InternetTekno

Cara Mudah Mengatur Notifikasi IGTV di Aplikasi Instagram, Sudah Tahu?

IGTV Tetap Terintegrasi dengan Aplikasi Instagram

Pada tahun 2018 kemarin, Instagram resmi meluncurkan fitur baru yang bernama Instagram TV atau IGTV. Fitur yang disebut-sebut mirip YouTube ini memungkinkan para pengguna untuk mengunggah video panjang berdurasi 60 menit atau 1 jam.

IGTV ini berbanding terbalik dengan Instagram Stories yang hanya bisa mengunggah video selama 15 detik saja. Keduanya memang memiliki perbedaan yang cukup jauh satu sama lain. Dan berikut ini beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui di antara keduanya.

1. Tayangan

Instagram Stories hanya bertahan selama 24 jam saja, sedangkan IGTV tidak terbatas. Namun sebelum IG Stories itu dihapus, para pengguna tetap bisa menyimpannya terlebih dahulu. Selain batas tayangan, para pengguna pun juga bisa melompati video yang ada di IGTV, sedangkan di IG Stories tidak bisa.

Jadi ketika pengguna ingin segera melihat tayangan akhir video di IGTV, mereka bisa memilih bagian menit akhirnya saja. Adapun di IG Stories tidak bisa, dan pengguna harus menunggu hingga Stories selesai diputar.

2. Fitur

IGTV dan IG Stories adalah salah satu fitur yang ada di Instagram. Meski keduanya fitur, tapi pihak Instagram juga sudah menyiapkan beberapa fitur untuk mempercantik keduanya. Hanya saja dalam urusan fitur ini, IG Stories jauh lebih unggul karena memiliki banyak fitur.

Di IG Stories para pengguna bisa mempercantik videonya menggunakan teks dan juga stiker. Adapun di IGTV, para pengguna hanya bisa mengunggah video saja. Dengan kata lain, para pengguna yang ingin mempercantik video IGTV harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

Baca: Begini Cara Menggunakan Fitur IGTV di Instagram

3. Setelan Konten

Ketika pengguna mengunggah video di IGTV, maka mereka diharuskan mengisi judul dan deskripsi. Adapun untuk IG Stories, para pengguna tidak diharuskan mengisi judul dan deskripsi karena mereka hanya tinggal membuat video saja.

Selain itu, setelan komentar keduanya juga berbeda di mana IGTV menyediakan satu kolom untuk para penonton agar bisa berkomentar sembari melihat komentar pengguna lain. Adapun IG Stories, komentar yang masuk akan langsung menuju ke direct message.

Itulah perbedaan keduanya. Intinya, baik IGTV maupun IG Stories mempunyai pangsa pasarnya sendiri karena Instagram pasti sudah memikirkan akan hal tersebut. Dan jika kita pikir-pikir kembali, strategi yang dilakukan Instagram ini sangat brilian karena mereka memiliki fitur untuk video yang berdurasi pendek dan video yang berdurasi panjang.

Cara Mengatur Notifikasi IGTV

Usai memahami perbedaan antara IGTV dan IG Stories. Sekarang, saatnya kita membahas bagaimana caranya mengatur notifikasi IGTV di aplikasi Instagram. Pembahasan kali ini ditujukan untuk Anda yang merasa risih akan adanya notifikasi berwarna merah ketika Anda masuk ke beranda Instagram. Dan berikut ini tutorialnya.

Langkah:

1. Silakan buka aplikasi Instagram yang ada di ponsel Anda, dan berikut ini contoh notifikasi dari IGTV.

cara mengatur notifikasi igtv

2. Ketuk ikon profil, kemudian ketuk tiga garis horizontal yang terletak di pojok kanan atas.

3. Ketuk pengaturan, kemudian notifikasi.

4. Pilih siaran langsung dan IGTV, kemudian pilih nonaktif pada unggahan video IGTV dan jumlah tayangan IGTV.

5. Selesai.

Baca juga: Begini Cara Mengirim IGTV ke Instagram Story

Dengan menerapkan cara di atas, Anda tidak akan lagi mendapatkan notifikasi dari IGTV.  Namun apabila Anda memilih dari orang yang saya ikuti di unggahan video IGTV, maka Anda akan tetap mendapati notifikasi. Adapun untuk Anda yang benar-benar merasa risih dengan kehadiran notifikasi lebih disarankan untuk memilih nonaktif saja. Itulah pembahasan yang bisa disampaikan, dan semoga pembahasan kali ini bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close