to-end. Itu artinya yang bisa mendekripsi dan membaca email hanya sang penerima saja.

Bagaimana Cara Kerja Email Terenkripsi?

Pertama, email dikodekan dari teks yang dapat dibaca ke berbagai simbol menggunakan kunci enkripsi. Setelah itu, email dikirim ke penerima. Adapun untuk membaca pesan, penerima mendekripsi pesan menggunakan kunci enkripsi yang sama.

Semua proses berjalan secara otomatis dan terjadi dalam hitungan detik. Ada banyak jenis algoritma enkripsi email yang tersedia, tetapi masing-masing tetap menggunakan konsep dasar yang sama seperi penjelasan di atas.

Mengapa harus mengenkripsi email?

Enkripsi membuat email yang dikirim menjadi aman karena enkripsi membuat peretas kesulitan untuk mengekstrak data yang ada di email. Dengan demikian, Anda dapat memastikan email tidak dapat dibaca orang lain.

Bagaimana Cara Mengirim Email Terenkripsi?

Jika Anda baru mengenal enkripsi atau tidak pernah terpikirkan sebelumnya, maka pembahasan kali ini sangat cocok untuk Anda karena pembahasan kali ini menyebutkan beberapa layanan untuk mengirim email terenkripsi.

Loading...

Ada 2 layanan gratis untuk mengirim email terenkripsi, dan berikut ini ke-2 layanan tersebut.

1. Gmail

Layanan email milik Google ini sudah menggunakan enkripsi. Akan tetapi, apabila Anda membutuhkan keamanan tambahan, Anda dapat menggunakan mode rahasia di Gmail.

Dalam mode rahasia, opsi penerusan, salin, cetak, dan unduh akan dinonaktifkan dari email. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menetapkan tanggal kedaluwarsa dan membuat kata sandi.

Cara Mengirim email terenkripsi di Gmail:

1. Buka akun Gmail Anda, dan klik compose atau tulis.

Lihat:

email terenkripsi

2. Setelah itu, silakan pilih confidential mode atau mode rahasia.

Lihat:

3. Atur waktu kedaluwarsa dan kata sandi, setelah itu simpan.

Lihat:

4. Proses selesai.

2. Proton Mail

Proton Mail mengklaim jika mereka menyediakan enkripsi end-to-end. Itu artinya tidak ada satu pun pihak ketiga yang bisa membaca email Anda ketika Anda memutuskan menggunakan Proton Mail.

Tampilan Proton Mail:

cara kirim email terenkripsi

Membuat email di Proton Mail juga tidak terlalu sulit, karena ketika Anda melakukan pendaftaran, platform email ini tidak membutuhkan informasi pribadi apa pun dari para penggunanya.

Jika Anda tertarik menggunakan Proton Mail, silakan melakukan pendaftaran.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengirim email terenkripsi. Hidup di zaman teknologi memang mengharuskan kita waspada, karena di luaran sana selalu ada orang yang berbuat jahat.

Baca: Inilah Cara Mengirim File Tanpa Email, Sudah Tahu Belum?

Kita hidup di era di mana peretas selalu menargetkan jutaan pengguna, dan apabila seseorang dapat memastikan privasi mereka dengan baik, maka tidak akan ada kekhawatiran setelahnya.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *