Cara Menyikapi Kegagalan

5 Cara Menyikapi Kegagalan untuk Meraih Kesuksesan

Banyak orang yang putus asa dan hilang harapan sebagai cara menyikapi kegagalan yang mereka hadapi. Kegagalan menjadikan mereka jatuh dan tidak memiliki keinginan lagi untuk bangkit berdiri dengan kembali berjuang.

Namun sadarkah kita bahwa cara menyikapi kegagalan yang demikian akan berdampak buruk bagi kehidupan kita ke depan. Pikiran yang negatif membuat kita akan kehilangan kesempatan untuk mencoba kembali berjuang. Akhirnya kesuksesan yang didambakan untuk diraih pergi jauh dari harapan.

Itukah yang kita inginkan ?

Tentu tidak, kita semua disini pasti memiliki mimpi untuk mendapatkan kesuksesan yang didambakan. Kesuksesan yang membanggakan diri sendiri karena tidak kenal menyerah dalam berjuang.

Oleh karena itu, mari kita sepakati bersama untuk mulai menyikapi kegagalan dengan cara yang berbeda untuk mendapatkan kesuksesan yang kita impikan.

Cara Menyikapi Kegagalan

Yakinkan Diri Bahwa Kegagalan Akan Menempamu

Gagal bukan malah menjatuhkanmu tapi akan menempamu, itu cara menyikapi kegagalan yang harus dilakukan.

Bintang Basket NBA, Michael Jordan bahkan pernah mengalami kegagalan sebelum dia merasakan kesuksesan seperti sekarang ini. Dia menceritakan bahwa pernah saat SMA dikeluarkan dari tim basket.

Loading...

Tidak hanya itu saja kegagalan yang dialaminya, Micheal jordan telah mengalami kegagalan sebanyak 300 kali pertandingan selama karirnya dan 9000 tembekan meleset dialaminya selama karir basketnya.

Apakah Micheal Jordan menyerah ?

TIDAK

Dia mengatakan “saya gagal, gagal, dan gagal lagi. Itulah yang menyebabkan saya sukses“.

Kegagalan menjadi kita pribadi yang lebih baik. Kegagalan akan menempa kita menjadi orang yang terasah kemampuannya.

Apa jadinya jika saat Michael Jordan memutuskan untuk menyerah saat dikeluarkan dari tim basket sekolahnya. Pasti saat ini kita tidak akan melihat Michael Jordan melakukan “Air Jordan” andalannya.

Masa Lalu Bukan yang Menentukan

Cara Menyikapi Kegagalan

Masa lalu bukan yang menjadi penentu kesuksesan kita dimasa depan. Keinginan kita untuk memperbaiki diri di masa sekarang yang akan menentukan masa depan kita.

Orang yang awalnya miskin tidak menjadikan penentu bahwa dimasa depan ia akan terus miskin kedepannya. Orang yang gagal melakukan ujian bukan menjadi penentu bahwa ia akan terus gagal menghadapi ujian di masa depan.

J.K Rowling telah membuktikan sendiri bahwa apa yang dirasakannya dimasa lalu tidak menjadikan penentu masa depannya. J.K Rowling pada awalnya adalah seorang single parent yang membesarkan anaknya sendirian. Biaya hidupnya pun pada saat itu bergantung dari bantuan sosial.

Kondisi seperti itu tidak membuat J.K Rowling menyerah dengan keadaan. Dia senantiasa tekun dan kerja keras menulis novel dengan kesungguhan hati. Usaha yang dilakukannya pun tidak sia-sia, novel hasil karyanya yang berjudul “Harry Potter” sukses dipasaran dan menjadi best seller. Sampai pada akhirnya novel yang dibuatnya pun diangkat menjadi film yang juga sukses dipasaran.

Dedikasi dan fokus melakukan usaha yang dijalankan merupakan cara yang dilakukan J.K Rowling untuk meraih kesuksesannya saat ini.

Gagal Bukan Berarti Kalah

Kita boleh gagal saat mewujudkan impian namun bukan berarti  kita kalah meraih kesuksesan. Hal seperti ini sangat penting dilakukan sebagai cara menyikapi kegagalan.

Dengan terus mencoba dan berusaha dapat dipastikan usaha yang kita lakukan akan membuahkan hasil yang terbaik.

Tidak Percaya ?

Colonel Sanders memberikan bukti nyata bahwa kegagalan yang diterimanya tidak menjadikannya kalah dan memilih untuk terus maju. Percayakah kalian bahwa resep ayam KFC pernah ditolak 1.009 kali oleh banyak restoran. Namun kesulitan yang dirasakannya tidak menjadikan Colonel Sanders patah semangat.

Akhirnya saat ini KFC menjadi restoran waralaba besar dan tersebar hampir ke seluruh negara di dunia berkat resep ayam goreng yang diciptakan Colonel Sanders.Gagal memasarkan resep pada awalnya namun mendapatkan kemenangan besar dengan adanya KFC sebagai restoran cepat saji yang terkenal.

Jangan pernah berpikiran negatif dengan berkata kegagalan adalah akhir dari sebuah perjuangan. Terus bangkit dan kembali berjuang niscaya kesempatan untuk sukses akan terbuka semakin lebar kepada kita.

Banyak Orang Sukses yang Awalnya Gagal

Sukses tidak datang dengan tiba-tiba tetapi harus melewati perjuangan yang sangat berat. Kalimat ini sangat menggambarkan kisah perjuangan dari seorang Abraham Lincoln. Abraham Lincoln merupakan Presiden Amerika Serikat yang ke-16 yang mulai menjabat pada tahun 1861. Posisi puncak kepemimpinan negara adidaya tersebut diperoleh oleh Abraham Lincoln setelah 24 tahun perjuangannya.

Waktu 24 tahun tersebut bukanlah waktu yang sebentar untuk berjuang mendapatkan impian. Jika orang tersebut gampang menyerah, ia tidak akan mampu bertahan untuk terus berjuang selama itu.

Namun hal diatas tidak berlaku bagi Abraham Lincoln, perjuangannya dimulai saat ia gagal dalam menjalankan bisnisnya. Setelah kegagalan dalam bisnis, ia mulai terjun ke dunia politik namun mendapatkan kegagalan yang sama.

Tidak berhenti sampai disitu, Abraham Lincoln kembali terjun ke dunia politik untuk menjadi pembicara dewan dan lagi-lagi gagal melewati pemilihan tersebut. Tahun berikutnya ia mengikuti pemilihan untuk menjadi anggota kongres dan tahu apa hasilnya, Abraham Lincoln kembali gagal.

Selanjutnya Abraham Lincoln dinominasikan partainya untuk menjadi kandidat wakil presiden, namun gagal datang kembali menghampiri. Hingga pada akhirnya, tahun 1860 Abraham Lincoln terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat setealah puluhan kegagalan yang ia terima.

Apa yang kita dapatkan dari kisah kegagalan Abraham Lincoln adalah keinginan untuk terus bangkit dan kembali mencoba. Disaat kita mampu untuk bangkit, kesempatan untuk memperoleh kemenangan akan tetap ada di dalam genggaman.

Cara Menyikapi Kegagalan adalah Dengan Terus Belajar

Saat kegagalan menghampiri, cara menyikapi kegagalan yang sangat bijaksana adalah dengan melakukan evaluasi terhadap diri sendiri.

Dengan mengetahui penyebab kegagalan, pandangan kita terhadap kegagalan akan berubah dengan sendirinya. Kegagalan akan kita artikan sebagai proses mengembangkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi saat kita sedang mengembangkan diri, gagal dan jatuh adalah hal yang sangat wajar terjadi.

Dengan melakukan evaluasi diri, penyebab datangnya kegagalan akan kita ketahui dengan sendirinya. Apakah sikap kita yang negatif saat meraih kesuksesan, apakah kita tidak memiliki persiapan yang baik untuk mendapatkan impian tersebut, atau faktor-faktor yang lainnya.

Terus belajar dan mengembangkan diri akan menjadikan diri kita dapat mengupayakan hasil yang sempurna. Walaupun diketahui kesempurnaan memang sangat sulit untuk dicapai oleh siapapun. Namun tidak ada yang salah saat kita mengupayakan sebuah kesempurnaan.

Kita Memiliki Hak untuk Mendapatkan Kesuksesan

Setiap orang di dunia ini memiliki hak yang sama untuk mendapatkan kesuksesan yang diimpikannya. Latar belakang, suku, dan agama bukan menjadi faktor yang menentukan sukses tidaknya seseorang.

Semua orang berhak mengupayakan sukses yang mereka cari dan itu tergantung dari seberapa besar mereka ingin sukses dan berhasil. Mulai sekarang mari kita cari sukses dan impian yang kita inginkan dan mulailah bergerak.

Anda Ingin Sukses? Hindarkan Rasa Takut Anda Sebisa Mungkin


Loading...

Bagikan

Wahyu Utama

Penulis

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *