Internet

Cara Mudah Mengetahui Shortcut Keyboard di Peramban Opera

Shortcut Keyboard Mempermudah Aktivitas Pengguna

Pada pembahasan sebelumnya sudah pernah dibahas bagaimana kita bisa menggunakan shortcut keyboard di Google Chrome dengan sangat mudah. Pada kesempatan kali ini, pembahasan masih sama di mana kita akan membahas shortcut keyboard, yaitu shortcut keyboard Opera.

Mungkin pengguna peramban Opera tidak sebanyak Google Chrome. Namun, dari sekian banyaknya pengguna internet yang ada di Indonesia, sebagian dari mereka pasti menggunakan Opera karena peramban yang satu ini termasuk salah satu peramban yang cukup banyak digunakan selain menggunakan Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Fungsi Shortcut Keyboard

Fungsi utama shortcut keyboard adalah untuk mempercepat aktivitas pengguna ketika mereka menggunakan peramban atau aplikasi tertentu yang di dalamnya terdapat shortcut keyboard. Jika di jalan ada istilah jalan tikus, maka di internet ada shortcut keyboard yang sama fungsinya, yaitu sebagai jalan pintas.

Pada pembahasan sebelumnya juga pernah disampaikan bahwasanya shortcut keyboard menghemat waktu kita selama dua detik. Adalah Andrew Cohen yang menyatakan hal tersebut di mana ia mengatakan dalam sebuah pernyataan yang berbunyi:

Kebanyakan orang-orang kehilangan 2 detik per menit, karena bolak-balik menggunakan mouse.

Pernyataan Cohen bukanlah pernyataan ngawur karena ia telah melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum menyampaikannya kepada publik. Andrew Cohen adalah pendiri dari Brainscape, sebuah platform pendidikan web dan seluler yang memungkinkan siswa mempelajari kartu flash adaptif.

Cara Mengetahui Shortcut Keyboard Peramban Opera

1. Silakan buka peramban Opera yang ada di komputer Anda.

2. Klik logo Opera yang terletak di pojok kiri atas, kemudian pilih pengaturan.

3. Klik ikon drop down pada lebih lanjut, kemudian pilih browser.

4. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan langkah cepat, setelah itu pilih atur jalan pintas.

5. Berikut ini hasilnya.

inilah shortcut keyboard opera

6. Selesai.

Mungkin terlihat sepele mengenai masalah shortcut keyboard ini. Namun, apabila Anda sudah sering menggunakan shortcut keyboard, baik itu di peramban maupun aplikasi, kemudian beralih menggunakan mouse untuk bolak-balik klik pasti akan sangat terganggu dan menyita waktu.

Baca juga: Shortcut Keyboard Google Chrome yang Harus Kamu Ketahui

Jadi, itulah pembahasan yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Silakan pelajari shortcut keyboard-nya, kemudian terapkan di peramban Opera Anda, dan pasti Anda akan terbantu atau yang lebih tepatnya tidak harus selalu mengandalkan mouse.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close