Internet

Mau Travelling Hemat? Ini 8 Cara Mudah Dapatkan Tiket Pesawat Murah

Buat kamu traveller sejati, tentunya tak akan puas dengan berlibur ke tempat dekat saja. Semuanya pasti akan akrab dengan maskapai penerbangan dan bandara untuk bepergian ke tempat yang jauh, apalagi bisa dapat tiket pesawat murah.

Bahkan bukan hanya ke luar negeri, liburan keliling Indonesia saja tetap butuh pesawat terbang. Maka itu traveller paling suka kalau ada tiket pesawat murah atau promo yang harganya lagi miring. Terus gimana cara dapetin tiket murah itu, berikut beberapa tipsnya.

1. Follow dan Update Media Sosial Maskapai Penerbangan

tiket pesawat murah
northeastern.edu

Jika maskapai mengeluarkan promo berupa tiket pesawat murah, pastinya mereka akan menyebarkan kabar itu di semua saluran medianya. Media sosial menjadi saluran paling up to date soal info harga promo itu. Maka itu kamu harus follow banyak akun media sosial maskapai, mulai dari twitter, instagram, facebook, dan yang lain sebagainya.

Biar kamu nggak repot mantau terus itu akun, cari aja pilihan notifikasi, atau jadikan sebagai favorit agar ada notifikasi saat mereka kirim postingan baru.

2. Berlangganan Newsletter E-book

tiket pesawat murah

Bisa setiap beberapa minggu atau beberapa bulan sekali, pihak maskapai akan menerbitkan newsletter dalam format e-book. Newslatter itu akan menampilkan konten promo tiket pesawat murah jika mereka memang lagi ada tiket promo. Kamu bisa berlangganan newsletter, dengan mengakses situs resmi mereka. Jika sudah berlangganan, mereka akan mengirimkan newslatter secara rutin ke alamat emailmu.

Tentunya mereka akan memudahkan pengunjung website untuk dapat berlangganan newsletter secara gratis. Biasanya kamu akan diberikan pilihan untuk berlangganan saat registrasi di website atau ada pilihan lain seperti menampilkan internal link dalam huruf besar, atau dengan menampilkan pop-up.

3. Memilih Tanggal di Periode Penerbangan Promo

tiket pesawat murah
psychoshare.com

Beda istilah dengan poin di awal. Kalau di awal kamu mencari harga promo berlaku untuk memesan tiket, sedang periode penerbangan promo adalah pilihan waktu penerbangannya. Contohnya tanggal 1 -15 Maret adalah waktu booking tiket dengan harga promo, selanjutnya memilih periode penerbangan promo dari 1 agustus sampai 1 september.

Penting untuk diingat, biasanya libur weekend dan tanggal merah tidak termasuk periode penerbangan promo, jadi kamu perlu cermat mencari waktu libur di hari-hari kerja.

Perlu dipertimbangkan juga untuk tiket pulang, kadang-kadang tanggalnnya menjebak. Maskapai ngepasin kebiasaan orang berlibur 4 hari sampai seminggu lebih, tidak ada tiket promo untuk pulang. Jadi kamu harus liburan sampai 2 minggu untuk dapat promo tiket pesawat murah untuk pulangnya.

4. Cek Harga Promo Kartu Kredit

tiket pesawat murah
peerlesscredit.com

Jika sudah dapat harga promo dari tiket, idealnya kamu cocokkan juga dengan promo pemakaian kartu kredit. Mungkin saja ada potongan harga dari kartu kredit kita di waktu harga promo tiket berlaku. Jika baru mau membuat kartu kredit, cari kartu kredit yang telah bekerja sama dengan banyak maskapai penerbangan.

Ini juga waktu yang tepat untuk mengecek limit kartu kredit kita. Takutnya pas mau bayar tiket, kartu kredit kita sudah mencapai limit, dan gagal rencana kita buat liburan murah.

Baca : Tips Memilih Kartu Kredit Yang Pas Sesuai Kebutuhan

5. Sedini Mungkin di Hari Pertama Promo

tiket pesawat murah
economydecoded.com

Namanya juga tiket pesawat murah, yang berburu juga pasti banyak. Siapa cepat dia dapat, seat yang terbatas itu bisa ‘bablas’ dalam hitungan jam saja. Sedini mungkin kamu pantau terus laptop dan smartphone-mu dari tengah malam, sebab waktu promo akan dimulai saat dini hari.

Jadi siap-siap begadang sebentar dan jangan sampai ketiduran. Satu lagi, kuota internet di cek dulu yang biar gak nyesel kalau kehabisan.

6. Tinggalin Aja Jika Situsnya Down atau Waiting Room

ciputrauceo.net

Paling sebal saat berburu tiket pesawat murah di hari pertama, situsnya jadi ‘ngadat’. Bisa karena servernya down, atau bisa juga karena diserbu terlalu banyak pengunjung. Kalau belum bisa beli tiket dan status kamu masuk waiting room, baiknya tinggalkan saja dulu.

Gak ada gunanya nungguin terus-menerus sesuatu yang tak pasti. Lebih baik tidur dulu sambil berdoa dapat tiket pesawat murah esok harinya. Boleh juga kamu pasang alarm agar bisa bangun lebih awal sekitar jam 3 atau jam 4, lalu cek lagi di situsnya.

7. Booking Jangan Rombongan!

Travelling lebih seru kalau bisa bareng banyak teman dan kerabat. Tapi kalau semuanya mengincar tiket pesawat murah, gak mungkin bisa booking rombongan. Maskapai pastinya membatasi tiket promo, setiap satu orang bisa dibatasi 1-2 tiket saja.

Jadi kalau mau pergi rombongan dengan tiket promo, suruh semuanya beli tiket masing-masing dengan pesawat dan waktu keberangkatan yang seragam. Kalaupun maskapai mengijinkan untuk memesan tiket pesawat murah dalam jumlah banyak, biasanya harganya sudah beda dengan harga promo.

8. Transit di Kuala Lumpur dan Singapura

world-airport-codes.com

Ini tips jitu untuk memangkas biaya naik pesawat ke luar negeri. Dengan konektivitas yang lebih luas dan intens, bandara di Kuala Lumpur dan Singapura punya tarif tiket pesawat murah untuk bepergian ke Eropa dan Asia. Jadi kamu perlu memesan tiket untuk transit ke dua bandara itu, dan melanjutkan ke negara tujuan dengan tiket yang lebih murah.

Meskipun relatif lebih murah, kamu perlu bandingkan lebih dulu dengan tiket Indonesia-Kuala Lumpur/Singapura. Kalau di jumlah ternyata selisih tipis atau sama saja, lebih baik berangkat langsung dari Indonesia sampai ke negara tujuan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close