in

Cara Merawat Burung Kenari Agar Menghasilkan Suara Merdu Berkualitas

Cara Merawat Burung Kenari

Salah satu pekerjaan paling menyenangkan adalah pekerjaan yang berhubungan dengan hobi seseorang. Apalagi pekerjaan tersebut mendatangkan keuntungan. Salah satunya adalah merawat Burung Kenari, karena burung ini memiliki harga bagus, apalagi yang berkicau merdu.

Sebagian orang mungkin menganggap aktifitas merawat burung merupakan kegiatan iseng, bahkan terkesan hanya membuang waktu dan uang saja. Namun siapa sangka, memelihara burung kicau merupakan hobi yang dapat menghasilkan uang puluhan bahkan ratusan juta.

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis burung kicau bisa didapatkan dari hasil penangkaran, budidaya dan merawat burung Kenari itu sendiri. Profit besar juga bisa diperoleh dari kontes burung berkicau.

Tak heran apabila banyak orang yang hobi burung berlomba-lomba untuk merawat dan menjadikan suara kicau burung menjadi berkualitas, sehingga harga jualnya semakin meningkat.

Saat ini terdapat berbagai macam jenis burung kicau, mulai dari harga murah sampai dengan harga yang paling mahal. Burung Kenari merupakan salah satu burung kicau yang sampai saat ini tetap populer di kalangan pecinta burung.

Jenis Burung Kenari yang Sering Dilombakan dengan Hadiah Mahal

lomba burung kenari
Gambar : 86news.co

Burung Kenari atau Serinus Canaria berasal dari Kepulauan Makaronesia yang ada di Samudra Atlantik atau tepatnya di sebelah barat laut Afrika.

Burung Kenari yang memiliki kombinasi warna khas kuning, putih, hijau dan merah ini adalah jenis burung yang mampu beradaptasi di berbagai wilayah dunia, termasuk di Indonesia. Burung Kenari banyak disukai karena suaranya yang merdu.

Meskipun postur tubuh Kenari tidak terlalu besar (sekitar 8 – 12 cm) tetapi harga burung ini termasuk dalam daftar burung kicau dengan harga yang lumayan bagus bagi pebisnis burung.

Harga Burung kenari dewasa bisa mencapai kisaran Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 900.000 per ekor. Harga ini bisa saja lebih mahal apabila burung tersebut sering memenangi kontes atau perlombaan.

Berikut ini jenis burung Kenari yang sering di perlombakan dengan hadiah mahal.

Jenis Kenari KicauJenis Kenari lainnya
Kenari Melayu / Kenari GunungKenari Border
Kenari YorkshireKenari Gloster
Kenari WaterslagerKenari Roller
Kenari Spanish TimbradoKenari Belgian
Kenari RusiaKenari Fill
Kenari NorwichKenari Chest
Kenari Cinnamon
Kenari London Fancy
Kenari Fife Fancy
Kenari Red Intesive

Untuk membuat burung ini mampu berkicau dengan suara merdu atau gacor, dibutuhkan perawatan secara rutin. Selain itu, harus dilakukan pemasteran agar kualitas suara kicau burung Kenari menjadi lebih baik.

Cara merawat Burung Kenari agar Menghasilkan Suara yang Berkualitas

Perawatan burung kenari

Agar menghasilkan suara kicau burung Kenari yang merdu dibutuhkan kesabaran, telatenan dan penuh ketelitian.

Jenis Kenari kicau (Song Canary) adalah kenari yang memilki kelebihan pada kemampuan berkicaunya. Ciri khas Kenari kicau ini mampu menirukan nada-nada (lagu) yang diperdengarkan.

Kelebihan lain dari jenis Kenari ini adalah kicauan yang panjang tanpa putus. Namun tidak semua burung kenari mampu berkicau dengan durasi yang cukup lama. karena tergantung dari fisik burung Kenari tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara melatih dan merawat burung Kenari kicau :

Menjaga agar burung selalu sehat dan fit

Kondisi kesehatan Kenari merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk selalu dijaga. Berikanlah jenis pakan yang memiliki kandungan gizi yang cukup baik.

Beberapa makanan yang baik untuk Kenari adalah telur puyuh, kroto, sayuran hijau, ulat Hongkong, pakan bijian atau buah apel. Asupan makanan ini juga harus diberikan secara teratur.

Makanan tambahan berupa buah dan sayur-sayuran ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan protein burung Kenari. Selain itu, juga dapat menambahkan suplemen lain yang untuk membuat suara Kenari lebih gacor dan berkualitas.

Gunakan sangkar yang lebih luas

Dengan menggunakan sangkar harian yang lebih luas, burung Kenari bisa lebih bebas terbang di dalam sangkar.

Sangkar yang lebih besar akan memicu burung untuk lebih aktif dalam sangkar, sehingga fisik burung akan lebih kuat.

Fisik burung akan menentukan kicauan burung akan bertahan lama atau tidak, sebab burung yang tidak terlatih fisiknya juga tidak akan mampu berkicau dengan waktu yang sangat lama.

Melatih fisik burung Kenari

Fisik burung Kenari pada bagian otot-otot harus dilatih agar menjadi lebih kuat sehingga Kenari memiliki nafas dan kualitas vokal yang lebih meningkat.

Cara ini bisa dilakukan dengan melepas burung Kenari kedalam sangkar khusus atau sering disebut dengan sangkar umbaran. Sangkar ini memiliki ukuran lebih luas dari sangkar pada umumnya, yaitu sekitar 1 meter sampai 3 meter.

Untuk melatih fisik Kenari agar hasilnya lebih maksimal, dapat memindahkannya sebanyak tiga kali dalam seminggu, selama 3 jam.

Gunakan tehnik pemasteran

Istilah master atau mastering pada burung kicau, terutama untuk burung Kenari artinya adalah untuk melatih agar suara burung tersebut bisa menirukan suara-suara lain yang diperdengarkan.

Proses mastering sendiri merupakan metode untuk melatih suara burung agar bisa menirukan lagu atau irama tertentu. Proses ini juga membutuhan waktu yang cukup  lama, sehingga pemilik burung harus lebih bersabar dan telaten.

Agar proses pemasteran suara kicau Kenari lebih maksimal, Anda bisa gunakan beberapa contoh mastering dengan berbagai jenis suara burung yang bisa di unduh secara gratis.

Proses mastering juga bisa berlangsung cepat, tergantung pada kondisi fisik burung tersebut. Bahkan variasi vocal atau suara juga lebih panjang apabila burung Kenari memiliki kesehatan dan stamina yang fit.

Itulah beberapa cara merawat burung Kenari agar menghasilkan suara merdu berkualitas, semoga menginspirasi Anda yang memiliki hobi yang sama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0