Internet

Cara Mudah Cek Tautan Aman atau Tidak, Sudah Tahu?

Melakukan cek tautan itu penting untuk dilakukan karena hal tersebut merupakan langkah awal untuk mencegah terjadinya penipuan yang saat ini marak terjadi di dunia maya.

Untuk mengecek sebuah tautan, Anda bisa memanfaatkan beberapa situs di bawah ini. Kurang lebih ada enam situs yang bisa Anda gunakan untuk mengecek sebuah tautan, dan berikut daftarnya.

1. Kaspersky VirusDesk

Situs yang satu ini adalah situs yang dimiliki oleh Kaspersky. Kaspersky sendiri adalah perusahaan yang membuat produk atau perangkat lunak antivirus, anti spam dan produk keamanan lainnya.

Untuk melakukan pengecekan, Anda cukup menempalkan URL di kolom yang sudah disediakan. Dan apabila URL tersebut aman, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti di bawah ini.

Lihat:

Tautan yang aman akan muncul keterangan safe seperti gambar di atas. Selain menempelkan URL, Anda juga bisa mengunggah sebuah file dengan cara klik ikon file yang terletak di sebelah kiri scan.

2. PhisTank

Dari namanya, pasti Anda sudah tahu konsen utama situs yang satu ini ke mana? Jika Anda menjawab phishing, maka jawaban Anda benar karena PhisTank memang memfokuskan diri kepada situs-situs yang berbau phishing.

Loading...

PhisTank berbeda dengan situs sebelumnya (Kaspersky VirusDesk) di mana PhisTank lebih bekerja seperti bank data yang sudah memasukkan nama-nama situs phishing yang bertebaran di dunia maya.

Lihat:

cara cek tautan

3. Google Transparency Report

Google bukanlah perusahaan yang paling sadar privasi di dunia ini. Meskipun begitu Google tetap memberikan layanan berupa pengecekan tautan di mana para pengguna hanya perlu menempelkan URL di Transparency Report.

Lihat:

cara mudah cek tautan

Cek Tautan di Situs Lain

Selain ketiga situs yang sudah disebutkan, masih ada situs lain, yaitu:

Dengan pesatnya teknologi dan makin mudahnya seseorang membuat situs, pasti selalu ada orang-orang nakal yang ingin memanfaatkan kondisi tersebut untuk mencari keuntungannya sendiri.

Baca: Sederhana, Ini Dia 5 Cara Mengantisipasi Hacker yang Harus Kamu Ketahui

Keberadaan situs-situs yang sudah disebutkan, tujuan utamanya adalah membantu Anda agar tidak dirugikan. Oleh karena itu, apabila Anda ingin mengakses sebuah situs dan mencurigai ada sesuatu yang tidak beres, silakan melakukan pengecekan tautan terlebih dahulu.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button