Cara Pasang SSL di Blogger

Cara Pasang SSL di Blogger untuk Custom Domain, Praktis Tanpa Ribet!

Pasang SSL di Blogger – Bagi yang belum tahu, SSL (Secure Socket Layer) adalah sebuah protocol kemanan yang akan mengamankan berbagai transaksi di sebuah situs dengan enkripsi tertentu.

Kalau situs Anda termasuk e-commerce atau toko online yang digunakan untuk berjualan, maka menggunakan HTTPS adalah hal wajib yang harus dilakukan.

SSL HTTPS ini akan mengamankan berbagai prosedur penjelajahan internet di situs kita mulai dari sekadar mengakses situs hingga transaksi sensitf seperti pendaftaran, email, online shopping, sampai kartu kredit/debit.

Dengan pengamanan ini, pengunjung tentu akan merasa lebih aman dari berbagai serangan dari pihak asing seperti Hacker.

Penggunaan SSL ini biasanya akan mengubah protocol URL yang sebelumnya HTTP menjadi HTTPS. Biasanya, situs yang menggunakan SSL ini akan memunculkan tulisan Secure da nada icon gembok/lock disebelahnya.

Kelebihan SSL

  • Mengamankan berbagai aktivitas seperti transaksi elektronik yang dilakukan pada sebuah website. SSL ini akan melakukan enkripsi data secara otomatis sehingga data/informasi bisa lebih aman dan terjaga. Tingkat kepercayaan pengunjung pada situs tersebut meningkat karena sudah cukup aman digunakan.
  • Mungkin juga, ini akan meningkatkan rank SEO secara tidak langsung.
  • Saat ini Google menganjurkan sebuah situs menggunakan protocol HTTPS.

Kekurangan SSL

  • Kalau situs Anda sudah menggunakan HTTP, maka Anda harus melakukan redirect HTTPS terlebih dahulu.
  • Kemungkinan, situs Anda tidak bisa diakses selain menggunakan HTTPS kecuali menggunakan pengaturan yang benar.
  • Jika suatu saat situs Anda tidak memakai protocol HTTPS lagi, maka halaman akan mengalami error. Ini tentu tidak baik untuk kesehatan situs Anda dimata Google dan pengunjung.

Bagaimana Cara Mendapatkan SSL?

Cara Memasang SSL di Blogger Custom Domain
Pasang SSL di Blogger

Sebenarnya saat ini ada banyak sekali situs penyedia SSL dari yang gratis hingga berbayar.

Kalau Anda ingin menggunakan SSL gratis bisa mencoba layanan CloudFare, Let’s Encrypt dan SSL.com. Sedangkan untuk yang berbayar, Anda bisa mencoba SSL Comodo dengan harga sekitar 75 ribu per tahun.

SSL ini juga bisa digunakan untuk platform WordPress, jadi Anda bisa menggunakannya sesuka hati. Begitu juga dengan platform Blogger, sekarang kita bisa menikmatinya dengan leluasa.

Loading...

Dulu, fitur SSL di Blogger mungkin hanya bisa digunakan untuk domain bawaan (.blogspot) dan belum ada untuk custom domain atau Top Level Domain (.com, .net, .id) sehingga cukup merepotkan.

Namun, sekarang kita bisa menggunakan SSL di custom domain di Blogger dengan mudah dan tanpa biaya sepeser pun alias gratis.

Cara Pasang SSL di Blogger untuk Custom Domain

Bagi yang belum tahu caranya, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke akun Blogger Anda lalu klik opsi Draft Blogger

2. Selanjutnya, masuk ke bagian Setelan Dasar lalu lihat opsi HTTPS

Pasang SSL di Blogger Custom Domain2

3. Pada bagian pengalihan HTTPS, pilih “YA“. Kalau masih belum bisa, copot dulu custom domainnya lalu pasang lagi. Kemudian set yes di https availability dan https redirect

Pasang SSL di Blogger Custom Domain1

4. Berikutnya, tunggu sampai kurang lebih 3 menit

5. Refresh halaman atau tekan CTRL+R

6. Sampai tahap ini, maka konfigurasi SSL atau HTTPS sudah berhasil

Dengan mengetahui cara pasang SSL di Blogger untuk custom domain, kamu tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk membeli SSL berbayar di registrar hosting dan domain. Lebih praktis dan hemat biaya tentunya.

Setelah Anda mengaktifkan HTTPS di situs Anda, maka dalam beberapa waktu ke depan iklan AdSense akan blank atau tidak muncul. Namun tenang saja, iklan AdSense juga akan tampil dengan sendirinya.

Tahapan Setelah Berhasil Setting HTTPS

  • Ganti Semua URL Lama dengan HTTPS

Pasang SSL di Blogger Custom Domain

Caranya sebenarnya cukup mudah. Silahkan masuk ke Edit HTML lalu tekan CTRL + Shift + R dan masukkan URL lama blog Anda misalnya http://www.jombloakutbanget.com di kotak yang muncul di pojok kanan atas. Setelah itu, tekan Enter.

  • Update Google Webmaster

Hal ini perlu Anda lakukan agar hasil di mesin pencarian lebih optimal dan stabil. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan Fetch as Google melalui sitemap atau index ulang melalui Google Search Console.

Misalnya, kalau dulu alamat yang didaftarkan http://www.jombloakutbanget.com, maka pendaftaran yang kedua ini daftarkan dengan https://www.jombloakutbanget.com.

  • Memeriksa Template Blog untuk Mixed Content

Kalau ternyata HTTPS Anda masih berwarna abu-abu, mungkin template blog Anda mempunyai mixed content dan itu harus diperbaiki supaya HTTPS bisa berwarna hijau.

Pastikan juga semua URL menggunakan HTTPS dan bisa diakses sebagaimana mestinya. Kalau sanggup, periksalah URL tersebut satu per satu secara manual. Meski cukup merepotkan, tapi Anda bisa menganalisa dengan lebih baik.

Apakah Aman Menggunakan SSL Gratis?

Berhubung ini gratis, mungkin ada yang bertanya amankah menggunakan SSL gratis atau tidak. Jawabannya, ‘cukup aman’.

Penyedia layanan SSL gratis tentu sangat menjamin produk mereka meskipun fitur-fiturnya tidak selengkap versi SSL berbayar. Untuk mengecek reputasi SSL, Anda bisa memakai SSL Labs.

Berdasarkan test dari SSL Labs, beberapa layanan seperti CloudFlare, Let’s Encrypt dan SSL Auto Provide cPanel rata-rata mendapat Grade A+.

Apalagi layanan pasang SSL di Blogger yang sudah pasti Google sendiri sudah menjamin keamanannya.

Agar Anda bisa menggunakan SSL, biasanya hosting akan memerlukan sebuah dedicated IP. Namun, hal ini tidak diperlukan lagi jika hostingnya mendukung SNI (Server Name Indication).

Jadi, Anda tidak diwajibkan lagi menyewa dedicated IP yang biasanya dibanderol dengan harga Rp 60.000 per bulannya.

Baca juga :

Nah, demikianlah beberapa cara memasang SSL di Blogger untuk custom domain. Kabar menyenangkan ini tentu harus dimanfaatkan oleh para pengguna platform Blogger karena ini benar-benar gratis. So, selamat mencoba ya!



Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Komentar

    Avatar

    makasih min untuk info ssl buat blogger

    Avatar

    Nurdin

    ( - 02:38)

    Nah, ini nih yang di cari-cari

    Avatar

    Ridlowrites

    ( - 04:38)

    kalo memasang ssl berbayar di custom domain blogger apa bisa..?

      Avatar

      Syafiq

      ( - 07:10)

      Sampeyan pertanyaannya cukup aneh juga mas, pakai Blogger tapi SSL-nya yang berbayar, wkwkwk… Tapi kalau ditanya bisa apa nggak, ya bisa banget.

    Avatar

    Aditya

    ( - 13:01)

    Maksud dari Copot dulu custom domain lalu pasang lagi itu gimana ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *