Tekno

Yuk, Intip 4 Cara Mudah Meningkatkan Performa Laptop dengan Memakai SSD

Tidak sama seperti PC Desktop pada umumnya, laptop memang memiliki keterbatasan untuk melakukan upgrade terhadap hardwarenya. Jadi, tidak heran lagi jika saat ini banyak laptop yang memiliki umur terbatas dengan kemampuan perangkat kerasnya yang sudah ketinggalan zaman dan performanya yang menurun.

Salah satu solusi yang paling mudah untuk sebagian orang adalah dengan membeli laptop baru yang performanya canggih. Namun, hal ini tentu saja akan menjadi sebuah beban untuk orang yang memiliki budget terbatas.

Buat kamu yang punya laptop dengan performa lemah dan nggak mau membeli baru, kamu nggak usah khawatir lagi nih guys! Karena sekarang ini kamu tetap bisa kok meningkatkan kinerja laptop milikmu hanya dengan mengikuti 6 cara simple berikut ini.

Mengganti HDD dengan menggunakan SSD

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja laptop adalah dengan mengganti HDD dengan menggunakan SDD. Beberapa tahun belakang ini, sudah banyak laptop yang memakai penyimpanan tipe HDD bawaan maupun memakai hardisk eksternal.

Seperti yang kita tahu bahwa HDD merupakan sebuah alat penyimpanan data yang didalamnya terdapat piringan magnetik yang bisa berputar secara mekanik.

HDD juga mempunyai kapasitas yang besar, yaitu 500 GB sampai 8 TB. Namun untuk laptop, biasanya HDD yang tersemat di dalamnya memiliki kapasitas 500 GB hingga 1 TB saja.

Meskipun HDD punya kapasitas yang besar, tapi tipe harddisk ini memiliki kelemahan dalam baca dan tulis data dengan waktu yang cukup lama. Apalagi jika HDD yang ada di dalam laptop sudah mulai mengeluarkan suara bising menandakan kinerja HDD untuk baca dan tulis jadi menurun.

Baca jugaSering Menulis Data/Defrag akan Beresiko Memperpendek Umur SSD?

Itulah sebabnya, kenapa kamu sangat disarankan untuk mengganti HDD bawaan yang ada pada laptop dengan SSD (Solid State Drive), karena SSD merupakan tipe penyimpanan yang berbasis flash dengan memiliki kemampuan baca dan tulis data menjadi lebih cepat ketimbang HDD. Selain itu, SSD juga memiliki kapasitas yang lebih kecil yaitu mulai dari 128 GB.

Cara menggantinya pun sangat mudah, kamu hanya cukup membongkar HDD yang ada pada laptop dan setelah itu kamu bisa menggantinya dengan SSD. Nah, kemudian kamu akan merasakan perbedaan laptop milikmu setelah memulai booting windows selesai dan membuka aplikasi lainnya.

Oh iya, kamu juga bisa kok membeli SSD dengan ukuran 2,5 inci dengan harga sekitar Rp 500 ribuan di toko – toko online terpercaya seperti shopee!

2. Mengganti OOD dengan SSD

Jika cara sebelumnya ditujukan untuk kamu yang mengganti HDD sepenuhnya dengan SSD, untuk cara yang satu ini khusus buat kamu yang memang HDD laptopnya nggak mau diganti, tapi tetap ingin menambah SSD sebagai tempat penyimpanan aplikasi dan sistem operasinya. Kamu bisa menambahkan SSD pada

laptop mu dengan syarat kamu harus punya laptop dengan adanya slot ODD (Optical Disk Drive) yang berfungsi sebagai tempat pemutar DVD-R atau cakram Blu-ray dengan teknologi interface SATA. Dengan begitu kami bisa melepas ODD dan menggantinya dengan SSD tipe 2,5 inci.

3. Memakai SSD M.2

Sebelum membahas tips yang satu ini, kamu perlu tahu bahwa SSD memiliki beberapa tipe yaitu, SSD 2,5 inci yang berbentuk kotak seperti HDD pada umumnya, tipe SSD M.2 memiliki bentuk panjang seperti RAM dengan fitur interface SATA, serta ada tipe SSD M.2 NVME.

Untuk tipe SSD M.2 ini membutuhkan adanya slot M.2 yang banyak hadir di laptop keluaran terbaru dan tidak tersedia pada laptop tipe lama. Dengan dilengkapinya slot M.2 ini menjadi solusi supaya kamu bisa menambahkan SSD dengan mudah karena masih banyak laptop yang memakai HDD.

Nah, buat kamu yang ingin menambahkan Solid State Drive sebagai tempat penyimpanan sistem operasi dan aplikasi tapi HDD bawaan laptop tidak bisa dilepas, kamu tetap bisa kok menambahkan SSD dengan memasangnya menggunakan slot M.2.

Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu membongkar bagian belakang laptop dan setelah kamu bisa mencari slot untuk SSD M.2.

4. Memakai SSD tipe M.2 NVME

Selanjutnya tips terakhir yang harus kamu lakukan agar kinerja laptop lebih cepat memakai SSD adalah dengan menambahkan SSD tipe M.2 NVME. Tipe SSD yang satu ini merupakan pengembangan dari SSD tipe M.2.

SSD tipe M.2 NVME dilengkapi dengan konektor M.2 yang masih menggunakan interface PCI Express x4. SSD tipe ini juga dibekali dengan teknologi NVMe (Non-Volatile Memory Express). Selain itu SSD M.2 NVME memiliki kemampuan lebih cepat dibandingkan dengan SSD 2.5 inci dan SSD tipe M.2

Nah, itu dia keempat cara untuk meningkatan kinerja laptop dengan memakai SSD. So, kira – kira cara mana nih yang paling sesuai dengan laptop milikmu?


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya Blogger rajin menulis.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close