in ,

Mudah, Begini Cara Merekam Layar Menggunakan Google Chrome

merekam layar menggunakan google chrome

Merekam layar komputer biasanya menggunakan aplikasi Bandicam atau Camtasia. Namun, tahukah Anda jika merekam layar komputer itu bisa dilakukan dengan menggunakan browser? Jika Anda belum mengetahui akan hal itu, mungkin Anda bisa mencobanya sekarang.

Jadi, merekam layar komputer itu bisa dilakukan dengan menggunakan browser Google Chrome. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya Google Chrome memiliki Chrome Web Store yang memungkinkan para penggunanya memasang ekstensi. Jadi melalui ekstensi inilah, kita bisa merekam layar komputer yang kita miliki.

Cara Merekam Layar Menggunakan Google Chrome

1. Silakan buka link Nimbus Screenshot & Screen Video Recorder.

2. Klik add to Chrome.

3. Akan muncul pop-up, silakan klik tambahkan ekstensi.

4. Tunggu proses pengunduhan dan pemasangan.

5. Jika proses pengunduhan dan pemasangan selesai, ikon Nimbus akan muncul di pojok kanan atas, dan silakan Anda klik ikon tersebut untuk memulai perekaman.

6. Pilih record video.

7. Pilih desktop, kemudian klik start record.

8. Anda akan dialihkan ke tab baru untuk penggunaan microphone, silakan pilih izinkan.

9. Akan muncul pop-up baru, silakan Anda klik tampilan layar pada tab seluruh layar Anda, kemudian klik bagikan untuk memulai perekaman.

10. Untuk menghentikan proses perekaman, Anda bisa klik hentikan berbagi yang terletak di bawah.

11. Jika proses perekaman sudah selesai dan Anda sudah klik hentikan berbagi, Anda akan dialihkan ke tab baru. Langkah selanjutnya adalah silakan pratinjau video.

12. Jika hasil dirasa memuaskan, maka silakan klik save video.

13. Selesai.

Video Tidak Bisa Diputar?

Ketika Anda memilih save video, maka video tidak akan bisa diputar karena file video berupa WebM. Dan ketika Anda mengkonversinya ke MP4, maka hasilnya akan nihil. Bahkan, VideoLan atau VLC saja tidak bisa melakukan konversi. Usut punya usut, ternyata Nimbus mengharuskan para penggunanya upgrade ke versi pro atau membayar jika mereka ingin mendapatkan video hasil perekaman.

Apa yang dilakukan Nimbus ini memang sedikit mengecewakan karena langkah demi langkah yang dilakukan para pengguna dalam merekam aktivitas layar seakan sia-sia karena video hasil kerja tidak dapat diputar. Kalaupun harus membayar, harusnya pihak Nimbus memberikan watermark saja pada video. Meskipun begitu, Anda tidak perlu terlalu bersedih hati karena video hasil perekaman Nimbus tetap bisa diputar melalui cara berikut ini.

Langkah:

1. Silakan buka situs Cloud Convert.

2. Klik select files, dan silakan masukkan unduhan Nimbus Anda.

merekam layar menggunakan google chrome itu tidak sulit

3. Klik WebM → video → AVI.

merekam layar menggunakan google chrome gampang

4. Jika sudah, silakan klik start conversion.

mudahnya merekam layar menggunakan google chrome

5. Tunggu proses konversi, dan apabila sudah selesai, silakan klik download.

cara merekam layar menggunakan google chrome

6. Selesai.

Baca: 6 Program Pemutar Video dan Audio Gratis Pengganti Windows Media Player

Video yang berformat WebM bisa diputar menggunakan VLC. Namun terkadang, sebagian orang tidak memiliki atau belum memasang VLC di komputer mereka. Jika Anda salah satu yang termasuk, maka mengubah hasil video Nimbus menjadi format AVI merupakan solusi yang tepat. Namun, apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, upgrade ke versi pro merupakan solusi yang paling baik. Itulah pembahasan yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini, dan semoga bermanfaat.

Komentar

Tulis Komentar
  1. Wah keren sekali mas tutorialnya, saya sedang mencari tutorial yang begini, biar nggak perlu aplikasi tambahan. Ternyata disini tempat belajarnya. Sukses terus klik mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0