Cara Optimasi Video Youtube Yang Paling Tepat

Optimasi video youtube sama pentingnya dengan optimasi artikel, tujuannya adalah agar memudahkan pencarian orang terhadap video tersebut, baik dari hasil pencarian di google maupun hasil pencarian dari youtube. Semakin mudah di temukan video, maka semakin akan bertambah pula jumlah viewer (pemirsa) pada video anda.

Jika video anda di kaitkan dengan akun adsense, akan semakin besar pula peluang mendapatkan uang dari video anda. Tahukah anda berapa ribu video yang di upload ke youtube setiap harinya? Apakah video anda berpeluang untuk banyak di lihat orang setiap harinya?Kecuali video anda benar benar sebuah video yang menghebohkan. 

Maka dari itu sangatlah penting untuk melakukan optimasi video, layaknya sebuah artikel dengan sentuhan SEO (search engine optimation) agar hasil pencariannya lebih maksimal.

Buat Video Dengan Durasi Lebih Panjang

Pemirsa youtube tentunya mencari sebuah video yang relevan seperti apa yang di harapkan dan sesuai dengan apa yang di inginkan. Durasi video yang ideal adalah 10 – 15 menit.sajikan video dengan durasi yang cukup agar pemirsa dapat mengakses informasi yang lebih lengkap pula. Terkadang durasi video yang pendek di anggap kurang menarik, karena di anggap belum bisa memberikan informasi secara utuh.

Buat Video Dengan Kualitas Yang Bagus

Di jaman sekarang fasilitas untuk membuat video berkualitas HD ( high definition), atau hasil rekam dengan resolusi tinggi sangatlah mudah di jumpai. Walaupun hasil rekaman dengan ponsel, sudah cukup menghasilkan resolusi 480p (Minimal). Jika anda membuat video screenshot (untuk video tutorial dan sejenisnya) gunakanlah software yang mendukung yang menghasilkan video dengan resolusi yang bagus (di atas 480p) HD.

Kata kunci Untuk Video

Loading...

1. Sekali lagi, peranan kata kunci dalam video adalah hal yang sangat menentukan, anda bisa membuat video yang berhubungan dengan apapun, tetapi tentukanlah target untuk "kata kunci video" yang terkait dengan judul dalam video anda. Semisal anda membuat video tentang tutorial, gunakanlah judul yang tepat untuk video tentang tutorial tersebut.

Sebelumnya anda bisa mencoba  melakukan riset keyword dengan cara menggunakan google keyword planner. Dengan riset kata kunci untuk video youtube, di harapkan bisa mengetahui kata kunci apa yang sedang populer, dan hasil tingkat persaingan dalam pencarian.

2. Anda bisa optimalkan video anda untuk hasil pencarian di mesin pencari google ataupun pencarian youtube, sebelum benar benar mempublish video anda, lakukanlah optimasi SEO untuk video, agar tayangan video anda lebih maksimal dan dapat di akses mesin pencari.

Cara Optimasi Video Youtube Yang Paling Tepat

 

Keterangan Gambar
Nomor  1 dan 2 : Tempatkan kata kunci yang di targetkan di depan judul video, selanjutnya keterangan judul yang terkait, bisa anda isi dengan kata variatif lain yang mendukung, jangan memakai judul yang terlalu panjang.

Nomor 3 : Kalau anda mempunyai blog, bisa letakkan link blog anda pada diskripsi video pada urutan yang paling atas, setelah itu baru menyusul diskripsi dan keterangan video, tempatkan kata kunci yang anda targetkan dalam diskripsi video tersebut.

Nomor 4 : Anda bisa Gunakan kata variatif yang mendukung kata kunci untuk diskripsi video pdalam spasi yang kedua, manfaatkanlah kolom diskripsi ini untuk lebih menguatkan kata kunci yang anda targetkan.

Nomor 5 : Tentukan thumbnail (gambar sampul depan) video anda, pilih 1 di antara 3 thumbnail yang menurut anda paling menarik, atau anda bisa ambil gambar lain di luar video (custom thumbnail) yang masih berhubungan dengan tema video.
 

Cara Optimasi Video Youtube Yang Paling Tepat

Nomor 6 : Anda bisa Cantumkan Home page dari blog/website anda di akhir diskripsi video, selain melihat diskripsi anda bisa sekaligus mempromosikan website anda.

Nomor 7 : Berikan Tag paga video anda, klik pada suggested tags terlebih dahulu, anda bisa tentukan tag kategori untuk jenis video anda, setelah itu anda bisa menambahkan pilihan tag sendiri dengan memakai tanda koma, untuk memisahkan tag satu dengan tag lainnya. Setelah di rasa cukup anda bisa menyimpan hasilnya.

Kesimpulan

Dengan optimasi video di youtube di harapkan akan mendapatkan hasil dari mesin pencari google maupun di pencarian youtube, bisa di bayangkan berapa pesaing video yang mungkin sama dengan kategori video yang anda upload. Akan lebih berpeluang terindex oleh google, karena google juga merayapi diskripsi serta tags video yang anda tempatkan.

Masih ingat artikel "mengapa video anda gagal menghasilkan uang dari youtube", salah satu penyebabnya adalah karena kurang optimasi pada video serta kata kunci yang di targetkan pada video tersebut.

Hal yang paling utama adalah kualitas dari video itu sendiri, jika video anda menarik dan berkualitas, maka jaminan untuk memiliki banyak viewer (penonton) akan lebih berpeluang lebih besar lagi, dan jangan lupa untuk mempromosikan video anda. Karena itu salah satu cara mendapatkan lebih banyak lagi pemirsa.

Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Perlu diberikan backlink lagi ga bos? atau dibiarkan natural aja videonya ?

    Avatar

    Purnama

    ( - 17:04)

    Saya sedang membangun channel youtube. Artikel di atas sangat membantu sekali untuk optimasi seo video-video saya. Terima kasih mas untuk ulasannya.

    Avatar

    ebleh wases

    ( - 02:43)

    Artikel ini sangat membantu dalam hal optimasi chanel youtube, lengkap dan mudah di pahami, makasih mas Gani

    Avatar

    mizipediacom

    ( - 02:23)

    Makasi banyak atas informasinya mas..semoga artikel mas dapat bermanfaat untuk banyk orang..sukses trus klikmania. salam kenal mas.

    Avatar

    wahyu

    ( - 13:53)

    bagi pemula seperti saya, agak sulit memahami tutorial ini.
    harus saya baca dengan lebih jeli..
    terimakasih telah bernagi ilmu nya…

    Avatar

    Boleh di coba nih bang caranya, apalagi bagi para pemain youtuber baru seperti saya. Apa kabar mas, sudah lama tidak berkunjung ke sini.

    Avatar

    maxsi.id

    ( - 09:29)

    wah oke deh sy coba dulu sob, mudah2an naik 🙂

    Avatar

    aji

    ( - 13:34)

    kok seo score untuk video yang saya upload tetap dibawah 50 ya bang, sama viewnya tetap dikit. padahal saya sudah mengikuti tutor ini , .mohon bantuannya

    Avatar

    Putri

    ( - 05:06)

    Terimasih gan infonya

    Avatar

    Putri

    ( - 05:03)

    Makasih infonya admin

    Avatar

    Muharom rusdiana

    ( - 05:34)

    Salam kenal mas,
    Adakah tips SEO YouTube untuk menentukan target negara luar, selain menggunakan bahasa Inggris, dan konten yg menarik tentu saja, point’ point’ apa saja yg harus di perhatikan.
    Terimakasih 🙂

    Avatar

    Terima Kasih Gann

    Avatar

    Terimakasih tipsnya om. sudah di praktekkan tipsnya dan ada beberapa video yang sudah masuk pejwan google sesuai target kw nya

    Avatar

    Tatang

    ( - 00:59)

    Setelah ikuti saran artiket ini, Jumlah View maningkat tajam dari 10 view / 48 jam jadi 1.000 view / 48 Jam. Terima Kasih atas Ilmunya Mas…

    Avatar

    Cornen

    ( - 02:17)

    Ini sangay menbantu, trimakasih mas gani.,

    Avatar

    Movies

    ( - 04:34)

    Mau tanya mas, pada poin 3 kan udah di kasih link web, tp kok di poin 6 juga di kasih lagi link web ya? bakal aman gak mas, mkasih.

    Avatar

    Andri kocu

    ( - 16:47)

    Jadi betah baca artikel bang Gani, jadi tambah semangat lagi upload video di YouTube, dengan mengikuti tata cara nya . Channels “Andri kocu” Monggo singgah Mas….

    Avatar

    Wah.. nih artikel membantu bangeT… Semoga aja bisa jadi youtubers suksek dengan menerapkan cara optimasi ala mas gani… thank ya!!!

    Avatar

    aida tour

    ( - 04:43)

    Wow luar biasa ni kalau dipraktekkan.. makasih gan

    Avatar

    lina

    ( - 05:13)

    Terima kasih info nya mas, akan saya praktekan. semoga sukses terus mas. aamiin

    Avatar

    Abu Hamzah

    ( - 06:40)

    Thanks ilmunya, dan akan saya coba praktekan. Semoga berhasil, Klikmania sip jos

    Avatar

    yasi arnami

    ( - 11:23)

    trimakasih atas informasinya mas

    Avatar

    aida tour

    ( - 07:12)

    terima kasih salam kenal ya

    Avatar

    aida tour

    ( - 07:10)

    sangat berguna artikelnya, mau tanya untuk riset keyword pake tools apa ya yg paling bagus

    Avatar

    Kafi nkcl

    ( - 01:33)

    Mantap mass infonya…

    Avatar

    Malik

    ( - 01:26)

    Kalau masalah waktu Upload sih ,, pengaruh banget ngGak sih OMMM,,

    Avatar

    Isnan

    ( - 14:14)

    kalo tagnya banyak mas semisal 10 keatas apakah tidak apa apa?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 16:26)

      Tag cukup seperlunya saja agar tidak dianggap spam oleh google.

    Avatar

    anak musik

    ( - 17:10)

    Untuk Tag seperti nomor 7, Lebih baiknya kita memasukan berapa jumlah tag?

    Avatar

    buyasorta

    ( - 04:53)

    mantap makasih tutorialnya sangat bermanfaat bagi yang meulai membangun youtube

    Avatar

    priyadi

    ( - 05:31)

    itu kok ada suggest tag nya ? di ane mah gak ada sih :3

    Avatar

    jaka

    ( - 13:45)

    makasih bos infonya dan salam sukses

    Avatar

    Budiman

    ( - 13:52)

    Sanga senang bertemu artikel ini, perdana saya coba upload video anak saya yg lucu di youtube.. berharap bisa memperoleh view yg banyak.. bukan hanya masalah uang namun ada kebanggan sendiri bisa tampil di youtube. Terima kasih mas atas artikelnya

    ()

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:35)

      Sama-sama om budiman, sayang sekali link aktif terdelete otomatis 😀

    Avatar

    isi artikel nya mudah dimengerti mas,
    tapi bgmn untuk video duplikat , apakah boleh

    Avatar

    Muharram

    ( - 18:30)

    Thanks Banget mas atas artikelnya, sangat membantu utk saya yg baru mulai dalam Youtube, Semoga Website ini terus maju,,, salam dari saya

    Avatar

    ahmad

    ( - 11:18)

    Salam mas,,sy masih newbie mas,,mau tanya,,klo bagian deskripsi nya kita mau cantumkan link video yg kita upload ke youtube,darimana kita ambil/liht link tsb,,,?

      Avatar

      Nursyahid Ms

      ( - 02:26)

      ikut nimbrung.
      Salam kenal mas ahmad.Untuk melihat link video caranya:
      buka video yg mau diambil linknya>klik bagikan(ada di bawah tampilan video)>klik sematkan,akan muncul link di bawahnya.Copy dan paste ke descripsi.

    Avatar

    fathan

    ( - 18:46)

    mas mau nanya saya masih newbie
    mau tanya gmn cara daftarin akun youtube ke adsen ya? mohon infonya

    Avatar

    lali

    ( - 06:38)

    mas

    kenapa suggestion tag saya kok gak muncul ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:40)

      Bisa di isi setalah upload videonya mas, nanti masuk bagian kreator studio dan edit.

    Avatar

    Mantap pemilik blog ini.
    Saya salut.
    Komentar para pengunjung dibalesin.
    Aku udah tau masalah ini si. Tpi disini cara yang aku gunain buat mendapatkan banyak view , hampir sama dengan apa yang dijelaskan disini.
    Nice
    Jika penasaran mau tau chanel aku . Bisa aja search akhlus siddik dari youtubenya …

    Avatar

    Aldora

    ( - 05:10)

    Saya mau nanya mas kenapa youtube saya gak bisa menggunakan tags setiap selesai edit pasti hilang lagi dan tertulis undefined, mohon bantuannya.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 22:50)

      Coba Clear cache browser mas dan gunakan Tag yang sesuai agar tidak dianggap spam.

    Avatar

    rendi

    ( - 13:02)

    sampai sekarang saya belum bisa tuh optimasi ,mungkin karena kualitas videonya yg kurang atau mungkin memang kualitas isi video yg asal2an

    Avatar

    sudarmadi

    ( - 09:21)

    wah wah sukses selalu mas.. terima kasih untuk ilmunya (ikut mencoba walau pemula) 🙂

    Avatar

    grosirbros

    ( - 06:09)

    saya coba ikuti sesuai urutan tips diatas, walaupun belum no 1 tapi viewernya lumayan meningkat.. terima kasih gan buat infonya, sangat bermanfaat sekali…

    Avatar

    Aditya

    ( - 14:55)

    trmksh infonya gan, bermanfaat sekali.

    Avatar

    dwiki satria

    ( - 12:41)

    mau tanya nih bos. ane uda punya akun youtube dan juga sudh upload video yang menurut saya sudah baik. nmun kalau di lihat dari pengunjungny kok sedikit sekali. chanel dan video yng saya upload pun sudah tak optimasi. bagaimana ya biar pengunjung youtube saya bisa banyak yang melihat dan berlangganan. mohon infonya bos. terima kasih.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:55)

      Untuk channel baru memang butuh promosi mas, bisa saja ke medsos atau ke forum tertentu (yang memperbolehkan promosi link) yang bisa menempatkan link video agar Konten video banyak yang mengenal. Biasanya video yang unik dan menarik akan cepat mendapatkan subscriber, pastinya penonton berharap menikmati video lainnya.

    Avatar

    tika cantika

    ( - 16:13)

    saya mau tanya mas klo youtube harus di masukin ke search console juga atau akan terindex secara otomatis?
    mohon jawabannya!

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 16:29)

      Search console hanya untu URL konten :D, akn terindex otomatis berdasarkan keyword Judul, categori dan tag yang di atur manual.

    Avatar

    ardi purnama

    ( - 01:38)

    mantab nih infonya gan, pengen belajar lebih banyak soal youtube nih

    Avatar

    Putry

    ( - 14:02)

    Met malam mas..mau tanya nie..1lagu bilavd putar non stop/ di trek..apa viewnya bisa bertambah ea mas..mohon jawaban.makasih

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 17:35)

      Kalau hanya 1 lagu yang diputar..page view nya hanya nambah 1 donk, kan perhitungan pageview youtube setelah 30 detik pertama video ditayangkan.

      Tetapi jika video berdurasi panjang, kita bisa menempatkan banyak iklan, dengan begitu akan berpeluang menambah tayangan iklan dan kalau terjadi klik akan menambah pula Earning youtube.

    Avatar

    Irvan

    ( - 12:42)

    Mas, saya lagi pingin buat saluran vdeo youtube untuk puisi. Jika saya mengambil puisi orang gimana mas? boleh atau tidak? terimakasih

    Oh ya satu lagi, maksimal berapa saluran youtube yang bisa dimonoteis dengan satu akun adsense dari blog. soalnya saat ini saya sudah punya dua saluran youtube yang berbeda yang sudah saya mnoteis, rencananya pingin buat satu lagi seperti yang saya maksudkan diatas, video untuk puisi.

    Makasih banget mas untuk pencerahannya. Salam kenal.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:52)

      1. BIsa mas, untuk konteks diluar visual audio dan tidak melanggar hak cipta.
      2. maksimal sampai dengan 500 Saluran dalam 1 akun Adsense mas Irvan.
      Salam kenal juga, semoga sukses sebagai youtuber 😀

    Avatar

    Wartainfo

    ( - 15:06)

    Mas, mau tanya..
    maaf sebelumnya jika agak melenceng dari topik.
    tapi ini masih menyangkut tentang youtube..

    Tahu gak caranya mempercepat loading embed video youtube yang ditaruh dalam postingan wordpress?
    karna saya kan lumayan banyak pake video youtube di postingan blog dan saya merasa loading embed youtube di postingan agak lambat shingga mempengaruhi loading blog/web juga..
    saya sudah cari-cari solusinya di google tapi gak dapat2..

    Terimakasih dan sukses selalu,

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 15:25)

      Bisa gunakan plugin Video Embed & Thumbnail Generator atau YouTube Embed plugin yang sudah support HTML5, jadi bisa mempercepat loading mas 😀

        Avatar

        Wartainfo

        ( - 05:32)

        Sebelumnya makasih replynya mas..
        Jika pakai plugin Video Embed & Thumbnail Generator itu apa video/embed youtube di postingan sebelumnya yang sudah dipublish akan otomatis/langsung diperbaki mas? atau harus edit lagi satu2 postingannya.

        Thanks.

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 05:43)

          Kalau mau mudah gunakan yang YOutube Embed, nantinya yang dimasukkan bukanlah kode embed melainkan URL video youtube mas. Untuk pengaturan ukuran layar bisa langsung melalui pluginnya.

          Nah, silahkan ke link tersebut mas, sudah lengkap dengan tutorial menggunakannya. Jika dalam post terdapat banyak Video saya sarankan pakai itu, karena sudah full support HTML5, tidak buat loading jadi berat.

            Avatar

            Wartainfo

            ( - 18:19)

            Waduh, setelah saya mau pasang, ternyata pluginnya sudah lama gak dipudate mas dan belum teruji di versi WP terbaru yang 4.4.2

            Seperti ini tulisannya:
            Terakhir Diperbarui: 8 bulan yang lalu
            Belum diuji dengan versi WordPress Anda

            saya harus Obrak-abrik gugel lagi deh buat Cari rekomendasi2 lainnya.. ^^
            Makasih banget bantuannya mas..

              ganisebastian

              ganisebastian

              ( - 18:30)

              Wah..yang bener mas? 😀 saya sudah kasih link relomendasi di atas komentar sebelumnya..

              Dan plugin terakhir update 2 bulan yang lalu..review sangat bagus rata-rata 5 bintang dengan total pengunduh lebih dari 300.000.

                Avatar

                Wartainfo

                ( - 12:40)

                saya coba dan ternyata lama gak diupdate yang plugin Video Embed & Thumbnail Generator mas..
                tak coba dulu yang YouTube Embed..
                atau mungkin mas tau cara optimasi loading video youtube tanpa plugin? karena sebisa mungkin saya ingin meminimalkan penggunaan plugin agar blog gak tambah berat.

                Sekali lagi makasih atas bantuannya..

    Avatar

    fitra

    ( - 12:06)

    Ass Mas Gani, mau tanya mas klu buat video dari foto atau gambar kemudian diupload dan di monitesasi, apakah videonya itu melanggar atau tidak bagi youtube?

    Avatar

    Zulfa

    ( - 07:52)

    Saya blm pernah melakukan pernah membuat akun Youtube apalgi ke arah monetisasi mas. Namun tips kali ini semoga menjadi awalan buat saya untuk belajar membuat video youtube, Salam kenal mas

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 09:02)

      Buat mas.. Semua mudah dan gratis 😀
      Salam kenal kembali.

    Avatar

    ahmed

    ( - 14:37)

    mantep mas bos. akan saya terapkan di saluran ane

    Avatar

    terima kasih sekali mas ganis semoga berkah

    Avatar

    mas ganis saya sudah coba mengikuti cara cara di atas tapi ko belum di halaman 1 google ya hehe kenapa ya ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:47)

      Semua juga butuh proses mas, seperti layaknya artikel yang menuju halaman satu google. 😀

    Avatar

    Thanks Gan..
    Kalo edit URL d youtube bisa gak ya gan?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:37)

      Sepertinya tidak bisa gan, karena setiap Video yang baru di upload sudah ada permalink otomatis dari pihak youtube. Kita hanya bisa rubah judulnya saja.

    Avatar

    salam kenal.

    semoga lancar rezeky nya

    Avatar

    gustiar

    ( - 14:09)

    Salam kenal… Udah dapat berapa rupiah sebulan om?

    Avatar

    Raden

    ( - 13:59)

    artikel yang bermanfaat, trims telah berbagi semoga kedepannya semakin sukses.

    Avatar

    kuliner saya

    ( - 18:22)

    trimakasih mas, semoga menjadi amal jariah.

    Avatar

    yudi

    ( - 03:32)

    mantab mas, makasih yoo…

    Avatar

    doni darmawan

    ( - 00:34)

    mantap

    Avatar

    doni darmawan

    ( - 00:33)

    terima kasih mas bermanfaat banget artikel nya jadi tambah semangat nih

    Avatar

    Huda

    ( - 12:09)

    cara wajib lah ini.. gak boleh diabaikan. thanks atas artikel-nya mas gani!!

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:30)

      Sama-sama mas huda. 😀

        Avatar

        Putry

        ( - 14:03)

        Met malam mas..mau tanya nie..1lagu bilavd putar non stop/ di trek..apa viewnya bisa bertambah ea mas..mohon jawaban.makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *