Internet

Cara Mudah Membuat Watermark pada Foto atau Gambar Tanpa Aplikasi

Tahukah Anda jika kita bisa membuat watermark pada foto atau gambar dengan mudah tanpa aplikasi? Jadi, Anda hanya perlu mengakses situs tertentu saja tanpa harus memasang aplikasi di smartphone, PC, ataupun laptop.

Dengan membuat watermark tanpa aplikasi, ruang penyimpanan (memori) yang ada di smartphone, PC, dan juga laptop bisa digunakan untuk memasang aplikasi lain. Apakah Anda sudah tahu caranya?

Jika Anda belum mengetahuinya, silakan simak pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Watermark?

Sebelum menuju ke pembahasan utama, kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu watermark. Jadi, watermark adalah tanda atau istilah mudahnya sebuah stempel yang kita berikan kepada foto atau gambar. Bahkan, watermark juga bisa diberikan pada video.

Fungsi utama watermark adalah mengamankan foto, gambar, dan video dari klaim orang lain, sehingga karya yang sudah kita buat susah-susah tidak dicomot dengan mudah. Bahkan orang lain tidak akan berani untuk mengambilnya, dan kalaupun ada yang berani mengambil, maka watermark akan tetap ada dan menjadi bukti jika itu merupakan hasil karya yang kita buat.

Watermark digunakan siapa saja?

Digunakan oleh siapa saja dari semua kalangan, seperti:

  • Blogger.
  • Perusahaan teknologi.
  • Pebisnis.
  • Fotografer, dan masih banyak lagi.

Intinya, jika foto, gambar, atau video itu murni atau karya langsung dari Anda, maka silakan membuat watermark agar orang lain tidak melakukan klaim secara sembarangan.

Loading...

Cara Membuat Watermark Tanpa Aplikasi

Jumlah cara yang disebutkan pada pembahasan kali ini lebih dari satu, sehingga Anda memiliki banyak pilihan ketika ingin membuat watermark. Dan cara-cara yang disebutkan dibuat berdasarkan tingkat kesulitan masing-masing.

1. Menggunakan Crello

1. Buka situs Crello, dan silakan masuk via Google atau Facebook.

2. Masukkan ukuran gambar Anda di set dimensions.

Lihat:

cara membuat watermark

3. Pilih my files, dan silakan unggah foto atau gambar Anda.

Lihat:

cara membuat watermark foto

4. Pilih texts > add body text, dan silakan atur warna, ukuran, font sesuai keinginan.

Lihat:

cara membuat watermark gambar

5. Untuk mengunduh, Anda hanya perlu menekan download.

6. Selesai.

Jika Anda memiliki logo sendiri, Anda juga bisa menjadikannya sebagai watermark untuk foto atau gambar Anda. Adapun untuk tutorialnya, dari nomor satu hingga tiga sama. Selanjutnya, silakan unggah logo Anda yang akan dijadikan watermark di my files.

Lihat:

cara mudah membuat watermark

Atur logo Anda yang dijadikan watermark sesuai keinginan, dan usahakan logo yang Anda miliki itu berformat PNG agar watermark bisa diletakkan di tengah-tengah gambar sehingga orang lain akan berpikir dua kali apabila ingin mengambilnya.

2. Menggunakan Batch Watermark

1. Silakan buka situs Batch Watermark.

2. Unggah foto atau gambar Anda di pilih foto.

3. Setelah foto diunggah, ada dua pilihan yang diberikan, yaitu tanda air gambar dan tanda air teks. Silakan Anda pilih yang cocok untuk Anda.

Lihat:

4. Pada tutorial kali ini, yang dipilih adalah tanda air gambar. Ketika tanda air gambar dipilih, silakan unggah file-nya di pilih watermark gambar.

Lihat:

5. Atur posisi hingga ukuran watermark. Dan apabila sudah selesai, silakan klik mulai yang terletak di bawah untuk memulai pengunduhan.

Lihat:

6. Selesai.

Baca: Inilah Cara Mengubah Foto Menjadi Sketsa Tanpa Aplikasi

Dengan mengetahui cara membuat watermark tanpa aplikasi, Anda yang saat ini sedang berjualan online bisa dengan mudah memberikan watermark pada barang dagangan Anda. Tanpa bantuan aplikasi, Anda hanya membutuhkan koneksi internet saja.

Itulah pembahasan yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini, dan semoga apa yang disampaikan pada pembahasan kali ini bermanfaat bagi Anda.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *