Kisah Inspiratif

Bagaimana Cara Menjadi Orang Sukses? 2 Poin Yang Harus Anda Perhatikan

Bagaimana caranya menjadi orang sukses? Apa yang harus di lakukan agar sukses? Dan bagaimana cara berpikir orang sukses? Itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering sekali terucap oleh seorang yang merasa dirinya gagal dan ingin menjadi sukses. Lalu, apa sih sukses itu?

Sukses menurut saya pribadi memiliki beberapa definisi yang berbeda namun hampir sama. Seperti, sukses ketika berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan guru, sukses menyelesaikan permasalahan yang ada, sukses menjadi karyawan teladan, dan masih banyak contoh sukses yang lain.

Intinya, sukses itu adalah sebuah usaha yang berujung pada sebuah keberhasilan. Lantas, sukses apa yang sering orang-orang bicarakan dan bayangkan? Sukses menjadi orang kaya, atau menjadi orang sukses karena mempunyai banyak uang?

Ya, sukses yang sering orang-orang bicarakan adalah sukses bagaimana caranya agar menjadi orang kaya. Itu artinya, jika kita kaya maka kita banyak uang. Dan bila kita punya banyak uang, itu berarti kita akan hidup nyaman.

Mungkin itu yang orang-orang pikirkan mengenai sebuah kesuksesan. Namun pada dasarnya, menjadi orang kaya maupun miskin, itu memiliki konsekuensi masing-masing. Ada suka dan dukanya. Itu sudah benang takdirnya, dan tidak bisa di pungkiri lagi.

Jika seperti itu, mengapa orang-orang ingin menjadi orang kaya dan punya banyak uang? Ketahuilah, bahwa orang yang mempunyai pikiran seperti itu, dia adalah orang yang malas bekerja. Kenapa saya bilang begitu?

Karena ketika orang-orang berpikiran menjadi orang sukses, kaya dan punya banyak uang, motivasinya adalah ingin hidup santai di rumah dan bermalas-malasan. Sedangkan orang-orang yang sudah sukses di luaran sana, pada kenyataannya tetap bekerja keras. Seperti Steve Jobs, Larry Page, Mark Zuckerberg, dan yang lainnya.

Lalu, mengapa Anda ingin sukses agar bisa bermalas-malasan di rumah? Bukankah itu artinya menunjukkan bahwa Anda orang yang malas? Sementara itu, Kesuksesan di raih karena kerja keras kita, bukan bayang-bayang kita. Jika seperti itu, bagaimana Anda akan menjadi orang kaya?

Cara menjadi orang sukses

menjadi orang sukses

Bagaimana caranya menjadi orang sukses? Jika Anda bertanya pada saya, maka jawaban saya adalah “tidak tahu”. Karena sampai saat inipun, saya tetap bekerja keras dan merasa masih belum sukses. Tapi bila Anda bertanya mengapa orang lain bisa sukses? Maka di situ saya akan berusaha menjawabnya.

Orang lain menjadi orang sukses, itu karena mereka mempunyai sebuah mimpi. Mereka sadar, bahwa mimpi mereka itu besar dan jaraknya sangat jauh.

Tapi mereka tidak pesimis begitu saja! Mereka terus berusaha agar apa yang mereka impikan bisa terwujud. Bagaimana dengan kita?

Kita hanya berpikiran “itu tidak mungkin terjadi! Itu kejauhan! Yang realistis aja, lah!” Dan bila Anda pun memiliki pikiran seperti itu, maka sebaiknya Anda berhenti berharap menjadi orang sukses.

Mereka yang sudah sukses, selalu menjadikan impian mereka sebagai jalan atau jembatan yang menuju kepada sebuah mimpi mereka. Dan ketika mimpi mereka telah tercapai, maka mereka pun bisa menikmati hasil kerja kerasnya. Itu artinya mereka telah menjadi orang sukses. Padahal awalnya, banyak orang yang berpikir itu mustahil atau terlalu jauh.

Saya kasih gambaran sedikit untuk Anda. Bagaimana dengan televisi? Mengapa televisi bisa menampilkan orang-orang? Padahal di dalamnya hanya terdapat beberapa kabel yang melilit dan benda-benda lainnya. Mengapa bisa seperti itu?

Nah, dari gambaran tersebut dapat di simpulkan. Bahwa pada awal sebelum adanya televisi, pasti orang-orang yang selalu berpikiran pesimis akan berkata “itu sangat mustahil menampilkan orang di dalam kaca”. Tapi pada kenyataannya, seseorang yang bernama John Logie Baird telah membuktikannya dan hingga sekarang televisi terus berevolusi menjadi semakin canggih.

Kerja keras dan pengorbanan

Berkaca pada kejadian itu, harusnya membuat kita sadar bahwa, Kesuksesan yang selama ini kita cari dan kita impikan, itu semua memerlukan kerja keras dan juga pengorbanan. Bahkan ada orang-orang yang rela meninggalkan pekerjaannya, kuliahnya, bahkan keluarganya hanya untuk mengejar impian mereka. Itu semua agar mereka bisa menjadi orang sukses.

Tapi Anda juga jangan berlebihan seperti itu! Meninggalkan pekerjaan untuk mengejar impian itu memang hal wajar. Tapi jika sampai meninggalkan keluarga, itu sebaiknya di pikir-pikir dulu! Karena bagaimanapun juga, keluarga adalah prioritas utama.

Dan berikut tips dari orang-orang yang sudah sukses di luaran sana, yang mungkin bisa Anda praktekkan agar hidup Anda bisa sukses juga. Tapi, sukses atau tidaknya itu bukan di ukur dari caranya, melainkan dari bagaimana Anda menikmati proses nya.

A. Cara berpikir

Cara berpikir manusia itu berbeda-beda. Ada yang menganggap membuat mobil itu susah, ada pula yang menganggap membuat mobil itu mudah. Nah, jika pola pikir manusia itu sama, mungkin sampai sekarang tidak ada mobil ataupun semua orang di dunia ini bisa membuat mobil sendiri. Itu semua tergantung dari bagaimana cara kita berpikir terhadap masalah yang kita hadapi.

1. Ubah pola pikir Anda

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan jika ingin menjadi orang sukses, maka Anda harus mengubah cara berpikir Anda. Jika Anda adalah orang yang selalu berpikiran “tidak mungkin”,

maka Anda harus menjadi orang yang berpikiran “pasti”. Karena dari pola pikir kita lah, kita dapat mengendalikan diri kita menuju ke gerbang kesuksesan.

Coba saja Anda bayangkan, jika saja Einstein tidak bereksperimen mengenai gaya elektromagnetik, dan berpikiran itu sulit, dan yang negatif lainnya, maka mungkin sampai sekarang jaringan internet, sinyal radio tidak akan pernah di temukan atau ada. Untuk itu, mulailah kita mengubah pola pikir kita!

2. Perluas wawasan Anda

Bila Anda adalah tipe orang yang tertutup dan selalu berada di dalam rumah, maka cobalah untuk keluar rumah dan mencari kegiatan yang baru dalam hidup Anda. Seperti pekerjaan, hobi, atau yang lainnya. Hal itu agar Anda mendapatkan banyak wawasan untuk pola pikir Anda.

Semakin banyak masalah yang Anda temui dan Anda hadapi, maka semakin dewasa pula pola pikir Anda. Karena orang yang sukses itu selalu berpikir dengan kepala dingin dan selalu optimistis dengan jalan hidupnya termasuk masalah yang di hadapinya.

3. Mau melakukan hal baru dalam hidup Anda

Melakukan hal-hal baru dalam hidup kita, mungkin sebagian besar adalah sebuah tantangan tersendiri. Karena apakah dengan melakukan hal baru hidup kita bisa lebih baik lagi atau tidak?

Dan untuk orang-orang yang tidak mau berusaha lebih baik lagi dalam hidupnya, tentu lebih memilih untuk tetap melakukan hal-hal yang biasa dia lakukan. Karena pasti selalu berpikir takut gagal ataupun buang-buang waktu.

Tapi sebenarnya, dengan kita melakukan hal-hal baru dan mau keluar dari zona nyaman kita, disitu kita akan menemukan banyak macam pengalaman, termasuk masalah dan bagaimana cara penyelesaiannya. Itu sangatlah bagus untuk mental kita kedepannya, dalam mengejar apa yang sudah lama kita impikan untuk menjadi orang sukses.

4. Bisa memanfaatkan kesempatan sekecil apapun

Seringkali kita menyepelekan hal-hal yang paling kecil. Padahal kalau kita tahu, hal terkecil apapun itu akan menjadi sebuah hal yang paling penting di kemudian hari. Untuk itu, seharusnya kita mampu untuk melihat peluang sekecil apapun untuk di manfaatkan. Jika kita bisa mendapatkan kesempatan itu, maka di kemudian hari pastilah apa yang telah kita perbuat, akan bermanfaat bagi orang lain.

Memang, mencari kesempatan itu bukanlah hal yang mudah. Apalagi memikirkan sesuatu yang di butuhkan orang lain. Tapi kita bisa memanfaatkan sesuatu yang sudah ada untuk kita kembangkan. Terlebih sekarang sudah jamannya serba online, kita bisa mencari tahu apa yang orang lain butuhkan hanya dengan mencari beberapa refrensi di internet.

B. Perilaku

Selain pola pikir, perilaku kita juga sangat menentukan untuk menjadi orang sukses. Jika kita orang yang malas berusaha dan hanya mengharapkan sebuah keajaiban datang saja, maka selama itu hidup kita tidak akan merasa nyaman dan jauh dari kata sukses.

1. Bertanggung jawab

Sikap bertanggung jawab yang kurang, seringkali membuat kita gagal dalam mengejar kesuksesan. Karena bila ada masalah dalam diri kita dan kita tidak mau mempertanggungjawabkan masalah tesebut, maka kita tidak akan pernah bisa untuk menyelesaikan masalah lainnya. Sedangkan orang yang sudah sukses, selalu bertanggung jawab atas semua masalah yang mereka hadapi. Baik itu dari luar, maupun dari dirinya sendiri.

2. Konsisten

Sikap konsisten dalam berusaha juga sangatlah penting untuk membantu kita menjadi orang sukses. Jika Anda mencoba untuk membuka usaha dagang, dan Anda tidak konsisten terhadapnya, maka sampai kapanpun usaha yang Anda bangun tidak akan menemui kesuksesan.

Sikap konsisten juga bukan hanya untuk dagangan Anda saja. Tapi juga berlaku untuk sikap Anda dalam membangun usaha Anda. Jika Anda orang yang malas, sebaiknya pikirkan dulu. Karena pada dasarnya, sikap konsisten itu sangatlah penting dalam hal apapun.

3. Pantang menyerah

Semua orang juga pasti sudah tahu tentang hal ini. Ya, bagaimanapun juga, jika kita ingin sukses dalam segala hal apapun, janganlah sekali-kali mengatakan menyerah. Karena apa yang kita tuju, semuanya tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan.

Berkaca dari pendiri Google “Larry Page dan Sergey Brin”. Mereka membuat mesin pencari Google tidak semudah membuat bakwan. Banyak hal-hal yang mereka hadapi. Mulai dari tempat, modal, hingga kode pemrograman yang selalu berhadapan dengan bug.

Tapi mereka tidak menyerah, dan akhirnya Google tercipta dan sampai sekarang menjadi mesin pencari unggulan. Dan bukan hanya mesin pencari saja, beberapa produk Google sangatlah populer dan menjadi idola.

Jadi, janganlah menyerah dan teruslah berusaha agar menjadi orang sukses Karena jika Anda menyerah, maka itu artinya Anda gagal.


Loading...

Hanya seorang blogger yang memulai ngeblog pake hp.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close